Operator Sekolah: Panduan Lengkap Desain Brosur PPDB Dengan Photoshop

Panduan Lengkap Desain Brosur PPDB Dengan Photoshop

Pembahasan kali ini berhubungan dengan cara desain brosur PPDB menggunakan Program Adobe Photoshop dengan mempelajari fungsi-fungsi menu photoshop yang akan digunakan sebagai alat dalam membuat brosur. Sebenarnya tanpa mengetahui dasar-dasar photoshop akan sulit untuk mendesain sesuatu agar tampilannya terlihat cantik. Seperti kita ketahui, selain corel draw, photoshop banyak digunakan oleh para desain handal untuk mengedit gambar, membuat undangan, pamflet, dan berbagai desain lainya. Oleh karena itu, tujuan saya menulis artikel ini hanya sekedar berbagi pengalaman saja, khusus bagi anda yang ingin belajar.

Untuk membuat brosur sekolah menggunakan photoshop sebagai persiapan penerimaan peserta didik baru tahun 2015/2016 dan agar tampilan terlihat lebih menarik minat peserta didik, maka yang perlu anda siapkan terlebih dahulu adalah seperti di bawah :

  1. Visi Misi Sekolah
  2. Foto gedung Sekolah
  3. Foto Fasilitas Sekolah
  4. Foto prestasi Sekolah
  5. Jadwal kegiatan PPDB
  6. Persyaratan Pendaftaran, dan
  7. Kontak Sekolah

Setelah semuanya siap barulah kita bisa menentukan desain dan tema untuk pembuatan brosur. Jika tidak ada konsep, akan sulit nantinya anda meendesain brosur anda (pengalaman saya). Baiklah, berhubung saya bukan orang yang pandai ilmu desain, langsung saja kita mulai panduannya, ...

Buatlah background brosur, nah agar lebih mudah anda bisa memilih background brosur yang ada di Google. KLIK DISINI untuk memilih background, atau jika ingin membuat sendiri berarti anda orang yang kreatif. Disini saya memilih backgrund sederhana sebagai contoh cara membuat brosur..

Setelah selesai menentukan background, buka program adobe photoshop anda, kemudian buat layer brosur, caranya Klik tombol "CTRL+N", nama layer terserah, preset sizes ubah ukuran layer menjadi Widht (29,7) dan Height (21) ke CM dan resolution menjadi 300 pixel. ini adalah ukuran kertas A4. jika sudah selesai klik tombol "OK"

gambar ukuran layer A4

bagilah layer menjadi 3 dengan ukuran masing-masing 9,9. Caranya arahkan kursor anda ke penggaris heigt layer, sampai berbentuk tandah panah tekan dan tarik. seperti gambar dibawah

gambar 2 ukuran layer 3 bagian A4

Nah ukuran brosur lipat 3 sudah jadi, sekarang kita akan membuat warna backround layer untuk di transparankan dengan background utama. Caranya klik menu "layer", pilih layer style kemudian "bevel and emboss".

gambar desain layer

Pada jendela layer style desain yang saya gunakan pada bevel and emboss structur, shadingnya dan textur elemen bisa anda lihat seperti gambar dibawah (ini cara pemula) :

gambar desain layer bevel and emboss gambar desain layer texture

Sehingga desain warna layer hasilnya terlihat seperti gambar dibawah.

gambar warna desain

Jika anda tidak suka dengan warna tersebut, silahkan diganti, caranya pada styles bevel anda embos di shading pilihlah warna melalui shadow mode seperti gambar dibawah

gambar cara ganti warna layer

berikutnya.. menggabungkan background utama dengan layer, klik tombol "CTRL O", pilih foto bacground, kemudian klik open

gambar open gambar

Selanjutnya menyesuaikan ukuran gambar background utama dengan layer, caranya klik gambar lalu menu "image" kemudian pilih "image size", ubahlah size sesuai dengan ukuran layer anda, (width 29,7 dan heigt 21) ke cm

gambar mengubah ukuran foto di photoshop

Selanjutnya memindahkan gambar ke layer dengan menu move tool caranya tekan huruf W di keyboard anda. Arahkan kursor ke gambar, lalu tahan seret ke layer.

cara memindahkan gambar dengan move tools

Mentransparankan gambar bacground utama dengan layer. Caranya klik layer, kemudian menu layer di sebelah kanan, pilih opacity tarik panah sampai 31% atau terserah yang menurut anda bagus dan bacground layer kelihatan.

gambar background transparan

Setelah selesai membuat background barulah, menuju ke konsep brosur,disini kita akan mulai membuat brosur lipat 3 yang paling sederhana dan mudah dikerjakan.

