Operator Sekolah: Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SD

Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SD

Sebagai bahasa Internasional Bahasa Inggris merupakan hal yang penting yang perlu di pelajari sejak dini. Pengenalan bahasa Inggris mulai tingkat dasar merupakan hal yang sangat mendukung bagi masa depan mereka. Memang mulai dari TK penegenalan bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan kepada para murid, namun tidak sedikit dari mereka yang tidak paham dan sangat kurang mengenai kemampuan bahasa Inggrisnya ketika pasca pendidikan dasar. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Namun yang menjadi penyebab utama kenapa mereka kurang faham dengan apa yang disampaikan oleh guru di tingkat dasar adalah metode yang mereka gunakan. Kebanyakan dari guru tingkat sekolah dasar masih menggunakan cara konvensional tanpa meanfaatkan media yang ada di sekitar. Seharusnya mulai dari sekarang kita harus memanfaatkan berbagai sumber media yang ada agar anak- anak lebih cepat untuk memahami pelajaran yang kita sampaikan. Berikut beberapa teknik/ media yang bisa anda gunakan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SD:

1. Poster
Poster merupakan perangkat bergambar yang didesain khusus untuk menarik perhatian dengan tuangan gambar yang mudah di pahami maksudnya hanya dengan melihat gambar tersebut. Dengan media semacam ini anda bisa memasukkan unsur- unsur muatan bahasa Inggris ke dalam poster yang hendak anda gunakan. Contoh ketika anda memberikan kosa kata dalam bahasa inggris ‘market’ maka anda bisa menggunakan poster yang di dalamnya terdapat gambar pasar atau aktifitas ekonomi. Dengan memainkan imajinasi mereka maka ingatan meraka akan kosa kata bahas Inggris yang kita berikan pun juga akan mudah untuk di ingat.

2. Flashcard
Flashcard merupakan kartu kecil dengan gambar atau simbol yang ada di dalamnya. Media ini bisa anda gunakan juga sebagai media untuk mempercepat proses belajar mengajar bahasa Inggris untuk anak didik anda. untuk Flashcard ini anda bisa memanfaatkan untuk mengenenal ekspresi dalam bahasa Inggris dengan cara membuat flashcard yang di dalamnya terdapat berbagai ekspresi/ emoticon yang menggambarkan perasaan seseorang. Flashcard juga bisa digunakan sebagai permainan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris yakni dengan cara mengacak beberapa cartu yang sudah di isi berbagai macam gambar, lalu salah satu anak didik disuruh mengambil beberapa kartu yang ada kemudian digabungkan menjadi satu dan mereka diminya untuk membuat uraian singkat mengenai rangkain gambar yang ada.

3. Audio visual
Cara ini juga terbilang efektif bagi anak- anak untuk ebih paham mengenai bahasa Inggris. Anda bisa mengajak nonton bareng anak didik anda pada sebuah tayangan tutorial mengenai bahasa Inggris. Carilah konten/ muatan video yang ada menarik untuk anak- anak.

Silahkan lihat Video pembelajaran Bahasa inggris SD melalui link ini

Itulah beberapa media yang bisa menjadi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SD. Anda siap untuk mempraktekkanya!

0 Response to "Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SD"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.