Operator Sekolah: Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Bagi Pengguna Komputer Rutin

Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Bagi Pengguna Komputer Rutin

Menjaga Kesehatan Mata memang sangat penting khususnya bagi anda yang setiap hari bertatapan langsung dengan layar komputer. Mungkin ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang. Dengan cara apa agar mata saya tetap sehat dan terhindar dari mata minus ? adakah cara alami yang bisa membantu mata saya tetap sehat walapun saya tiap hari berhadapan langsung dengan komputer, Gadget, Android yang mengandung sinar radiasi berbahaya ? Mungkin jawabannya adalah, seperti kata-kata bijak yang satu ini : Jagalah sesuatu, maka dia akan menjaga anda. Sama halnya dengan mata anda, dia juga perlu istirahat, tidak baik memaksakannya bekerja tanpa henti. Apabila dia sudah sakit, maka yang merasa rugi kan anda juga ?

gambar mata sharingan

Pembaca yang saya hormati. Ada banyak sekali penyakit mata yang bisa menyerang kita apabila kita tidak menjaga kesehatan mata terutama terlalu sering memaksakannya berinteraksi langsung dengan komputer secara terus menerus, Diantaranya jenis penyakit mata rabun jauh, dekat, atau tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun dekat, katarak, dan sebagainya. Nah jika hal itu terjadi pencegahan pun sudah terlambat. Adapun berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai pengguna komputer rutin sekaligus referensi dari beberapa artikel kesehatan, berikut ini ada sedikit tips yang bisa anda coba.

Baca juga artikel lainnya yang mengulas tentang tips kesehatan

1. Jarak Mata Dengan Komputer Sebaiknya ?

Biasanya ketika kita sedang mengetik kita lupa mana jarak yang paling bagus untuk menjaga kesehatan mata kita. Hal ini dikarenakan beberapa alasan, mungkin saja si pengguna tidak tahu atau juga karena terlalu serius dengan aktivitasnya sehingga banyak orang mengabaikan jarak mata dengan komputer. Saran saya usahakan "jarak mata anda dengan layar komputer adalah 30 - 40 cm".

2. Istirahatkan Mata Anda

Ketika mata mulai berbayang-bayang dan kepala anda mulai pusing, maka janganlah anda memaksakan mata untuk terus menatap layar komputer, karena ini bisa dipastikan mata anda sudah dalam kondisi lelah sehingga saraf-saraf pada mata terkoneksi ke saraf kepala anda. Itulah mengapa anda sering pusing. Jika dibiarkan saja, lama kelamaan ini bisa berbahaya bagi mata anda. nah saran saya pejamkan mata anda sejenak, jangan di usap-usap, jauhi dulu layar komputer, kedipkan mata anda secara perlahan. Ada pendapat mengatakan mengistirahatkan mata bisa dengan melihat benda yang berwarna kehijauan.

3. Pencahayaan Yang Cukup

Ternyata kondisi ruangan juga berpengaruh kepada kesehatan mata seseorang. Oleh karena itu jika anda melakukan aktivitas yang bertatap langsung dengan radiasi komputer selama berjam-jam atau lebih, maka gunakanlah ruangan yang terang. Atau apabila aktivitas selalu dilakukan pada malam hari, maka penting menggunakan pencahayaan yang cukup dalam artian tidak redup.

4. Mengatur kecerahan dan kontras layar komputer

Ini juga salah satu tips menjaga kesehatan mata yang cukup penting. dimana biasanya layar komputer yang memiliki warna yang terlalu cerah lama kelamaan akan membuat mata kita silau sehingga perlu mengurangi kecerahannya. Bagi anda yang belum tahu caranya, bisa mencoba cara berikut ini:
1. Tekan dan tahan tombol Fn lalu arahkan tombol panah ke atas dan kebawah.
2. Jika tidak ditemukan tombol tersebut, maka gunakan tombol F5, F6 atau tombol yang memiliki icon matahari

5. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk Mata

Kesehatan mata juga harus didukung dengan pola makan yang sehat. Salah satunya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti Wortel, kuaci, Telur, Ikan salmon, Bawang putih, Buah Alpukat, sayur bayam dan lain-lain. dengan demikian insya allah mata kita kuat dan tetap sehat walaupun tiap hari dipaksa lembur hahahaha.

Nah, demikianlah 6 tips menjaga kesehatan mata secara alami khususnya bagi anda yang rutin menggunakan komputer. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca di manapun anda berada. Lebih dan kurang saya mohon maaf, kritik dan saran sangat penting untuk membantu kemajuan blog ini. Akhir kata sekian dan terima kasih

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Bagi Pengguna Komputer Rutin"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.