Operator Sekolah: Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud No 53 Tahun 2015 untuk SD,SMP,SMA,dan SMK

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud No 53 Tahun 2015 untuk SD,SMP,SMA,dan SMK

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud – Hasil dari monitoring dan juga evaluasi tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2014 telah menunjukkan bahwa adanya salah satu masalah berupa kesulitan guru untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melakukan suatu penilaian. Banyak responden guru yang mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan membuat, melaksanakan dan bagaimana mengolah hasil penilaian yang baik. Problem yang utama yaitu dalam melaksanakan perumusan indikator, merancang butir-butir dalam instrumen dan bagaimana melakukan penilaian sikap dengan cara berbagai macam teknik. Masalah yang lain adalah banyak di antara guru merasa kurang percaya diri ntuk melaksanakan penilaian suatu keterampilan. Bahkan mereka tidak sepenuhnya mengerti bagaimana merancang instrumen dan rubrik dalam penilaian keterampilan.

Pemerintah khusus nya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menerbitkan Permendikbud pada Nomor 53 di Tahun 2015 yang berisi tentang Penilaian Hasil Belajar. Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud ini adalah hasil revisi pada Permendikbud dengan No 104 Tahun 2014 yang berisi tentang suatu Penilaian Hasil Belajar yang di buat oleh para Pendidik. Terbentuknya Permendikbud No 53 Tahun 2015 telah dilatarbelakangi dengan berbagai kesulitan guru untuk mengembangkan penilaian di dalam pelaksanaan Kurikulum tahun 2013. Panduan penilaian di bentuk untuk membantu para guru dalam perencanaan dan pelaksanaan di penilaian baik proses maupun hasil belajar para siswa untuk sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum tahun 2013.

gambar panduan penilaian kurikulum 2013

Selain itu, untuk mempraktikan Penilaian Hasil Belajar oleh para pendidik. Direktorat Jenderal Pendidikan telah mengeluarkan buku Panduan Penilaian untuk SD hingga SMA dan SMK. Buku Panduan Penilaian ini di tujukan dapat memfasilitasi para guru dan sekolah untuk mengembangkan penilaian dalam proses hasil belajar yang sejalan oleh tuntutan Kurikulum 2013. Di dalam Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud yang di praktekan oleh sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 ini di berikan tentang konsep, prosedur dan teknik penilaian untuk penilaian sikap, penilaian ilmu pengetahuan ataupun penilaian keterampilan yang disertai dengan beberapa contoh bentuk penilaiannya. Selain itu, ditrangkan juga tentang tehnik pelaksanaan penilaian, pemanfaatan hasil penilaian dan pengolahan hasil penilaian termasuk yang di dalam di berikan contoh bentuk Rapor dan bagaimana cara pengisiannya.

Perbedaan yang terdapat Juknis Penilaian untuk sekolah yang mepraktekkan Kurikulum 2013 dan berdasarakan Permendikbud pada Nomor 53 di Tahun 2015 dibandingkan dengan Permendikbud pada No 104 di tahun 2014 yang berisi tentang Penilaian Hasil Belajar dibuat oleh Pendidik adalah bahwa dalam penilaian dalam pembelajaran untuk SD hingga SLTA telah kembali digunakan dengan nilai rentang mulai 0 hingga 100 dengan deskripsi :

Sangat Baik (A) : 86 sampai 100
Baik (B) : 71 sampai 85
Cukup (C) : 56 sampai 70
Kurang (D) : ≤ 55
Download Panduan Lengkap Penilaian Kurikulum 2013
Demikianlah artikel tentang Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud. Terima kasih Semoga bermanfaat

0 Response to "Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud No 53 Tahun 2015 untuk SD,SMP,SMA,dan SMK"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.