Operator Sekolah: Mencegah Akun Facebook Dan Email Gmail Di Hack

Mencegah Akun Facebook Dan Email Gmail Di Hack

Jika anda curiga dan takut akun Facebook dan Email Gmail dibajak atau di hacked oleh orang lain, maka anda perlu mengetahui cara mengeceknya agar mencegah terjadinya pembobolan akun dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Media sosial seperti fb memang menjadi target incaran hacker terutama kalau akun tersebut memiliki banyak teman.

Selain Yahoo, Gmail pun kini telah banyak digunakan untuk mendaftar di media sosial seperti fb, twitter pinterest sebagai email utama. Jadi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak anda inginkan dikemudian hari seperti terkena Hack, maka cara yang paling penting adalah membuat password/kata sandi rumit dalam artian menggunakan karakter angka dengan tambahan huruf kecil dan besar.

Adapun untuk mencegah akun facebook dan gmail di bajak/dihack. Lakukan pengecekkan secara berkala. Nah, untuk mempermudah pembaca, berikut ini tulisan yang menjelaskan cara mengecek apakah ada orang yang sedang membobol akun anda dan tips mencegahnya.

Pertama pastikan anda telah masuk ke akun facebook anda. Lalu arahkan kursor anda ke icon panah sebelah kanan atas laman facebook. Kemudian pilih "pengaturan" seperti gambar dibawah

gambar pengaturan fb

Selanjutnya, Pilih "pengaturan keamanan". kemudian pada pengaturan peringatan masuk, klik "sunting". Centanglah 3 setingan penting keamanan tersebut yaitu Pemberitahuan facebook, email, dan sms kemudian klik tombol "simpan" agar perubahan berhasil.

gambar pengaturan keamanan akun fb

Langkah berikutnya mengetahui orang yang mencoba membobol akun facebook anda. Masih di pengaturan keamanan, arahkan kursor anda ke halaman bawah "tempat anda Masuk" lalu klik "sunting".

gambar cara cek akun fb di hack

Jika anda merasa tidak pernah masuk menggunakan jenis perangkat dan lokasinya berbeda seperti keterangan gambar diatas, ini berarti ada aktivitas yang perlu dicurigai pada akun fb anda atau ada orang yang mencoba membobol akun fb anda. Untuk mencegah hal tersebut, klik "hentikan aktivitas" lalu gantilah kata sandi fb anda agar pengguna tidak bisa masuk lagi ke akun anda.

Sekarang kita akan mencegah terjadinya pembobolan akun Gmail. Masuklah ke akun gmail menggunakan email dan password milik anda. Pada halaman kotak masuk, arahkan kursor anda ke teks "detail" letaknya di sebelah kanan laman.

gambar cara cek akun gmail di hack orang

Pada jendela baru gmail yang muncul anda akan melihat aktivitas masuk ke akun anda. Sama dengan Akun FB tadi, jika ada aktifitas yang mencurigakan, klik tombol "keluar dari semua sesi web lainnya" lalu ganti password gmail anda dengan kata sandi yang rumit seperti yang sudah saya jelasakan pada paragraf sebelumnya.

gambar cara Mencegah Akun Facebook Dan Email Gmail Di Hack

Itulah tulisan singkat tentang cara mengetahui serta mencegah akun facebook dan gmail anda agar tidak di hack orang. Saya berharap apa yang saya tuliskan di atas bermanfaat dan juga mudah dipahami oleh para pembaca sekalian. Terima kasih atas responnya dan apabila artikel ini bermanfaat silahkan share juga ke rekan-rekan yang lain.