download aplikasi pkg 2018 Excel

download aplikasi pkg 2018 Excel

Berbagi aplikasi penilaian kinerja guru Untuk Guru PNS yang akan naik pangkat. Aplikasi PKG ini dalam format excel tersedia juga untuk tugas tambahan wakil kepsek, pustakwan, dan laboran

Sahabat Guru PNS, Aplikasi penilaian kinerja guru atau PKG yang admin bagikan ini versi terbaru format excel sangat lengkap sekali. Kami berharap bisa membantu anda dalam melengkapi berkas kenaikan pangkat tahun 2017 - 2018.

Bagi anda yang masih menggunakan kenaikan pangkat manual, maka wajib mencoba aplikasi pkg terbaru ini. Sedangkan untuk kenaikan pangkat otomatis kami sara tidak memerlukannya.

Adapun agar lebih jelasnya berikut adalah panduan lengkap penggunaan aplikasi PKG format baru tahun 2017 - 2018 xls. Semoga bermanfaat

Aplikasi pkg bisa bapak dan ibu guru download di "LINK BERIKUT". Setelah selesai buka aplikasi dengan excel/

Source app pkg : http://purnawanto.blogspot.co.id/

Pertama kali silahkan isi identitas data sekolah data guru. Seperti penampakkan gambar dibawah.

gambar aplikasi pkg guru excel terbaru 2017

aplikasi penilaian kinerja guru 2018

kedua, klik menu kompetensi, misal kompetensi 1. dilanjutkan dengan mengisi data rekap hasil penilaian kinerja guru juga nilai kompetensi seperti penampakkan dibawah

gambar contoh format 1A PKG terbaru

Ketiga, buka format f3 yang berisi format refleksi guru yang diisi oleh guru bersama koordinator PKB.

gambar format refleksi guru

Keempat format f4, silahkan dilihat Deskripsi Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri) Seperti contoh format dibawah ini

gambar format deskripsi diri pkb

kelima buka format F1A yang berisi laporan dan evaluasi penilaian kinerja guru mata pelajaran seperti penampakkan gambar dibawah.

Untuk mempermudah rekan guru kami juga membagikan cara penilaian kinerja guru kelas dan guru mata pelajaran terbaru tahun 2017/2018.

Kompetensi 1: Mengenal karakteristik peserta didik
Pernyataan
Guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.

Cara Penilaian: Pengamatan dan Pemantauan
Sebelum Pengamatan:

1. Mintalah daftar nama peserta didik.
a. Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik secara random. Tanyakan bagaimana kemampuan belajar keempat peserta didik tersebut. Mintalah bukti hasil ulangan terakhir keempat peserta didik tersebut.

b. Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain. Tanyakan bagaimana karakteristik keempat peserta didik tersebut (aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb.).

2. Mintalah guru untuk memilih satu nama peserta didik dengan karakteristik teretntu (misalnya aspek intelektual). Tanyakan bagaimana cara membantu mengembangkan potensinya tersebut.

3. Mintalah guru memilih satu nama peserta didik dengan kekurangan tertentu (misalnya aspek sosial). Tanyakan bagaimana cara membantu peserta didik tersebut untuk mengatasi kelemahannya.

4. Tanyakan kepada guru, apakah di kelas ada peserta didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu. Bila ada, bagaimana cara memastikan bahwa peserta didik tersebut dapat belajar dengan baik.

5. Tanyakan kepada guru, apakah baru-baru ini ada kejadian luar biasa dalam keluarga peserta didik (kelahiran, kematian, sedang ada yang sakit, dsb.). Tanyakan apakah hal tersebut berdampak terhadap pembelajaran peserta didik yang bersangkutan, dan bagaimana mengatasinya.

6. Tanyakan kepada guru apakah ada peserta didik di kelas yang selalu menggangu peserta didik lain. Bila ada, bagaimana upaya untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lain.

7. Mintalah guru untuk menjelaskan karakteristik umum kelas yang diajarnya (kelas yang rata-rata memiliki peserta didik yang cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam mata pelajaran tertentu, dsb.).

Selama pengamatan

1. Amati apakah guru mengatur posisi tempat duduk peserta didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan.

2. Amati apakah guru hanya diam di depan kelas atau berkeliling mensupervisi semua peserta didik.

3. Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin dengan bertanya kepada peserta didik tentang keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan pada papan tulis).

4. Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin bahwa semua peserta didik secara aktif melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

5. Amati apakah ada peserta didik yang melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang seharusnya dilakukan dan bagaimana guru bersikap terhadap peserta didik yang demikian.

Setelah pengamatan

1. Tanyakan kepada guru apakah ada alasan tertentu dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di dalam kelas (karena pendengaran atau penglihatan yang kurang jelas, karena perlu konsentrasi, dsb.

2. Mintalah guru menjelaskan persepsinya tentang hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah ada anak yang tidak berpartisipasi, dsb.).

Pemantauan:

Periksa pada awal dan pertengahan semester apakah guru membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik.

itu saja tentang aplikasi pkg terbaru beserta instrumen nya. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Jika kamu gagal mendapatkan Sesuatu, hanya satu hal yang harus kamu lakukan Coba Lagi!.