Operator Sekolah: Kepala Sekolah Perhatikan Kesejahteraan Operator Sekolah

Kepala Sekolah Perhatikan Kesejahteraan Operator Sekolah

Kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah yang diselenggarakan proses belajar-mengajar atau tempat terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Selain itu kepala sekolah juga harus memperhatikan kebutuhan guru dan pegawai di sekolahnya. Intinya kepala sekolah bukan hanya pemimpnin , namun harus mengerti kekurangan dan kelebihan yang dimiliki bawahannya. Nah pada posting kali ini kami ingin membagikan berita tentang seorang kepala sekolah yang mengerti tugas bawahannya yakni operator sekolah.

Mengapa Operator Sekolah Perlu diperhatikan?
Tugas operator sekolah itu cukup berat, khususnya mengenai masalah pendataan pada aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik). Pada tahun 2016, Dapodik sudah menjadi dasar pengambilan kebijakan terkait pencairan BOS, aneka Tunjangan, Bsm. Kps. Kip, dan Sarpras (rehabilitasi dan RKB. Khusus poin 4 saat ini sedang dilakukan verifikasi dan Validasi tingkat kerusakan sarpras di sekolah berbasis data dapodik. kabarnya tim verifikasi akan datang kesekolah untuk membuktikan antara data dapodik dengan realita. Apakah sesuai atau tidak? selanjutnya Hasil verifikasi tersebut dijadikan bahan pertimbangan pemberian bantuan REHABILITASI dan RKB. Segeralah data sarpras sekolah anda lengkapi sesuai kondisi riil di aplikasi dapodik versi baru nanti.

Baca juga: Tugas Baru Operator Dapodik Tahun 2016/2017

3 Pertanyaan Sederhana

1. Siapa Yang Mengerjakan Dapodik ?
2. Dari Mana Biaya Operasional Pengerjaan Dapodik ?
3. Siapa Yang Bertanggung Jawab Atas Dapodik Di Sekolah ?

Tentu Semua PTK Tidak Akan Mau Menjadi OPERATOR. Kalaupun Ada Pasti Akan Segera Mengundurkan Diri. Penunjukan OPERATOR Biasanya Oleh Kepala Sekolah Kepada Staff TU Atau Guru TIK. PTK Pada Umumnya Tidak Perduli Siapa Yang Mengerjakan, Yang Penting Mereka Dapatkan Tunjangan Mereka. Karena PTK Menganggap Tunjangan Ini Adalah Mutlak Hak Mereka. Dan Harus Di Perjuangkan, Tapi Mereka Tidak Melihat Kebelakangan Siapa Yang Mengerjakan Data Mereka. PTK Tidak Melihat Yang Mengerjakan Data Mereka Adalah OPERATOR.

Contoh Kepala Sekolah Yang Mengerti Tupoksi Operator Sekolah

gamabr pendapat kepsek tentang operator sekolah

posting ini kami kutip dari salah satu grup operator sekolah di FB. Bu Pat: "masing-masing sekolah itu berbeda terhadap OPS, kalau saya di SD selaku Kepala Sekolah, saya maklum tugas ops sangat sulit dan rumit, maka gaji operator sekolah disesuaikan dengan standar daerah misalnya 800 ribu per bulan, ditambah dengan penghasilan lain. seperti guru yang sertifikasi di sekolah saya ada 10 orang, masing-masing mereka saya kumpulkan 100 ribu rupiah setiap kali pencairan, itu berarti 3 bulan sekali ops saya dapat 1 juta dari guru sertifikasi. dengan alasan ops sudah berusaha sekuat tenaga untuk memvalidasi sertifikasi guru, karena kalau tidak valid sertifikasinya nggak cair. nah guru saya mengerti dan memaklumi itu. OPS itu kan tim sukses Kepsek. Semoga info ini bermanfaat untuk ops dan kepsek lainnya.

Baca: Besar Honor Operator Dapodik Sesuai Juknis BOS

Demikian tentang operator sekolah. Semoga tulisan diatas bisa memberi manfaat bagi pembaca khususnya kepala sekolah dan operator dapodik.

0 Response to "Kepala Sekolah Perhatikan Kesejahteraan Operator Sekolah"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.