Operator Sekolah: UKG Online Untuk Guru Kemenag

UKG Online Untuk Guru Kemenag

Berdasarkan informasi dari hasil Rakor Dirjen ini telah menjadi kesepakatan antara Kemenag dan Kemendikbud untuk melakukan UKG online kepada guru-guru madrasah. Maka dari itu dalam rangka implementasi untuk program pengembangan keprofesian yang berkelanjutan untuk guru, perlu untuk dilakukan pemetaan kompetensi Guru. Pemetaan untuk kompetensi yang secara detail menggambarkan berbagai kondisi objektif guru dan merupakan informasi yang penting bagi pemerintah di dalam mengambil kebijakan yang terkait dengan materi dan strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru.

Peta guru tersebut bisa diperoleh melalui Uji Kompetensi Guru. Uji Kompetensi Guru ini disingkat dengan UKG adalah sebuah kegiatan Ujian yang berguna untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi atau subject matter dan pedagogik di dalam domain content Guru. Kompetensi dasar pada bidang studi yang diujikan dan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (untuk guru yang telah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi dari akademik guru (untuk guru yang belum bersertifikat pendidik).

Kompetensi pedagogik yang diujikan ini adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran pada bidang studi tersebut dalam kelas. Berikut Isi Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor Dj.I/HM.01/3319/2015 antara lain sebagai berikut : Peserta UKG Kemenag untuk Guru Madrasah merupakan semua guru mapel umum (non PAI dan Bahasa Arab) yang memang masih aktif mengajar pada mata pelajaran sesuai dengan bidang studi sertifikasi atau sesuai dengan kualifikasi akademiknya yang terdaftar di SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan kementerian Agama).

Nama-nama peserta UKG Guru madrasah kemudian akan ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Islam sebagai piloting di tahun 2015. Jadwal pelaksanaan UKG untuk Guru pada binaan Direktorat Pendidikan Madrasah ini pada bulan Desember 2015 Syarat serta ketentuan ketentuan mengikuti UKG guru madarasah 2015 ini memang belum ada mengenai ketentuan khusus yang mengatur akan hal tersebut. Selanjutnya Pengumuman kelulusan hasil ukg guru madrasah 2015 ini akan diumumkan

Sesuai pada Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag nomor Dj.I/HM.01/3319/2015 tanggal 11 November 2015 perihal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk Guru Madrasah (terlampir) yang direncanakan ini akan dilaksanakan mulai 11 Desember 2015. Bahwa proses registrasi serta penetapan peserta piloting UKG Madrasah 2015 ini akan dilaksanakan melalui Layanan SIMPATIKA . Proses registrasi dimaksud yaitu akan dilaksanakan mulai tanggal 26 November 2015 sampai dengan 4 Desember 2015. Berkenaan dengan itu, dimohon kepada seluruh Guru Madrasah untuk memastikan bahwa telah Cetak Kartu Digital PTK periode Semester 1 TP. 2015/2016 Yaitu melalui akun individu masing-masing di SIMPATIKA.

Proses registrasi UKG yang dimaksud juga sebagai bahan untuk pemetaan pelaksanaan UKG di periode 2016 di tahun depan. Kepastian jadwal dan lokasi UKG periode 2015/2016 ini akan diinformasikan setelah tanggal 4 Desember 2015. Mapel UKG tidak dapa diubah karena sudah sesuai dengan sertifikasi dan NRG Anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai UKG Kemenag, semoga bermanfaat. selanjutnya silahkan Download daftar nama peserta UKG kemenag 2015

0 Response to "UKG Online Untuk Guru Kemenag "

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.