Operator Sekolah: Media Pembelajaran BK Untuk SMA

Media Pembelajaran BK Untuk SMA

Pelajaran BK merupakan salah satu pelajaran yang paling penting, karena pelajaran ini menyangkut dengan perilaku siswa dalam sekolah. Maka dari itu pemahaman siswa terhadap pelajaran ini mesti harus digalakkan. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang tidak bisa mencerna pelajaran ini, karena kebanyakan dari mereka tidak menyukai pelajaran ini. Maka dari itu inilah tugas terberat guru untuk selalu memberikan atau mentransformasikan pelajaran ini dengan baik. Salah satunya melalui media pembelajaran yang bagus, kreatif serta inovatif. Sehingga mampu menarik minat atau disukai oleh para siswanya.

Dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya tentang media pembelajaran BK untuk SMA, namun sebelum itu kami akan memberikan kejelasan tentang manfaat media pembelajaran yang akan digunakan dalam menyampaikan pelajaran BK, berikut ulasannya:

  1. Dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman peserta didik.
  2. Dapat mengatasi ruang kelas.
  3. Memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungan.
  4. Menghasilkan keseragaman pengamatan.
  5. Dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realitas.
  6. Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru.
  7. Dapat membangkitkan motivasi dan merangsang peserta didik untuk belajar.
  8. Dapat memberikan pengalaman yang integral dari yang konkrit sampai kepada yang abstrak.

Adapun penggunaan media yang tepat dan baik dalam pembelajaran BK ini diharapkan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dan mampu mendorong siswa untuk memahami pelajaran ini. Selain itu, media pembelajaran yang akan dipakai nanti juga difungsikan sebagai alat komunikasi dalam menyampaikan pesan (materi pembelajaran) yang lebih konkret. Sehingga mampu dipahami oleh siswa. Nah, maka dari itu media pembelajaran ini harus yang kontekstual, inovatif, dan menarik.

Oleh karenanya, guru dituntut untuk bisa memberikan hal-hal yang inovatif dalam menyampaikan mata pelajaran BK ini. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar nanti. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Maka dari itu, juga diperlukannya strategi baru yang lebih kreatif, inovatif sehingga dapat merangsanga peserta didik dalam mengembangkan dan mememahami konteks pembelajaranya tersebut. Dalam pemilihan media pembelajarannya pun juga harus selektif khususnya pembelajaran BK.

Media pembelajaran BK harus disesuaikan dengan materi pelajarannya, mengingat pelajaran BK sangat luas yang terdiri dari konsep abstrak dan konsep konkret. Sehingga pemilihan dan pemilahan dalam memilih media yang akan disajikan menjadi penting untuk diperhatikan oleh semua guru.

Demikian informasi tentang media pembelajaran BK SMA yang dapat kami samapaikan kepada Anda semuanya, semoga dapat memberikanr referensi yang konkrit. selanjutnya silahkan Download Media Pembelajaran BK SMP

0 Response to "Media Pembelajaran BK Untuk SMA"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.