Operator Sekolah: Tips Sukses Saat Tes Wawancara (Interview) Kerja

Tips Sukses Saat Tes Wawancara (Interview) Kerja

"Tips Sukes Saat Tes Wawancara (Interview) Kerja"- Tes Wawancara bisa dikatakan faktor yang cukup penting diterima atau tidaknya seseorang pada saat proses penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan. Bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam hal ini tentu saja tahu bahwa tes wawancara merupakan langkah menuju keberhasilan pelamar, nah dalam hal ini anda harus banyak belajar kepada mereka yang berpengalaman. Oleh karena itu, sering dikatakan bahwa pengalaman itu adalah ilmu yang sangat berharga.

Banyak orang memiliki skill serta kemampuan bagus ketika menghadapi tes tertulis, tetapi saat Interview tidak semua pelamar bisa menjalaninya dengan lancar, bahkan banyak mereka yang ditolak karena gagal di tes wawancara. Faktor utama yang mungkin dialami anda adalah perasaan gugup ketika menghadapi pewawancara. Hal ini disebabkan karena pertanyaan yang ditanyakan ke kita tidak semuanya bisa kita jawab dengan opini yang tepat dalam artian diluar kemampuan kita.

Berikut beberapa tips yang bisa anda baca saat tes wawancara kerja berdasarkan pengalaman para karyawan yang telah berhasil.

Pertama : Ucapkanlah salam ketika masuk dan jangan duduk dulu sebelum dipersilahkan duduk. Apabila anda telah duduk pastikan posisi anda sopan. Mungkin gambar berikut bisa membantu anda

gambar posisi duduk saat wawancara

Kedua : Saat menghadapi pertanyaan pertama Tetaplah tenang, fokuslah dengan tekad yang kuat untuk meyakinkan para pewawancara dan mengurangi perasaan gugup anda. Oleh karena itu pastikan anda mengetahui apa visi misi perusahaan yang anda lamar, carilah informasi dahulu agar anda menjawab pertanyaan dengan persepsi yang tepat dan meyakinkan mereka.

Ketiga: Bila ada pertanyaan yang membahas masalah Inkam (Gaji) usahakan anda tetap fokus, mengesampingkan uang akan membuat pikiranmu tetap tenang dan lebih meyakinkan pewawancara bahwa tujuan anda memang ingin memajukan perusahaan tersebut. Dengan begitu mereka akan mencoret nama anda dari daftar pelamar yang bisa merugikan perusahaan (korupsi)

Keempat:Jangan terpengaruh dengan pertanyaan yang mengajak anda untuk menjelekkan perusahaan lain, karena itu bisa saja mereka hanya mengetes anda. Apakah anda seorang yang suka membicarakan kejelekkan perusahaan lain. Jika demikian mereka akan berifikir bila suatu saat anda diterima, bisa saja anda akan menjelekkan perusahaan mereka.

Kelima:Berikan jawaban yang profesional singkat, padat dan jelas dalam artian tidak keluar dari topik yang sedang dibahas. Apabila anda pikiran anda terbawa emosi untuk mengungkapkan hal-hal yang tidak penting, jauhkan segera apalagi anda sampai curhat, bisa gawat hahaha

Keenam:Jauhkan sikap Percaya Diri yang berlebihan. Ini bisa membuat pewawancara salah paham, dan yang lebih konyolnya lagi and abisa dinilai sombong, jadi tetap jaga batas-batas mana yang boleh di explore dan mana yang belum saatnya. Ini juga penting guna meyakinkan pandangan mereka terhadap profile anda, karena bisanya ornag lebih menyukai rekan kerja yang profesional dan low profil (rendah diri).

Ketujuh:Berikan jawaban yang kamu ketahui saja, jangan memberikan jawaban konyol seperti mengarang cerita apalagi sampai berbohong. Jika demikan nilai plus untuk anda akan berkurang, karena mereka yang mewawancari biasanya menilai pelamar dari tutur kata, sopan santun dan cara bicara, jadi jika tidak tahu jawabannya artinya anda harus memberika alasan yang tepat dan berbobot.

Itulah 7 Tips Sukses Saat Tes Wawancara (Interview) Kerja yang bisa saya tulis di sini. Semoga informasi ini cukup berguna dan membantu anda yang saat ini akan menghadapi tes wawancara. terima kasih