1. Menambahkan Logo Pendidikan Di lembar pertama
Buka gambar logo pendidikan, bila tidak ada silahkan cari di toko buku hahahha maksud saya dwonload saja di Internet. sama dengan langkah sebelumnya, klik CTRL O, pilih gambar OPEN. Nah sebelum memindahkan gambar dengan move tools, saya sarankan ukuran gambar di sesuaikan terlebih dahulu dengan lembar 1 brosur sehingga hasilnya bagus. Ukurannya icon gambar adalah widht 15 dan height 16 cm

Anda juga bisa membuat efek pada gambar seperti yang sudah saya tulis di langkah sebelumnya menggunakan Bevel emboos. Sehingga hasilnya terlihat seperti di bawah

gambar brosur

Selanjutnya kita akan memindahkan foto siswa berprestasi sebagai lembar depan, caranya masih sama menggunakan move tools. tapi sebelumnya agar terlihat menyatu dengan bacgrorund brosur kita akan mengganti gambar bacground siswa terlebih dahulu, caranya menggunakan magic eraser tools klik "tombol huruf E" arahkan ke bacground lalu klik.

gambar cara menggunakan magic eraser tools

nah untuk hasil yang lebih bagus anda bisa menggunakan "Magnetic lasso tools", tentunya mengganti backgrund ini harus dilakukan dengan teliti dan pelan-pelan oke .... Jangan lupa ukurannya harus sesuai dengan lembar 1 brosur. Jika sudah selesai pindahkan gambar menggunakan move tools, sehingga hasilnya terlihat seperti gambar dibawah

gambar lembar 1 brosur

Selanjutnya kita akan membuat foto bingkai klise agar nantinya lebih terliha menarik, Caranya sebagai berikut, tapi agak susah loh :D, buat layer baru, cara klik CTRL N. kemudian ukurannya 14x5 cm, selanjutnya untuk membuat bingkai, klik huruf G (paint bucket tool). Ubah warna layer menjadi hitam, caranya arahkan kursor ke layer baru dan klik sehingga berubah warna, lihat gambar dibawah.

Selanjutnya untuk membentuk 3 bingkai klik tombol M (rectanguler marquee tools), arahkan kelayer hitam tadi membentuk segi empat rata kiri kanan, setelah ukuran 3 bingkai pas, ubah warna putih, lalu gunakan kembali G (paint bucket tool), klik tepat di tengah kotak segi empat. lalu copy dan paste selanjutnya geser kanan (tekan CTRL tahan geser dengan tandah panah), lihat gambar dibawah

Nah agar lebih mudah download langsung bingkainya di google, setelah dapat, buka melalui Photosop, ubah ukuran bingkai menjadi 9x4 cm. selanjutnya siapkan foto yang akan dimasukkan ke bingkai. lalu pindahkan ke bingkai tadi, selanjutnya save ulang bingkai dengan format jpeg sehingga seperti gambar dibawah.

gambar bingkai klisi

Setelah selesai, pindahkan foto ke layar brosur menggunakan "move tools", desain foto agar kelihatan lebih menarik lagi, caranya klik "CTRL+T" kemudian atur sesuai keinginan anda. seperti gambar dibawah

Langkah berikutnya kita akan membuat Text nama sekolah kita, di bawah Logo, caranya klik tombol huruf T, lalu arahkan ke layer. Untuk mengubah jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, dan style huruf, silahkan lihat gambar di bawah sebagai petunjuk.

Agar huruf kelihatan tampak menyatu dengan bacground, gunakan layer style text Bevel and emboss, lalu pilih pilow embos dan smooth, sehingga hasilnya seperti gambar di bawah

Oke lanjut, kita akan membuat tulisan "Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2015/2016", untuk letaknya sesuaikan dengan selera anda, atau yang menurut anda bagus. nah, sekarnag lembar pertama brosur telah selesai dan hasilnya seperti di bawah

gambar brosur SD

Gambar diatas di perkecil sehingga hasilnya kurang maksimal, berebeda dengan aslinya. Setelah lembar pertama, sekarang dengan dasar-dasar desain photoshop yang saya tulis di atas, saya rasa anda bisa meneruskan desain untuk lembar ke 2 brosur. Nah, di "lembar kedua" mulailah menuliskan visi misi sekolah, jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, fasilitas sekolah dan sebagainya.

Adapun agar anda tidak bingung nantinya jika ada kesalahan atau ingin mengedit ulang untuk memperindah tampilan, berikut ini hal-hal yang perlu anda ingat.

1. Panel History digunakan untuk kembali ke gambar awal dan langkah-langkah sebelumnya sama halnya dengan undo dan redo.
2. Panel Layer bisa anda gunakan untuk mendesain ulang gambar, tulisan, serta layer utama (background) brosur anda. Pada panel layer gambar-gambar yang tadi anda gabungkan menjadi 1, akan memiliki beberapa nama berbeda sehingga dengan panel ini anda bisa memilih gambar maa yang akan di desain.

gambar panel layer dan history photoshop

Demikianlah tulisan tentang Panduan Desain Brosur PPDB Dengan Photoshop yang bisa saya tulis di blog ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda yang ingin belajar. Apabila anda malas membaca dan memahami panduan di atas, saya sudah menyediakan Brosur PPDB tinggal EDIT, bagi yang membutuhkannya silahkan Download DISINI. Sekian dan terima kasih, (ada pertanyaan ? hubungi facebook saya)