Operator Sekolah: Contoh Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk SD

Contoh Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk SD

Seni dan budaya merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lainya. Karena pada dasarnya setiap seni itu terdapat kebudayaan yang khas dan begitu juga sebaliknya, setiap kebudayaan memiliki nilai seni yang tidak ternilai harganya. Karena Indonesia memiliki wilayah yang luas dengan kekayaan budaya yang tak terhitung jumlahnya, maka penting kiranya memperkenalkan seni dan kebudayaan yang dimiliki Indonesia sejak dini (sekolah dasar). Untuk dapat lebih memahamkan anak didik mengenai seni dan budaya yang ada di Indonesia akan alangkah lebih baiknya kita menggunakan/ memanfaatkan Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk SD. Berikut beberapa media yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar mata pelajaran seni budaya.

1. Media audio
Hanya dengan mendengarkan ceramah yang guru lakukan tidak menjamin anak didik akan mengerti banyak hal mengenai apa yang kita maksud. Anda bisa menggunakan media audio untuk memahamkan mereka akan sesuatu hal/ seni yang berhubungan dengan suara. Jadi tidak hanya mendengarkan dan mengira- ngira bagaimana dari kesenian atau kebudayaan yang guru jelaskan, para anak didik akan langsung mengetahui bagaimana suara yang sesungguhnya dari kesenian yang kita jelaskan.

2. Media video
Media video ini juga bisa anda manfaatkan untuk memberikan penjelasan bagi anak didik anda. jika hanya diberikan contoh melalui rekaman suara tidak cukup memahamkan mereka maka anda bisa menggunakan media video untuk memberikan pemahaman yang lebih. Karena dengan melihat, anak- anak akan memiliki imajinasi dan mampu membayangkan keadaan yang sesungguhya. Selain itu jika menggunakan media video anak- anak juga akan lebih antusias dan tidak mudah jenuh.

3. Berkunjung ke musium/ tempat- tempat seni budaya
Apabila ada waktu yang lebih ajak para anak didik untuk mengunjungi musium atau tempat- tempat yang menyuguhkan karya seni dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Karena dengan berkunjung secara langsung di musium anak- anak akan bisa melihat menyentuh secara langsung kesenian atau kebudayaan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, anak didik akan lebih meresapi dan terkait objek- obejek karya seni dan budaya yang ada di Indonesia.

Media- media tersebut bisa anda gunakan secara terpisah atau secara bersama- sama dalam satu semester. Namu alangkah baiknya jika anda mengkombinasikan beberapa media tersebut ketimbang hanya menggunakan satu media dalam proses pembelajaran satu tahun. Dengan memanfaatkan media- media semacam ini maka peserta didik akan lebih antusias dan tingkat pemahamanya pun juga akan lebih baik ketimbang hanya menggunakan cara- cara konvensional yang selama ini kita kenal seperti metode ceramah. Demikianlah ulasan tentang Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk SD, semoga bermanfaat buat anda!

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk SD"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.