Operator Sekolah: Tips Sebelum Membeli dan Mengganti Domain Blog

Tips Sebelum Membeli dan Mengganti Domain Blog

Beli Domain blog Atau Tidak ? Ini mungkin pertanyaan yang terlihat konyol bagi anda yang tidak mengerti maksudnya. Biasanya seseorang yang baru saja memulai ngeblog akan sangat bingung memikirkan yang namanya domain. Banyak sekali faktor-faktor yang bisa membuat mereka bingung terutama dikarenakan banyaknya pendapat yang berbeda di kalangan blogger. Oleh karena itu, jawaban yang paling bagus menurut pengalaman pribadi saya adalah membeli domain sebelum membuat blog.

Jika anda memahami kalimat "membeli domain sebelum membuat blog", maka saya pastikan anda akan paham maksudnya dan mengerti mengapa banyak para pakar blogger yang sudah sukses selalu mengatakan agar sebelum melangkah seorang blogger itu harus memikirkan apa yang akan terjadi nantinya. Belum paham maksud saya ? sama saya juga hahahaha>

Membeli domain setelah membuat blog sama artinya dengan anda membuat blog baru apabila Blog tersebut telah lama dibuat. Artinya jika anda mengganti custom blogspot situs anda ke top level domain (tld), maka pengoptimalan SEO yang anda lakukan selama ini akan dihapus dari mesin pencari dalam artian blog anda dianggap baru dibuat dan jika biasanya banyak yang mengunjungi blog anda, maka bersiaplah untuk kehilangan mereka dalam waktu yang tidak ditentukan.

Untuk itulah sebelum berfikir akan mengganti custom blogspot ke domain baru, anda harus memikirkan dampak yang terjadi setelah berganti domain. Walaupun beberapa pendapat mengatakan bahwa dampaknya tidak begitu buruk karena kita bisa mengoptimalkannya ulang seperti submit sitemap ulang, fetch as, ping blog dan sebagainya, namun menurut saya hal tersebut harus anda pertimbangkan lagi agar nantinya tidak ada penyesalan.

Sebagai contoh, blog teman saya yang telah berumur 3 tahun, tiba-tiba dia mengganti domainnya dan pada akhirnya apa yang terjadi ? tanpa sebab yang jelas blog yang sudah memiliki ratusan visitor itu hilang dari pencarian google. Padahal sebelumnya pemiliknya telah melakukan pengoptimalan ulang seperti yang saya jelaskan diatas.

Sebenarnya saya sendiri tidak mengerti mengapa google melakukan deindex pada blog tersebut yang jelas SEO adalah rahasia mesin pencari, jadi apabila ada pertanyaan seperti ini ( beli domain atau tidak ya ? atau ganti domain atau tidak ya ? ), maka dibawah ini ada beberapa tips sebelum mengganti atau membeli domain blog yang benar.

1. Usahakan Anda telah memiliki judul blog dan url domain blog yang relevan dengan keyword target sebelum membuat blog.

2. Dahulukan menentukan niche blog baru membeli domain

3. Belilah domain blog pada perusahaan terpercaya (misalnya : idwebhost, hostgator dan lainnya)

4. Jika anda memiliki blog lama, saya sarankan domain yang diganti adalah khusus untuk blog baru

5. Setelah berganti domain, jangan pernah mengganti template baru sebelum terindek normal di mesin pencari

6. Rajinlah update artikel segar, kirim sitemap, ping blog, fetch as, promosi sosial media dan backlink seperlunya saja.

Demikianlah tips sederhana dari saya terkait dengan membeli dan menganti domain blog anda. Sebelumnya penulis mohon maaf apabila ada penjelasan yang kurang dipahami atau tidak sependapat dengan anda. Anda boleh memberikan kritik dan saran kepada saya melalui komentar. Akhir kata sekian dan terima kasih telah membacanya.

0 Response to "Tips Sebelum Membeli dan Mengganti Domain Blog"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.