Operator Sekolah: Tips Menghilangkan Bad mood

Tips Menghilangkan Bad mood

Jika pada tulisan sebelumnya sudah kita bahas mengenai "Penyebab Bad Mood", maka kali ini Berikut beberapa tips menghilangkan badmood:

1. Mencari kesibukan positif

Suasana hati yang buruk biasanya akan membuat orang malas melakukan apapun, sering kita temui orang yang bilang “males ah, lgi gak mood” atau “lagi badmood nih, males ngapa-ngapain”. Sebenarnya itu cuma sugesti awal ketika ingin melakukan sesuatu ketika sudah melakukannya malas itu akan hilang dengan sendirinya. Suasana hati yang tadinya buruk perlahan akan membaik karena kesibukan baru. Eiittss tapi awas plihlah kegiatan positif misalnya:

  • Olahraga
    Ketika berolahraga tubuh kita akan menghasilkan senyawa kimia endorphins di dalam otak yang berfungsi membuat suasana hati menjadi bahagia. Olahraga juga akan mencegah penuaan dini dan awet muda.
  • Membaca buku/novel
    Salah satu kegiatan positif lainnya akan membuat badmood hilang adalah menyibukkan diri dengan memnbaca. Selain menambah wawasan membaca akan membantu otak kita untuk melupakan hal yang sebelumnya kita pikirkan. Pilihlah bacaan yang menarik, lucu konyol atau berbasis motivasi.
  • Membuat suatu kreatifitas
    Kamu orang kratif? tentu iya, setiap orang punya kreatifitas masing-masing. Sering kita perhatikan setiap orang punya kelebihan masing-masing. Lihatlah barang-barang disekitar kamu yang bisa dibuat sesuatu yang akan menyibukkan kamu untuk beberapa waktu dan bahkan lupa jika kita sedang badmood.
  • Menyelesaikan tugas
    Sering kali kita jika sedang tidak mood akan melakukan hal yang aneh-aneh msalnya hanya mengotak-atik isi handphone, membuka-buka buku catatan atau apalah itu. Akan lebih baik mengecek tugas rumah/sekolah/kantor satu per satu. Mana yang belum kita selesaikan dan cobalah menyelesaikannya. Dengan kesibukan kita menyelesaikan tugas akan membuat otak kita lupa jika kita sedang badmood karena otak terpokus unuk menyelesaikan tugas. Kemalasan ketika suasana hati sedang buruk akan berdampak buruk untuk beberapa waktu kedepan. Tanpa kita sadari kita telah menghabiskan banyak waktu dengan bermalasan-malasan tanpa melakukan apapun dan melupakan tugas rumah/sekolah/kantor. Bukankah lebih bermanfaat tugas rumah/sekolah/kantor selesai dan suasana hati berubah lebih baik.
gambar orang yang tidak bad mood
2. Tidur

Tubuh kita membutuhkan waktu 8-9 jam untuk beristirahat/tidur dalam sehari. Dalam tubuh kita terdapat hormon melatonin yang dibentuk selama tubuh kita beristirahat/tidur. Hormone ini akan membentuk serotonin yang salah satu fungsinya adalah mempengaruhi mood/perasaan seseorang.

3. Mendengarkan musik/main games

Mendengarkan musik mampu mempengaruhi mood seseornag, beda lagu yang didengarkan maka akan berbeda mood yang dikeluarkan. Ketika kta mendengarkan lagu mellow akan prlahan perasaan kita akan berubah menjadi melankolis, mengingat kenangan lama dan berunah menjadi manusia galau tetapi ketika kita mendengarkan lagu yang menghentak dengan lirik yang mengandung emangat maka secara spontak kita akan ikut terbawa suasana musik dan menimbulkan semangat dalam tubuh kita. dalam tubuh kita (otak) terdapat hormone Dopamine yang bereaksi jika seseorang mendengarkan musik, hormone ini akan menghaslkan kesengan dalam diri kita.

4. Makan

Siapa yang tidak suka makan? Bahkan hal ini bukan kesukaan tapi kebutuhan tubuh. Pernahkah dengar istilah “perut kenyang, hati pun riang”. Ada tipe orang ketika dia badmood/depresi malas untuk makan. Hindari perilaku ini. Ada beberapa makanan yang bisa merubah suasana hat seseorang misalnya coklat yang mengandung zat theobromin yang memberikan efek tenang syaraf tubuh kita

5. Jalan-jalan

Tugas perkerjaan, masalah pribadi konflk social akan menumpuk di pikiran kita. sering kita merasa salah melakukan segala hal, merasa kurang optimal karena tingkat stress dalam otak. Efeknya adalah kita sulit mengendalikan suasana hati. Kita butuh suasana baru untuk menetralisir otak kita. suasana baru? Tentunya tempat baru, meninggalkan tempat yang membuat kita stress. Tidak perlu terlalu jauh dan mahal, cukup mencari tempat di sekitar lingkungan kita yang mempu menenangkan jiwa. Suasana yang sepi jauh dari keramaian, tenang tanpa gangguan dan suasananya damai, misalnya perkebunan, perbukitan, danau, sungai atau bahkan hamparan rumput yang akan mampu merefresh otak.

6. Tuhan

Oke pembahasan yang terakhir dari penulis untuk menghilangkan badmood. Ini adalah jawaban dari segala masalah kita, apapun masalahnya. Kita tidak perlu mendengarkan musik sampai telinga kita pecah, tidak perlu curhat dengan teman sampai teman kta muntah mendengar cerita kita, tidak perlu update di sosmed sampai tangan kita patah mengetik keluhan. Kita Cuma butuh Tuhan. Dia akan akan selalu ada untuk kita, setiap waktu dan setiap saat. Tuhan beri kita Kitab Suci (Al-Quran khusus Islam) yang bisa kita baca dan kita dengar sebagai petunjuk dari penyelesaian masalah bahkan mampu menenagkan jiwa kita. Silahkan ceritakan semua keluhan kita maka Tuhan akan beri solusinya dengan cara-Nya. Jika ingin menangis maka menangislah sepuasnya seorang diri dengan mendekatkan diri dengan Tuhan. Bukankah masalah dari Tuhan maka solusinya juga dari Tuhan. Jadi tidak perlu semua orang tau masalah kita cukup Tuhan dan kita saja yang tau. Bersyukurlah dengan semua masalah yang kta punya karena itu adalah bentuk cinta dan perhatian dari sang Pencipta.

Demikian beberapa tips dari penulis. Semoga kita bisa menjadi menjalani kehidupan lebih baik dan semoga bermanfaat (:

0 Response to "Tips Menghilangkan Bad mood"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.