Operator Sekolah: Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2007

Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2007

Daftar isi otomatis akan sangat bermanfaat apabila seseorang ingin membuat sebuah laporan, karya Ilmiah, Buku, makalah, Skripsi Tesis dan sebagainya. Sedangkan bila anda bertanya mengapa harus ada daftar isi dalam sebuah karya tulis, jawaban dari saya sangatlah sederhana yaitu untuk mempermudah pembaca dalam memahami mana halaman penting dari sebuah karya tulis. Contohnya buku, ketika seseorang membaca buku biasanya yang pertama kali dilihat adalah judul, kemudian daftar isi. Nah dari sanalah si pembaca biasanya mencari informasi yang paling menarik untuk dibaca sehingga dengan adanya daftar isi mempermudah membuka halaman yang diinginkan.

Adapun dalam panduan kali ini kita akan belajar membuat daftar isi untuk pembuatan Laporan. Sebelumnya kita akan membahas bagian-bagian dari laporan tersebut secara ringkas untuk di hubungkan dengan fitur yang kita gunakan di program microsoft word. Pahami penjelasan singkat yang saya tulis berikut ini

Baca juga artikel tentang : RUmus Excel Lengkap beserta penggunaan

  1. Kata pengantar, BAB, Kesimpulan, dan penutup. pilihlah styles Heading H1 !
  2. Bagian/sub dari bab misalnya dasar, tujuan, ruang lingkup, latar belakang, rumusan masalah. pilihlah styles Heading H2 !

  3. Anak bagian dari Sub Bab misalnya Tujuan umum, khusus dan sebagainya pilihlah styles Heading H3 !

  4. Biasanya ada bagian lagi dari anak bagian. styles Heading H4

Jika hanya teori mungkin anda akan kurang memahami, mari kita coba dengan praktik langsung ke laporan yang akan anda buat daftar isi otomatis.

Buka laporan anda, nah seperti yang saya tulis di atas kita akan merubah styles daftar isi yang akan dibuat otomatis. Sebagai contoh merubah Kata pengantar dan BAB I ke styles Heading H1.

Letakkan kursor anda di awal tulisan "kata pengantar" lalu pada menu styles pilih "heading h1" seperti gambar dibawah

gambar cara bikin daftar isi otomatis

berikutnya BAB I, sama halnya dengan kata pengantar, seperti yang saya jelaskan di atas, BAB diganti ke Heading H1. Biasanya penulisan BAB I di atas kata Pendahuluan. Jika demikian, sejajarkan terlebih dahulu kata "Pendahuluan" dengan BAB I, lalu ganti ke Heading H1, seperti gambar dibawah.

gambar 2 cara bikin daftar isi otomatis

Bagian/sub dari BAB, misalnya disini "Latar belakang", letakkan kursor di belakang kata sub bab dan ubah ke heading H2

gambar 3 cara bikin daftar isi otomatis

Nah setelah selesai mengubah styles tadi sampai ke BAB Penutup selanjutnya letakkan kursor anda ke halaman kosong yang akan anda buat sebagai daftar isi. kalau tidak salah terletak di bawah kata pengantar. Klik menu "references" lalu "tabel of content" dan pilih "automatic table 1".

gambar daftar isi otomatis

Selanjutnya daftar isi otomatis anda telah selesai dibuat. Nah, kata "contents silahkan ganti dengan "daftar isi". lalu ubah ke heading h1.

Kelebihan membuat daftar isi otomatis ini adalah selain lebih rapi, anda tidak akan kesulitan berpindah ke halaman yang diinginkan. Nah untuk pindah ke halaman yang dituju (misal : BAB II) caranya klik tombol "CTRL" tahan, dan pada saat kursor berubah menjadi icon tangan tinggal klik, maka anda akan langsung menuju halaman BAB II.

gambar cara buat daftar isi otomatis

Demikianlah tulisan tentang cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word 2007 ini, semoga bermanfaat dan menambah ilmu baru bagi pembaca. Biasakanlah menghargai kreatifitas orang lain.
Saya memang tidak pandai menulis. walaupun kalimat yang saya tulis amburadul, mohon jika mengcopas artikel ini, tolong tampilkan link sumber, Terima kasih