Operator Sekolah: Rumus Mengubah Nilai Satuan Menjadi Puluhan Di Excel

Rumus Mengubah Nilai Satuan Menjadi Puluhan Di Excel

Tulisan tentang cara Mengubah Nilai Satuan Menjadi Puluhan Di Excel ini sebenarnya ide dari pengalaman saya sendiri. Seperti kita ketahui saat ini sekolah sedang sibuk mempersiapkan Surat keterangan hasil ujian sementara untuk peserta didik yang sebentar lagi akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Nah, berdasarkan juknis penulisan ijazah tahun pelajaran 2014/2015 ternyata format nilai SKHU dna Ijazah yang semula dalam bentuk satuan kini berubah menjadi puluhan.

Jika anda sudah terlanjur mengetik nilai di SKHUS dalam bentuk satuan dan berencana ingin mengubahnya menjadi puluhan secara manual alias mengetik lagi dari awal, maka untuk mempermudah anda, saya sarankan gunakan rumus perkalian 10 di excel. Apabila ada diantara anda yang belum tahu caranya, berikut saya tuliskan panduannya di bawah ini

Disini saya akan mencontohkan cara merubah nilai US satuan menjadi puluhan. Pertama di sebelah nilai US satuan buatlah tabel baru sesuai dengan data nilai US. Lalu di tabel kosong (misal tabel nilai us agama) ketik rumus = lalu letakkan kursor anda ke nilai US satuan (misal cellnya O4) lalu ketik *10 sehingga rumusnya =O4*10 lalu tekan ENter dan lihat hasilnya.

gambar merubah nilai satuan ke puluhan

Adapun bagi anda yang ingin mengubah nilai dari Puluhan menjadi satuan, maka rumusnya dibagi 10 (/10). Nah untuk mendapatkan nilai sekolah (misal SMP) rumusnya adalah =(nilai rata-rata raport semester 1-5 dikali 70%)+(Nilai US dikali 30*). Maka jika anda ingin mengubah nilainya menjadi puluhan, tinggal ganti Cellnya saja di rumus agar nilainya sesuai.

Penjelasan sederhanya: Apabila cell nilai rata-rata raport adalah A1, maka karena tadi anda menambahkan 1 cell, rumus diganti dengan Cell A2. Begitu juga dengan Cell nilai US. Semoga dipahami, terima kasih

1 Response to "Rumus Mengubah Nilai Satuan Menjadi Puluhan Di Excel"

  1. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI nya kunjungi saya juga di ismuadhim.blogspot.com

    ReplyDelete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.