Operator Sekolah: Cara Melatih Kesabaran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Melatih Kesabaran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Melatih Kesabaran - Pembaca tahukah anda ? Kesabaran dan emosi adalah dua hal yang bertolak belakang tapi berjalan beriringan dalam setiap langkah kehidupan, dengan mengendalikan emosi maka kesabaran akan semakin kuat, begitu juga sebaliknya, ketika emosi tak terkendali, maka kesabaranpun akan menipis, Sehubungan dengan Shaum di bulan Ramadhan, seringkali terdengar, terlihat dan terucap atau tersirat kata "Shaum di bulan Ramadhan melatih kesabaran", betulkah demikian ?? Apabila di perhatikan dari makna Shaum yang berarti menahan diri, maka secara lebih luas didalamnya terdapat pula pengendalian emosi, pengekangan hawa nafsu, dan lain-lain sebaginya yang terkait dengan kebiasan-kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, jadi sesungguhnya sabar itu sendiri adalah hasil dari pelatihan pengekangan diri, dan pada tingkat kesabaran tertinggi akan di capailah ke taqwaan.

Baca juga artikel tentang : Kata Maaf Di Bulan Ramadhan

gambar kata-kata sabar

Berikut ini 4 cara melatih kesabaran dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi para orang tua yang sedang menghadapi masa dimana anak-anak sedang nakal-nakalnya.

1. Memilih Diam Sejenak
Pada saat anda sedang terbawa emosi dalam sebuah masalah, maka berusahalah tetap tenang dengan diam sambil berfikir bagaimana cara menyelasaikan masalah tersebut tanpa emosi. Pikirkanlah dampak negatif apabila anda dalam keadaan emosi sehingga dengan begitu emosi anda akan berkurang.

2. Menarik Nafas Dalam-Dalam
Jika emosi telah menguasai pikiran anda, maka segala bentuk dari hal positif akan hilang. Sehingga tidak ada lagi ketenangan dalam diri seseorang, Dalam situasi seperti ini yang harus anda lakukan adalah menarik nafas dalam-dalam sehingga dengan begitu tekanan darah dan denyut jantung anda akan kembali normal. Selanjutnya otak akan lebih mudah berfikir jernih dikarekan emosi menurun secara bertahap.

Baca juga artikel tentang makanan sehat yang baik saat berbuka puasa

3. Ubah Nada Bicara Dengan Sedikit Pelan
Mungkin dalam situasi emosi cara ini sedikit konyol terutama bagi anda seorang laki-laki yang biasanya lantang, namun harus berbicara dengan nada pelan. Namun ketahuilah cara ini tidak hanya akan membuat anda sabar, tapi juga akan menurunkan emosi lawan bicara anda. Silahkan dicoba....

4. Istighfar dalam hati kemudian Berwudhu
Jika ketiga cara di atas tetap tidak bisa membuat anda sabar, maka langkah terakhir ialah meminta bantuan kepada Yang maha Kuasa. Bagi umat Muslim cara yang paling efektif ialah dengan berwudhu. Hal ini dikarenakan, seseorang yang emosian atau tidak bisa mengontrol kemarahannya sedang dikuasai setan, Sedangkan setan sendiri diciptakan dari Api, maka untuk memadamkannya digunakanlah air yaitu berwudhu. sambil terus mengucapkan lafaz istighfar dalam hati. Namun terkadang tidak banyak orang yang ingat cara ini tak terkecuali penulis sendiri masih terus belajar sabar.

Demikianlah 4 cara sederhana melatih dan belajar kesabaran yang bisa saya tulis di blog ini. Lebih dan kurang saya mohon maaf. Kepada allah saya mohon ampun, Semoga saja di bulan ramadhan yang penuh berkah dan hikmah ini kita senantiasa selalu diberi kesabaran dalam menghadapi segala probelema kehidupan. AKhir kata sekian dan Terima kasih. Wassalam

0 Response to "Cara Melatih Kesabaran Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.