Operator Sekolah: Tips Supaya Siswa Termotivasi Untuk Mengerjakan PR Di Rumah

Tips Supaya Siswa Termotivasi Untuk Mengerjakan PR Di Rumah

Bagaimana supaya siswa termotivasi untuk mengerjakan PR di rumah?, Sahabat pendidikan sebagaimana kita ketahui Pekerjaan Rumah (PR) adalah tugas rumah tambahan yang diberikan guru/pendidik kepada pelajar yang biasanya diberikan jam pelajaran berakhir. Pemberian PR ini bertujuan untuk memotivasi siswa supaya mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari di sekolah, akan tetapi hal ini sangat bertolak belakang dengan pemikiran siswa. Mereka selalu menjadikan PR adalah beban yang berat, hal yang menyebalkan karena mengurangi waktu bermain di rumah, bahkan pemberian PR menjadi salah satu alasan siswa membenci gurunya. Sebagai seorang guru terkadang ragu memberikan PR kepada siswa karena kebanyakan siswa tidak mengerjakan PR dengan berbagai alasan misalnya lupa atau berpura-pura ketinggalan buku di rumah.

Pengerjaan PR terkadang dianggap sepele karena beberapa alasan berikut ini

  1. Siswa belum/tidak paham apa sebenarnya tujuan guru selalu memberikan PR sebelum pelajaran berakhir
  2. Terkadang guru jarang menanyakan PR atau bahkan tidak dikumpul
  3. Tidak ada perhatian khusus oleh guru dalam pengerjaan PR sehingga siswa selalu berpikir untuk mencontek ketika ada PR
  4. Siswa tidak diberi konsekuensi jika tidak mengerjakan PR
  5. Tidak ada penilaian yang jelas ketika PR dikoreksi/diperiksa guru

Selanjutnya Berikut ini beberapa tips supaya siswa termotivasi untuk mengerjakan PR di rumah:

  1. Jelaskan tujuan pengerjaan PR, karena beberapa siswa belum paham tujuan guru memberikan PR kepada siswa
  2. Buatlah perjanjian dengan siswa mengenai ketentuan PR, misalnya PR sudah diletakkan di atas meja guru sebelum guru mata pelajaran masuk ke kelas, PR tidak diterima/dinilai jika belum selesai atau PR yang dikumpul tidak diterima jika dikerjakan di sekolah.
  3. Buatlah konsekuensi jika tidak mengerjakan PR. Buatlah efek jera/shock terapy sehingga siswa termotivasi membuat PR misalnya pengerjaan PR memepengaruhi nilai raport, pengerjaan PR sebagai syarat mengikuti ujian/ulangan atau dilarang mengikuti pelajaran jika tidak mengerjakan/mengumpul PR.
  4. Penilaian yang jelas pada nilai PR. Beberapa siswa termotivasi belajar karena ingin mendapat nilai bagus bukan karena ingin mendapat ilmu. Selalu bahas setiap kali guru memberikan PR dan dimasukan ke dalam daftar nilai guru.
Baca juga: Hal yang harus diperhatikan guru dalam proses mengajar

Demikianlah beberapa alasan kenapa siswa malas mengerjakan PR dan beberapa tips supaya termotivasi mengerjakan PR yang diberikan oleh guru. Semoga bermanfaat

0 Response to "Tips Supaya Siswa Termotivasi Untuk Mengerjakan PR Di Rumah"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.