Operator Sekolah: (Rumus IF) Cara Membuat Kriteria Pada Nilai

(Rumus IF) Cara Membuat Kriteria Pada Nilai

Membuat Kriteria Pada Nilai dengan Rumus IF yang saya maksud disini adalah misalkan anda kan membuat keterangan nilai Ujian Nasional berdasarkan acuan POS UN 2015 yakni 85-100 (sangat baik), 70-85 (baik), 55-70 (cukup), 20-55 (kurang). Dari rentang nilai tersebut kita bisa mengguna rumus IF supaya lebih mudah dan anda tidak perlu mengetik manual. Selain dengan kriteria keterangan, kita juga bisa menggantinya dengan huruf seperti A, B, C, D.

Adapun cara menggunakan rumus IF ini berdasarkan pengalaman saya sewaktu membuat kriteria nilai 4 mata pelajaran UN untuk pembuatan Surat keterangan hasil Ujian Sementara (SKHUS). Nah dalam hal ini saya sangat berterima kasih kepada orang yang mengajarkan ilmu ini kepada saya yaitu Kepala Sekolah saya sendiri. (loh kok jadi curhat ya) hehehe.

Baiklah bagi bapak ibu guru serta pembaca lain yang ingin belajar rumus ini, langsung kita mulai saja panduannya. ..

Untuk uji coba sebelum di praktikkan ke tabel nilai UN anda, buatlah terlebih dahulu tabel 4 mata pelajaran Ujian Nasional di microsoft Excel sebagai database saja dalam artian sebagai database mail merge SKHUN anda . Seperti gambar di bawah

gambar tabel nilai excel rumus IF

Pertama letakkan kursor anda ke dalam cell H2(keteranganMtk). kemudian Masukkan rumus berikut ini : =IF(D2>=85;"Sangat Baik";IF(D2>=70;" Baik";IF(D2>=55;"cukup";IF(D2>=25;"kurang")))). seperti gambar di bawah kemudian tekan enter untuk melihat hasilnya.

Gambar

Penjelasan dari rumus IF diatas adalah sebagai berikut :
1. =IF(D2>=85;"Sangat Baik" : jika nilai pada cell D2 (tabel nilai MTK) lebih dari atau sama dengan 85, maka kriterianya adalah sangat baik
sedangkan tanda titik koma sebagai penghubung rumus IF pada nilai di cell, sehingga tanpa tanda ini, rumus akan error. (pendapat pemula). nah tanda titik koma hanya berlaku pada setingan komputer dengan format tanggal dan waktu bahasa indonesia, jika bahasa inggris ganti rumusnya dengan tanda koma.

2. ;IF(D2>=70;" Baik" : sama seperti nomor 1, namun bedanya jika nilai lebih dari atau sama dengan 70, maka kriterianya adalah baik.

3. IF(D2>=55;"cukup";IF(D2>=25;"kurang")))) : Sama dengan nomor 1 dan dua, namun sebagai tambahan, fungsi 4 tanda kurung pada akhir rumus IF adalah sebagai penutup masing-masing rumus IF, coba hitung berapa kali anda membuat IF, maka jumlah tutup kurung juga harus sama dengan jumlah IF. (pendapat pemula)

Selanjutnya untuk mendapatkan rumus kriteria pada nilai Bahasa Indonesia, Bahasa inggris dan IPA, arahkan kursor anda ke cell H2 (keteranganMTK) lalu seret sampai ke tabel keteranganIPA seperti gambar di bawah. setelah rumus dibuat, Agar semua rumus otomatis berfungsi pada semua nilai peserta didik, seret kembali cell dari atas sampai kebawah

gambar rumus IF kriteria nilai mapel

Lalu hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah

gambar 3 rumus IF kriteria nilai mapel

Setelah rumus IF kriteria Nilai UN selesai, silahkan anda jadikan database untuk pembuatan deksripsi pada format SKHUS mail merge. Jika belum paham bagaimana membuat SKHUS dengan mail merge silahkan pelajari lebih lanjut tulisan saya tentang cara membuat SKHUS dengan mail merge. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami. Terima kasih

0 Response to "(Rumus IF) Cara Membuat Kriteria Pada Nilai"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.