Operator Sekolah: Cara Cek NISN Lengkap Peserta Didik Tiap Sekolah (baru)

Cara Cek NISN Lengkap Peserta Didik Tiap Sekolah (baru)

Cara Cek NISN Siswa - Secara Kolektif sekarang ini semakin mudah dikarenakan sudah ada aplikasi pendukung dapodik dan Vervalpd yang masing-masing sekolah sudah ada petugas yang mengurus masalah data peserta didik yakni Operator Sekolah. Oleh karena itu, bagi anda yang masih bingung bagaimana cara mengetahui NISN bahkan mengambilnya secara kolektif, maka pada kesempatan yang baik melalui tulisan ini saya akan berbagi caranya.

Untuk mengetahui apakah NISN tersebut valid dan terdaftar di kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), maka anda bisa menuju link resmi cek NISN berikut: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

Selanjutnya ketikkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa sebanyak 10 Digit pada form pencarian NISN, lalu klik tombol "cari" dan jika NISN benar maka data siswa akan tampil, namun jika salah maka akan muncul keterangan "NISN tidak ditemukan, mohon hubungi layanan sistem NISN dinomor telepon: 021-57905777, 021-57904804" seperti penampakkan pada dua gambar dibawah

1. NISN Siswa Benar

gambar cek NISN Benar

2. NISN Siswa Salah

gambar cek NISN Siswa Salah

Anda juga bisa melakukan pencarian NISN berdasarkan Nama Siswa dengan mengetikkan Nama, tempat dan tanggal lahir siswa. Jika tetap tidak ditemukan kemungkinan NISN tersebut belum terdaftar di Website PDSP Kemdikbud. Solusinya bagi peserta didik adalah menghubungi sekolah dan menanyakannya, sedangkan bagi operator sekolah sendiri bisa cek NISN melalui aplikasi vervalpd Dapodik.

Jika setelah anda cek ternyata peserta didik tersebut belum memiliki NISN (bagi SD), maka segeralah mengajukan NISN Baru secara online dengan mengikuti Langkah-langkah dibawah:

  1. Pastikan Operator Sekolah sudah melakukan Sinkronisasi aplikasi dapodik versi baru 4.0.1
  2. Selanjutnya buka Aplikasi Vervalpd melalui alamat berikut: https://sso.data.kemdikbud.go.id/
  3. Pada laman vervalpd klik menu "residu" dilanjutkan dengan mengklik nama peserta didik yang belum memiliki NISN, jika muncul data siswa dibawah, klik "Not Match"
  4. Berikutnya buka menu "Konfirmasi" lalu pilih ya agar siswa tersebut diberikan NISN Baru.
  5. Jika semua siswa telah di konfirmasi, tahap selanjutnya buka aplikasi dapodikdas anda lalu lakukan Sinkronisasi.
  6. Tinggal menunggu proses NISN akan Turun ke aplikasi dapodik secara otomatis. Namun jika tetap tidak ada NISN pada aplikasi dapodik segera hubungin Admin Dinas.
Selanjutnya pelajari lebih lanjut ...

Cara Menyimpan NISN Secara Kolektif Lewat Vervalpd

Setelah anda mempelajari langkah-langkah cek NISN diatas, maka anda bisa mengarsipkannya untuk sekolah agar apabila dikemudianjhari ada siswa yang menanyakan NISN miliknya, maka anda tidak kesulitan mendapatkan NISN tersebut. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Cek NISN Lengkap Peserta Didik Tiap Sekolah (baru)"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.