Operator Sekolah: Gedung Kampus Berdesain Unik dan Modern di Indonesia

Gedung Kampus Berdesain Unik dan Modern di Indonesia

Sahabat Pendidikan, Saat kita menuju rektorat, perpustakaan sampai laboratorium. Bukan hanya bagus dilihat, bangunan tersebut didesain unik sehingga bisa membuat mahasiswa dapat nyaman belajar. Bisa kuliah di sebuah perguruan tinggi dengan Gedung kampus yang memiliki desain unik dan modern, atau bahkan memiliki pemandangan alam yang sangat indah merupakan suatu hal yang membanggakan. Berikut ini daftar gedung kampus yang berdesain unik dan modern:



1.Universitas Negeri Makasar (UNM) berdesain Menara Pinisi

Ciri UNM ini mengambil dari konsep perahu pinisi. Karya rancangan Yu Sing dan team ini untuk yang pertama menjadi gedung paling tinggi di Indonesia menggunakan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid. Lampu menara gedung 17 lantai menyala-nyala dalam 12 warna, mewakili banyaknya fakultas di UNM.

2. Universitas Indonesia (UI) berdesain The Crystal Of Knowledge

Perpustakaan pusat UI ini dibangun pada tanah 2,5 hektar dan luas 33.000 m2. Perpustakaan ini mempunyai sekitar enam juta koleksi buku hingga dapat menyimpan 10000 pembaca sekaligus. Pada bagian langit-langit dihiasi dengan taman, dan lantai bawah dipenuhi fasilitas restoran Korea, kafe, juga hot spot area. Selayaknya kristal, gedung didesain dengan bermacam-macam bagian yang mencuat dan tidak beraturan. Dalam Proses pembangunan dikerjakan dalam enam bulan dana yang dihabiskan Rp170 miliar.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad) berdesain Lembur Awi Konsep "Lembur Awi"

digunakan Yogi Yogama Suhamdan dalam mendesain gedung ini. Pemikiran ini tercipta dari, bambu dapat menjadi bahan serba guna dari material bangunan hingga kuliner. Terdapat dua desain yang dipakai yaitu desain ikatan sapu lidi membentuk lingkaran dan model rumah panggung yang dibuat dengan desain modern. Gedung yang dapat dioperasikan awal 2012 ini dan memakai dua desain lansekap adalah kebun bambu juga lansekap sawah serta perkampungan.

4. Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berdesain New Media Tower

Gedung berwarna abu-abu persis iglo dapat menghemat energi hingga 53,25 kWH per tahun per m2. Penghematan ini dilakukan pada bangunan 12 lantai yang dihasilkan melalui berbagai model arsitektur. Pengaplikasian double skin facade dengan bahan aluminium panel bisa mengurangi panas hingga 70 persen, dan dapat menghemat penggunaan pendingin ruangan. Dindingnya berpori mempunyai ukuran diameter disetiap lubang berbeda, dengan perhitungan tertentu untuk mendapatkan cahaya maksimal. Sedangkan super foam dicampur dengan beton membuat dinding terasa lebih sejuk dan dapat meredam suara.

5. Universitas Bina Nusantara dengan desain Binus Alam

Sutera Dengan luas 60 m2, bangunan 22 lantai ini dapat terisi 40 ruang kelas dan laboratorium menerapkan konsep zonasi teratur, lingkungan yang sehat dan juga hemat energi. Menggunakan lampu LED dan juga pendingin udara, lift yang efektif menghemat pemakaian listrik.

Demikian beberapa informasi terkait Gedung kampus yang memiliki desain unik dan modern yang bisa kami bagikan di kesempatan kali ini. Semoga bisa menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya.

0 Response to "Gedung Kampus Berdesain Unik dan Modern di Indonesia"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.