Operator Sekolah: Inilah Penyebab Dan Cara Agar PC Tidak Lemot

Inilah Penyebab Dan Cara Agar PC Tidak Lemot

Jika kerja PC/Komputer Lemot tentunya akan membuat kenyamanan seseorang ketika bekerja berkurang. Terutama disaat pekerjaan menumpuk sementara harus diselesaikan tepat waktu. Oleh karena itu, merawat PC anda secara berkala merupakan salah satu cara agar PC anda tetap punya stamina dan speed yang berkinerja Tinggi. Sama halnya dengan Mobil dan motor, PC juga butuh perhatian dan servis yang memuaskan. Pembahasan kali ini, saya akan berbagi pengalaman cara agar PC anda bisa bekerja dengan cepat alias tidak lemot.

Adapun penyebab utama mengapa pc tiba-tiba lemot atau sering hang sebenarnya itu karena faktor malas seseorang. Walaupun demikian bisa dikarenakan kekurangtahuan si pengguna dalam hal merawat PC. Yang perlu anda ketahui, bahwa komputer lemot disebabkan oleh beberapa faktor seperti Virus, Jarang melakukan clean up browser dan system, terlalu banyak program yang tidak berguna, menggunakan tampilan desktop slide show dan sebagainya.

Agar PC anda tetap dalam kondisi yang baik (tidak lemot) dan tidak sakit-sakitan, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan, yaitu

1. Bersihkan Riwayat, cache Browser Internet Anda Secara berkala

Jika anda sering Internetan, maka membersihkan browsur secara berkala sangat dianjurkan. Ini untuk menghindari penumpukan file sampah yang berlebihan. Jika dibiarkan saja, maka bersiaplah untuk menggunakan PC lemot. Oleh karena itu, pastikan anda melakukannya secara berkala. Bagi anda yang belum tahu caranya, bisa mengikuti langkah-langkah cara membersihkan riwayat di browser google chrome.

Buka browsur internet anda, tekan tombol keyboard "CTRL+H". selanjutnya klik "clear browsing data". lalu pilih "the beginning of time", contreng data-data penelusuran yang akan dihapus, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah

gambar 2 cara hapus data Riwayat, cache Browser gambar cara hapus Riwayat, cache Browser

2. Bersihkan Disk Drive PC secara berkala

Banyak data-data sampah tidak berguna yang tersimpan di riwayat disk drive komputer anda seperti riwayat program download, temporary Internet file, recycle bin, tumbnail, sistem error dan lainnya. Untuk itulah anda perlu melakukan clean up disk pc anda secara berkala. Biasanya PC yang tidak pernah di clean up sering hang dan kerjanya makin lemot. Yang paling parah lama kelamaan rusak karena kelebihan beban memory.

Jika belum tahu cara membersihkan disk drive PC anda. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah.

Klik menu "star", pada kota "search program and files" ketikkan "disk cleanup" lalu tekan tombol enter. Pada tab baru yang muncul pilih drive yang akan di bersihkan (misal : D) lalu tekan tombol OK. Seperti gambar di bawah

gambar cara membersihkan drive PC gambar 2 cara membersihkan drive PC

Selanjutnya, tunggu proses scanning file sampai muncul tab clean up system file. Pilih file sampah yang akan anda delete, seperti gambar di bawah lalu tekan tombol ok. Nah jika ingin menghapus drive lain tinggal ulangi langkah-langkahnya dari awal.

gambar 3 cara cleanup PC

3. Lakukan Disk Defragmenter Komputer

Fungsi dari Program defragmenter ini adalah menjaga kesetabilan kinerja komputer anda, karena dengan program ini system error yang ada di PC anda akan di fix, baik itu hardisk dan juga program lainnya. Sudah tahu caranya ? Nah bagi yang belum tahu ikuti panduannya di bawah ini !

Sama halnya dengan cara cleanup Drive PC anda, ketikkan disk defragmenter di kotk search lalu tekan enter. selanjutnya pilih disk yang akan di defrag lalu klik "Defragment Disk". Biasanya bila PC yang belum pernah di defragment akan memakan waktu cukup lama, jadi tunggulah sampai selesai.

gambar cara defragment PC

4. Biasakan Menyimpan File Di Disk D

Jika biasanya anda menyimpan file di Disk C, maka ubahlah cara tersebut dan simpanlah file anda ke Drive D, karena dengan cara inilah PC anda akan bekerja lebih cepat. Disk C memiliki RAM yang lebih kecil dibandingkan D, jadi semakin banyak file menumpuk di C, maka Bertambah pula kelemotan PC anda.

5. Hapus Program Yang Tidak bermanfaat

Terlalu banyak program di PC juga akan berpengaruh dengan kecepatan PC anda. Jadi, saran saya Uninstall saja program yang tidak berguna agar nantinya tidak menambah beban di RAM PC anda. Untuk cara menghapus program PC, saya yakin anda pasti sudah tahu kan ? karena sangatlah mudah.

6. Gunakan Anti Virus Microsoft Essential

Salah satu cara agar PC anda tidak lemot ialah menggunakan Anti virus yang ringan dalam artian tidak akan menghabiskan banyak memory PC anda. Alternatif yang sampai sekarang masih saya gunakan ialah anti virus Microsoft essentials. Nah bagi anda yang ingin mencobanya silahkan download di website resmi microsoft essentials. Namun bagi anda yang masih ragu dengan keamanannya silahkan saja downlaod anti virus lainnya seperti AVG, AVIRA dan sebagainya.