Operator Sekolah: Aplikasi Cetak Kartu NISN Terbaru 2016

Aplikasi Cetak Kartu NISN Terbaru 2016

Aplikasi Cetak Kartu NISN - Sahabat guru, sebelum kita bahas lebih detil lagi tentang Aplikasi NISN ini ada baiknya kita membahas sebenarnya apa sih NISN itu. dan apa manfaat dari NISN itu sendiri, nah akan kami bahas sedikit berdasarkan referensi situs resmi NISN Kemdikbud. Go.id.

Penjelasan Singkat Tentang NISN

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. .

Artikel terkait NISN

Tujuan dan Manfaat

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.
Sumber: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/
Cara Menggunakan Aplikasi NISN

  • Download aplikasinya melalui link dibawah
  • Download Aplikasi Cetak NISN Excel

  • Berikutnya buka aplikasi dengan cara klik 2 kali
  • Setelah terbuka ketikkan di dalam form, user: gurusd.net, password: gurusd. Awas jangan salah! lalu klik tombol "login Now"
  • gambar aplikasi cetak NISN terbaru
  • Pada halaman utama, klik tombol menu "Input data NISN" lalu anda ketikkan data peserta didik pada form nama, NISN, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama sekolah, kemudian klik tombol OK, seperti penampakkan gambar dibawah
  • gambar input data NISN
    gambar data NISN
  • berikutnya anda klik menu "Kartu NISN", kemudian anda klik tombol printer, dan hasilnya seperti gambar dibawah
  • gambar kartu cetak NISN

Itulah tentang aplikasi cetak kartu NISN 2016. Nah selain mencetak NISN, aplikasi tersebut bisa juga digunakan untuk mencetak NUPTK, caranya sama seperti cetak kartu NISN. Terima kasih

sumber aplikasi: gurusd.net

0 Response to "Aplikasi Cetak Kartu NISN Terbaru 2016"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.