Operator Sekolah: Keunggulan Membuat SKHUS Dengan Mail Merge

Keunggulan Membuat SKHUS Dengan Mail Merge

Membuat surat keterangan hasil Ujian sementara (SKHUS) dengan Mail Merge apakah bisa ? karena biasanya fasilitas maillings (mail merge) yang ada di microsoft word ini kan digunakan dalam pembuatan undangan beserta amplopnya. Nah, ternyata mail merge juga bisa digunakan untuk dokumen lain yang sifatnya untuk data yang sama, namun tujuannya berbeda. Oleh karena itu, fitur ini sangat cocok bila kita gunakan dalam membuat SKHUS. Ya kita tahu kalau saat ini sekolah-sekolah pasti sedang sibuk mempersiapkannya untuk peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Keuntungan membuat SKHUS dengan Mail Merge ini tentunya akan cukup membantu terhindar dari kesalahan data yang kita entri. Nah yang lebih utama ialah proses pencetakan dokumen SKHUN cepat, terutama sekolah yang jumlah peserta didik nya banyak. Sebenarnya ilmu dan ide ini diajarkan oleh kepala sekolah saya yang sudah berpengalaman. Baiklah bagi bapak/ibu guru yang ingin mencobanya silahkan langsung ikuti panduan di bawah ini

Untuk mempermudah anda disini saya sudah menyiapkan 2 file yang akan digunakan dalam membuat SKHUS sekolah anda, yang mana 1 file dalam format excel sebagai database yang berisi data peserta didik dan nilai-nilainya. Sedangkan data yang kedua adalah dokumen word yang sudah saya setting mail merge dengan data base excel. Jadi nantinya anda tinggal menyesuaikan dengan data sekolah anda melalui database excel.

Download Aplikasi Cetak SHUN Sementara 2016

Pertama Download Database dan format SKHUSnya DISINI.

Setelah berhasil di download silahkan extract file tersebut sehingga berbentuk folder.

Selanjutnya buka file excel sebagai database. Silahkan ganti terlebih dahulu dengan data sekolah anda. setelah selesai simpan data excel tersebut dan close. kemudian buka file Word sebagai format SKHUS. Jika ada panel terbuka, klik tombol Yes seperti di bawah

data mail merge

Nah selanjutnya, and aakan diminta memasukkan data source sebagai database. Masukkan data excel yang tadi sudah anda edit, kemudian klik "Open" seperti penampakan gambar di bawah ini

gambar database excel

Sekarang format SKHUS mail merge sudah terbuka di word. Adapun untuk mencetak SKHUS, gunakan fasilitas mail merge dengan cara pilih menu "maillings" lalu klik "finish merge" dan pilih "Print Document". Untuk memilih halaman mana yang akan kita cetak, pada panel merge to printer klik from isi angka recepient mulai dan akhir. Nah untuk melihatnya arahkan kursor anda ke menu "preview result".

gambar Membuat SKHUS Dengan Mail Merge gambar cetak SKHUS Dengan Mail Merge gambar print SKHUS Dengan Mail Merge

Bagaimana Mudah kan ? nah saya berharap semoga saja panduan bisa mudah dimengerti, tapi tidak usah khawatir, karena anda juga bisa membuat SKHUS menggunakan Aplikasi, Bagi yang membutuhkannya silahkan Download Aplikasi SKHUS 2015

Nah berikutnya..............

Langkah Awal Membuat Mail Marge Di Microsoft Word

Adapun bagi anda yang ingin belajar bagaimana membuat mail merge, berikut saya berikan panduan proses mail merge dari awal, agar nantinya anda bisa membuat mail merge sendiri untuk kebutuhan lainnya.

Yang pertama kali harus anda siapkan tentunya format dokumen mail marge (word) dan database (excel). Setelah semuanya siap, barulah bisa kita membuat mail merge, sebagai contoh kita akan membuat amplop dinas dengan mail merge dan mencetaknya.

Buka document word yang sudah disetting dalam bentuk amplop. selanjutnya pada laman word, klik
1. "maillings", star mail merge, kemudian "step by step mail mereg wizard" seperti gambar di bawah

gambar cara membuat mail merge

2. Arahkan kursor anda ke kanan bawah tepatnya di "next starting document", select recipients, pada step ke 3 masukkan file database anda seperti yang saya jelaskan pada langkah sebelumnya "Pilih database excel".

3. Setelah database mail merge dibuka, pada menu mailling pilih "edit recipients list" untuk melihat kode data source. yang nanti akan kita insert ke amplop sebagai nama penerima amplop.Nah seperti yang anda lihat di bawah kode "F2" berisi database nama penerima amplop.

4. Untuk mulai memasukkan database penerima amplop, arahkan kursor anda ke laman "kepada yth bapak/ibu" seperti gambar di bawah . Selanjutnya klik menu Insert merge field dan pilih kode merge "F2"

5. Jika nama penerima amplop belum muncul, klik menu "priview result" dan klik icon panah recipient list. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan pembaca. JIka ingin mencetaknya ikuti saja langka-langkag yang sudah saya tulis sebelumnya. Terima Kasih

2 Responses to "Keunggulan Membuat SKHUS Dengan Mail Merge"

  1. blog butut...kok linknya selalu gak ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, silahakan dilihat video tutorialnya :)

      Delete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.