Contoh Cara Pengisian Riwayat Diklat Fungsional PUPNS

Contoh Cara Pengisian Riwayat Diklat Fungsional PUPNS

Berikut Contoh Cara Pengisian Riwayat Diklat Fungsional di Form Aplikasi PUPNS 2015 yang akan saya bagikan melalui blog ini. Cara mengisi form menu riwayat Diklat memang membingungkan terutama jika yang mengerjakannya adalah operator sekolah bukan PNS yang bersangkutan. Walaupun demikian apabila operator didampingi oleh PNS ybs, maka itu yang lebih baik, karena kalau di daerah saya operator sekolah tugasnya hanyalah mendampingi pengisian e-PUPNS bagi guru yang kesulitan. Selebihnya tanggungjawab kevalidan data merupakan tugas PNS itu sendiri.

Sebelum melakukan entri data pada form riwayat diklat fungsional pastikan anda sudah mempersiapkan berkas/dokumen yang akan di entri misal: Sertifikat diklat atau pelatihan sehingga mempermudah proses pengisian nantinya. Adapun beberapa form yang perlu kita pahami pada pupns adalah Tipe Diklat, Jenis Diklat dan Nama Diklat. Kesemuannya itu perlu dipahami agar nantinya tidak salah dalam pengisian.

Sekedar berbagi sebagai referensi saja, berikut sedikit penjelasan tentang Jenis dan jenjang diklat PNS FUngsional.

Lihat Macam Jenis Diklat Fungsional Pengisian di PUPNS

Menurut Wikipedia Diklat prajabatan atau pendidikan dan pelatihan prajabatan adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat PNS. Salah satu jenis diklat adalah diklat prajabatan (golongan I, II atau III) yang merupakan syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai golongan tersebut di atas

Adapun Diklat dalam jabatan terdiri dari :

1. Diklat kepemimpinan

Diklat kepemimpinan yang selanjutnya disebut DIKLATPIM dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompentensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural.

2. Diklat kepemimpinan yang selanjutnya disebut DIKLATPIM

dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompentensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural Diklat terdiri dari :

  1. Diklatpim Tingkat IV adalah Diklatpim untuk jabatan struktural Eselon IV;
  2. Diklatpim Tingkat III adalah Diklatpim untuk jabatan struktural Eselon III;
  3. Diklatpim Tingkat II adalah Diklatpim untuk jabatan struktural Eselon II;
  4. Diklatpim Tingkat I adalah Diklatpim untuk jabatan struktural Eselon I.
3. Diklat Fungsional

Diklat Fungsional dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi yang sesuai dengan jenis dan jenjang jabatan Fungsional masing-masing. Jenis dan jenjang diklat Fungsional untuk masing-masing jabatan fungsional ditetapkan oleh instansi Pembina jabatan Fungsional yang bersangkutan

4. Diklat Teknis

Diklat teknis dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanakan tugas PNS. Diklat teknis dapat dilaksanakan secara berjenjang. Sedangkan Jenis dan jenjang diklat Teknis untuk masing-masing jabatan ditetapkan oleh instansi teknis yang bersangkutan

#. Cara Mengisi Diklat Riwayat Fungsional di PUPNS
  1. Klik menu "data Riwayat" lalu pilih "Diklat fungsional". seperti penampakkan gambar dibawah
  2. gambar cara mengisi riwayat diklat fungsional pupns
  3. Langkah berikutnya perhatikan gambar bergerak dibawah untuk melihat contoh cara pengisian form riwayat diklat fungsional di pupns.
  4. gambar contoh isian diklat fungsional pupns
  5. Tipe Diklat: Sesuaikan dengan Diklat yang anda ikuti, jika diklat tersebut adalah yang wajib, maka tipenya tentu saja Formal (contoh: Diklat sertifikasi, Prajabatan) , namun apabila diklat tersebut bukan wajib contoh MGMP, dll yang dipilih adalah non formal.
  6. Jenis Diklat: Contoh Diklat Sertifikasi/Profesi guru, Saya isikan "diklat Aparatur Teknis Fungsional"
  7. Nama Diklat: Cuku Dimengerti
  8. Lamanya Diklat: Lihat dalam jumlah Jam pada sertifikat, biasanya ada di lembar belakang bagian Alokasi Waktu
  9. Tanggal Diklat: Cukup dimengerti
  10. Nomor Sertifikat: cukup dipahami
  11. Instansi: Misal: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  12. Institusi Penyelenggara: Misal: Universitas Sriwijaya

Demikianlah yang bisa saya tuliskan, semoga saja informasi ini bermanfaat. Selanjutnya baca juga cara mengisi riwayat Golongan di PUPNS

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Jika kamu gagal mendapatkan Sesuatu, hanya satu hal yang harus kamu lakukan Coba Lagi!.