Operator Sekolah: Mengenal Fungsi Tombol Ctrl dan Windows Keyboard Komputer

Mengenal Fungsi Tombol Ctrl dan Windows Keyboard Komputer

Jika kita memahami fungsi-fungsi dari keyboard komputer, maka kita akan dengan mudah mengontrol semua akses yang ada di komputer tersebut termasuk memberi perintah sesuai keinginan. Oleh karena itu, tulisan kali ini bertujuan agar kita sedikit mengerti beberapa tips-tips rahasia atau jalan pintas yang bisa digunakan pada tombol keyboard komputer anda.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kita pelajari bersama melalui tulisan di bawah. Nah yang pertama kita mulai dengan menggunakan fungsi tombol CTRL pada keyboard komputer anda, caranya lihat gambar di bawah dan praktikkan langsung ke komputer anda.

gambar fungsi tombol CTRL keyboard komputer

Baca juga artikel tentang Fungsi TOmbol CTRL+ALT+DEL

Baiklah untuk pemahaman yang kedua kita akan menggunakan Tombol windows sebagai cara pintas atau cepat. Sudah tahu dimana letak "tombol Windows berada ?" Tidak perlu bingung , karena saya akan memandu anda dengan tulisan beserta gambar petunjuk, jadi akan lebih mudah dipahami.

1. Mengunci Komputer secara otomatis.
Tips berikut ini bisa anda gunakan ketika sedang buru-buru ingin meninggalkan komputer anda, misalnya saja ada keperluan penting dan tidak sempat mematikan komputer anda, lalu apabila anda takut pc anda dibuka orang lain anda bisa menekan tombol windows + L agar komputer anda terkunci secara otomatis. Untuk membukanya tinggal mengklik smart locked atau bila sudah di password masukkan dengan password yang telah anda buat. Lihat gambar dibawah !

gambar fungsi tombol windows + L

2. Membuka wondows explore drive dengan cepat.
Ketika akan mencari tempat file yang tersimpan di folder/drive D ata C anda tidak perlu repot atau mengklik kanan star windows, karena cara pintas ini lebih praktis digunakan. Caranya cukup klik tombol windows + E lalu akan terbuka drive C atau D. Untuk lebih jelasnya silahkan dicoba sendiri.

gambar fungsi tombol windows + E

3. Kembali ke Menu Desktop Dengan Cepat.
Ketika anda bermain Game di Komputer, biasanya anda sedikit bingung bagaimana cara cepat untuk menutupnya atau sedang ada program lain yang akan dibuka. Tidak perlu repot mencari caranya karena anda tinggal mengklik tombol windows + D dan seketika akan kembali ke layar utama komputer anda. tips ini juga bisa digunakan pada saat anda tidak ingin diketahui apa yang sedang anda buka oleh teman anda.

gambar fungsi tombol windows+D

4. Membuka halaman lain dengan mudah.
Bingung terlalu banyak halaman yang dibuka ? dan kesulitan ketika ingin berpindah ke halaman yang anda inginkan ? tidak perlu repot, karena ada cara mudah ketika ingin memilih halaman yang sedang dibuka, namun malas menelusurinya satu persatu. Caranya tekan tombol Windows lalu tahan, maka layar anda akan berubah menjadi 3 dimensi, selanjutnya klik tombol tab untuk memilih halaman lain.

gambar fungsi tombol windows+tab

Demikianlah tulisan tentang beberapa fungsi tombol CTRL dan Windows pada keyboard komputer yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini, semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf saya tidak bermaksud mengajari hanya sekedar berbagi. Terima kasih.