Operator Sekolah: Apa Itu File Dz dan Bagaimana Cara Membukanya?

Apa Itu File Dz dan Bagaimana Cara Membukanya?

Sahabat operator sekolah yang saya hormati. Beberapa hari lalu ada sahabat ops yang bertanya kepada saya melalui facebook mengenai bagaimana cara membuka file data peserta UN format Dz. Jujur saya sendiri belum tahu caranya karena hal tersebut sebenarnya keahlian seorang programmer. Namun disini kita sama-sama belajar dan berbagi saja, oleh karena itulah saya sangat tertarik membahasnya melalui blog ini.

Apa itu File Dz?
format DZ adalah hasil kompresi dari Dzip file yang dapat menerapkan rasio kompresi lebih baik dari standar kompresi lainnya. File DZ yang dikompresi dalam ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format kompresi lainnya. Untuk alasan ini file DZ mungkin disertakan dengan aplikasi DZ itu sendiri dalam beberapa keadaan. Mungkin untuk memperkecil penggunaan bandwidth di sistem aplikasi data peserta UN berbasis dapodik, dilenya dibuat dalam bentuk dz. alasan lainnya mungkin demi keamanan data.

BAca juga: Cara Cek, mendaftarkan dan verifikasi data peserta UN 2016

Pada saat pertama kali diterbitkan aplikasi verifikasi data peserta UN memang cukup sulit untuk mengeceknya karena format file data cpun dalam bentuk DZ, namun untuk versi yang sekarang sudah da dalam bentuk Excel nya, jadi sudah bisa di download dan tentunya lebih mempermudah untuk mengecek data CPUN. Sedangkan untuk data CPUN yang dikirim ke admin dinas adalah file data CPUN format DZ bukan Excel dan juga dilampiri dengan printout berita acara.

Adapun untuk membukan file berformat Dz, anda bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui link berikut: http://www.openthefile.net/extension/dz

gambar aplikasi pembuka file DZ

Untuk Extract file kdz atau dz bisa mengikuti panduannya di forum kaskus.co.id , nah untuk link thread bisa anda buka melalui alamat berikut: http://www.kaskus.co.id/show_post/

Demikianlah tentang file dz, sekian dan terima kasih

0 Response to "Apa Itu File Dz dan Bagaimana Cara Membukanya?"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.