Operator Sekolah: Contoh Media Pembelajaran Penjaskes Untuk SD

Contoh Media Pembelajaran Penjaskes Untuk SD

Penjaskes merupakan mata pelajaran yang sangat bermanfaat bagi anak didik. Oleh karena itu pengenalan sejak dini tentang materi penjaskes sudah diberikan sejak di bangku sekolah dasar. Hal ini penting kiranya karena selain pintar dalam psikomotorik (prestasi dalam kelas), pelajar juga dituntut bugar dalam hal fisiknya. Salah satu cara untuk memaksimalkan potensi fisik yang ada di anak- anak peserta didik adalah dengan cara memaksimalkan pelajaran penjaskes sejak dini di bangku sekolah dasar.

Ada beberapa muatan dalam penjaskes yang dapat dipraktekan secara langsung, namun ada beberapa jenis olahraga yang tidak bisa dipraktikan secara langsung karena tempat atau fasilitas yang tidak memadahi. Untuk mengakali hal semacam itu, maka diperlukan starategi sendiri untuk memaksimalkan proses belajar mengajar yang ada. salah satu upaya yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memanfaatkan Media Pembelajaran Penjaskes Untuk SD. Karena dengan beberapa media yang ada, untuk jenis materi yang tidak bisa dipraktikkan secara langsung peserta didik masih tetap paham dengan apa yang kita sampaikan. Berikut beberapa media yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar anda:

1. Menggunakan media gambar
Jika anda menemukan satu muatan penjaskes yang memang tidak bisa di praktikkan secara langsung maka anda bisa menggunakan media gambar untuk membantu memahamkan kepada anak didik anda. sembari menjelaskan anda bisa langsung menunjukkan gambar- gambar mengenai bentuk muatan penjaskes yang ada. cara ini lebih efektif untuk memberikan pemahaman yang lebih bagi anak didik ketimbang hanya menjelaskannya secara lisan.

2. Menggunakan media audio visual
Cara yang kedua ini lebih efektif dan mengena. Pasalnya tidak hanya disuruh membayangkan melalui gambar yang mungkin banyak interprestasinya. Para siswa akan diajak secara langsung melihat bagaimana proses dari sebuah kegiatan olah raga (muatan penjaskes) secara langsung melalui rekaman yang ada. cara ini tentu lebih efektif dan lebih gambang mengingat saat ini akses audio visual lebih mudah di jangkau.

Itulah beberapa teknik atau cara yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar anda. Anda bisa menggunakan salah satu media tersebut dalam satu semester atau bisa juga mengemixnya secara bersamaan dalam satu semester. Kesemuanya akan memberikan hasil yang lebih maksimal ketimbang anda menggunakan cara- cara konvensional yakni mengandalkan metode ceramah. Selain anak didik lebih paham jika menggunakan metode- metode di atas, anak didik kita juga tidak cepat jenuh sehingga membantu proses peresapan pemahaman yang kita sampaikan kepada mereka. Bagaiamana anda ingin menerapkan salah satu/ kedua metode tersebut secara bersamaan. Semoga ulasan tentang Media Pembelajaran Penjaskes Untuk SD ini bermanfaat buat anda. Sekian dan terimakasih,

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran Penjaskes Untuk SD"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.