Operator Sekolah: 7 Penyebab Mengapa Seseorang Mengalami Bad mood

7 Penyebab Mengapa Seseorang Mengalami Bad mood

Manusia adalah makhluk yang punya perasaan paling sensitif. Kenapa? karena manusia punya keistimewaan yang dinamakn “perasaan”. Apapun perkataan yang didengar oleh telinga akan dikelola oleh perasaan. Jangankan perkataan secara langsung, seseorang yang mendengarkan beberapa lagu maka perasaannya akan cepat sekali berubah sesuai dengan lagu yang didengarnya (terdengar aneh tapi itulah faktanya).

Perasaan akan mempengaruhi suasana hati seorang manusia (mood). Sering kita mendengar istilah goodmood/bestmood, badmood, moody, moodboster atau moodmonster. Suasana hati seseorang dipengaruhi oleh beberapa keadaan yaitu lingkungan, perasaan, komunikasi, bahkan keadaan dompet hahahaaa. Dan pelampiasaan suasana hati yang sedang gila-gilanya adalah melalui media social atau sering disebut sosmed. Tidak ada yang salah dengan hal ini tapi terkadang aneh dan bahkan lebih kearah berlebihan karena seseorang bisa mengupdate suasana hatinya lebih dari sepuluh kali dalam waktu satu menit. Biasanya kejadian ini terjadi pada orang yang sedang bad mood (suasana hati sedang buruk) gundah gulana bin galau hihihiii.

Pertanyaannya adalah untuk apa? Supaya apa? siapa yang mau baca? Siapa peduli?. Kemungkinan yang terjadi kepada orang seperti ini adalah dia tidak punya tempat menumpahkan semua kegundahan suasana hatinya kecuali kepada sosmed. Orang seperti ini berpikir tidak ada orang yang tepat untuk tempat bercerita. Padahal banyak sekali orang peduli yang tidak dia sadari bahkan dia punya Tuhan yang siap 24 jam mendengarkan semua keresahan hatinya.

Bad mood biasanya disebabkan beberapa hal. Berikut beberapa alasan yang lumrah terjadi:

1. Masalah percintaan

Hal ini biasa terjadi pada dunia remaja yang masih labil (ABG Labil). Putus cinta adalah satu cambuk mematikan yang sering terjadi padahal hal ini tidak akan pernah terjadi jika mereka paham istilah pacaran tidak ada dalam agama (Islam khususnya). Bukankah hal yang sia-sia mengisi masa remaja hanya dengan menangisi cinta yang belum tentu jodohnya. Lebih baik memperbaki nilai sekolah yang anjlok karena sibuk menangisi cinta.

2. Pembatalan janji

sakit memang jika janji yang sudah disepakati tiba-tiba batal atau ditunda. Padahal persiapan sudah matang dan batal Cuma karena hal kecil. Tapi bukankah banyak hikmah dibalik segala masalah. Mungkin akan ada rencana lebih besar yang sudah disiapkan oleh Tuhan untuk menggantikan rencana kecil yang kita pikir sempurna padahal menurut Tuhan itu hal buruk.

3. Usaha maksimal hasil minimal

Maksudnya? Pernahkan kita memaksimalkan suatu usaha kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga. Kita sudah mati-matian dengan kekuatan penuh sampai titik darah penghabisan dan ternyata hasilnya buruk/minimla/bukan apa-apa bahkan sangat mengecewakan. Kita pikir semua usaha kita selama ini sia-sia dan berpikir Tuhan tidak adil. Manusiawi memang jika berpikir seperti itu. Tapi manusia istimewah akan berpikir jika Tuhan akan menggantinya dengan yang lain yang jauh lebih baik dari yang diharapkan manusia.

4. Salah paham

Pernahkah disalahkan tapi kita tidak tau apa permasalahannya? Hahaa bikin kesel iya kan? Tiba-tiba datang orang yang marah-marah tanpa alasan yang jelas, kita hanya bisa diam dan bingung “ini orang ngomong apa?”.

5. Salah situasi

Pernah gak sih terjebak di situasi, tempat atau di waktu yang salah atau ketemu lawan ngobrol yang super duper menjengkelkan. Keadaan yang seolah-olah memojokan kita dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuat kita down. Bukannya dberi solusi malah diberi pertanyaan yang malas menjawabnya.

6. Capek

Rutinitas setiap hari dengan segudang kesibukan dan dikejar deadline. Terkadang orang sedang sibuk capek dengan keadaan sangat sensitive jika diajak becanda, apalagi situasi sedang pusing tiba-tiba kerjaan kita dikacaukan seseorang. Dan hasilnya kita akan badmood sepanjang waktu karena harus mengulang pekerjaan dari awal.

7. Atau misalnya klub kebanggan/yang diidolakan kalah

Yaahhh ini sering sekali terjadi apalagi kepada fans fanatic. Jangankan kalah hasil imbang saja bisa buat mood hancur, selanjutnya silahkan baca artikel tentang tips menghilangkan bad mood

0 Response to "7 Penyebab Mengapa Seseorang Mengalami Bad mood"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.