Operator Sekolah: Contoh Media Pembelajaran IPA Untuk SD

Contoh Media Pembelajaran IPA Untuk SD

IPA merupakan mata pelajaran yang membahas ilmu pengetahuan alam di tingkat sekoalahan dasar. Ada beberapa cara atau teknik mengajar yang bisa di terapkan guru untuk menjelaskan pelajaran mengenai ilmu pengetahuan alam ini. Baik itu secara langsung maupun bisa memanfaatkan media alat peraga yang ada. Namun yang paling efektif dari kedua cara tersebut adalah dengan menggunakan alat peraga. Karena dengan menggunakan alat peraga peserta didik akan lebih faham dan mudah mengerti apa yang di maksud oleh guru

Media pembelajaran ini memang banyak di jual di toko- toko. Namun tahukah anda, Media Pembelajaran IPA Untuk SD sebenarnya bisa anda buat sendiri di rumah dengan biaya yang cukup terjangakau. Berikut kami akan berikan contoh alat peraga IPA yang bisa anda buat sendiri yakni alat peraga ‘model pernafasan pada manusia’. Adapun tujuan dari alat pernafasan ini adalah untuk menunjukkan kepada anak didik kita mengenai proses pernafasan manusia. Adapun alat- alat yang perlu di persiapkan adalah:

  1. Botol bekas air mineral
  2. Dua buah sedotan plastik bekas
  3. Sumbat dari bahan plastik
  4. Korek api
  5. Karet gelang
  6. Lakban
  7. buah balon dari karet

Adapun cara membuat Media Pembelajaran IPA Untuk SD “model pernafasan pada manusia” adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan alat dan bahan- bahan yang sudah disebutkan di atas.
  2. Gunting bagian bawah botol bekas air meneral sesuai dengan yang anda inginkan sekitar seperempat bagian dari botol tersebut.
  3. Buatlah pipa bercabang tiga dari sedotan plastik yang sudah anda persiapkan. Lalu sumbat kedua cabang pipa dengan menggunakan balon karet yang kemudian di ikat menggunakan karet gelang.
  4. Guntinglah satu balon yang tersisa pada bagian mulitnya. Masukkan pipa cabang yang sudah anda sumbatkan dengan balon ke dalam botol bekas yang sebelumnya kita gunting, dimana salah satu pipa yang tidak tersumbat dipasang sedikit menjorok ke atas (pada bagian mulut botol).
  5. Tutup bagian botol dengan penyumbat plastik yang telah diberi lubag sebelumnya agar pipa yang menjorok ke mulut botol bisa keluar sebagai jalan masuknya udara.
  6. Tutuplah bagian bawah botol dengan menggunakan balon karet yang sebelumnya telah di potong paada bagian mulutnya lalu ikat menggunakan karet atau solasi.
  7. Alat peraga sudah siap untuk digunakan.

Untuk video pembelajaran IPA SD bisa anda lihat melalui link dibawah

Video Pembelajaran IPA SD

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran IPA Untuk SD"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.