Operator Sekolah: Manfaatkan Lingkungan Sebagai Usaha Sampingan

Manfaatkan Lingkungan Sebagai Usaha Sampingan

Peluang usaha sampingan bisa kita dapatkan dari peluang yang ada disekitar kita, sebagai contoh bila disekitar kita banyak kayu maka kita bisa mengolah kayu tersebut menjadi barang atau hiasan yang bernilai tinggi. Selain itu, bisa juga dari kota tempat kita tinggal kita, sebagai contoh peluang usaha sampingan di kota Malang. Malang adalah sebuah kota yang berhawa sejuk dan banyak sekali ditumbuhi dengan tanaman buah apel dan terletak tidak jauh dari kota Surabaya, salah satu kota terbesar di Indonesia selain Jakarta dan Medan.

Peluang usaha sampingan Malang bisa berupa buah apel, apalagi siapa yang tidak kenal buah apel asal Malang ini. Semua orang sudah mengenal buah apel Malang bahkan bukan hanya Indonesia tetapi dunia, bahkan buah apel dari Malang ini bisa disejajarkan dengan buah apel asal Amerika. Berbahan pokok buah apel, kita bisa menciptakan berbagai peluang usaha bisa berupa air atau juice apel, manisan apel atau banyak sekali peluang usaha makanan dan makanan ringan dari buah apel ini.

gambar analisis lingkungan sebagai peluang usaha

Menjalankan usaha tersebut memang tidak mudah dan tentu saja dibutuhkan pula kreativitas dan kejelian kita untuk melihat peluang usaha yang belum ada atau yang udah ada tetapi belum maksimal dikerjakan oleh orang lain. Mungkin ada yang berpikir buah apel Malang sudah sangat terkenal, berarti sudah banyak dong orang yang memanfaatin buah apel ini untuk menjadi bahan pokok usaha makanan dan makanan ringan.

Memang benar buah apel Malang ini telah banyak dijadikan bahan pokok untuk bisnis makanan dan makanan ringan, tetapi bila kita mau jeli mengamati, belajar, dan berusaha kreatif maka kita akan menemukan carauntuk memanfaatkan buah apel Malang ini menjadi produk makanan. Hal ini bisa kita ambil contoh ayam, bila kita datang ke restoran atau rumah makan makan kita akan menemukan dengan bahan ayam bisa menjadi ayam goreng atau ayam bakar, padahal selain itu masih banyak masakan yang bisa kita buat berbahan dasar ayam seperti burger ayam, sop ayam, ayam masak bumbu mentega, ayam asam manis, dan masih banyak jenis masakan berbahan dasar ayam.

Begitu pula dengan buah apel Malang yang dibutuhkan hanya ketelitian melihat peluang, mau belajar, dan kreatifitas. Selain itu Malang bukan hanya memiliki buah apel, bisa saja banyak hal lain yang ada di Malang dapat digunakan sebagai bahan untuk usaha sampingan. Karena sebagai kota yang berhawa sejuk sehingga cocok untuk tempat berkebun atau tanaman lainnya, tetapi dari segi jarak yang tidak terlalu jauh dari Surabaya tentu memberikan peluang usaha sampingan yang dapat digali dari kota Malang ini.

Untuk mendapatkan peluang usaha sampingan hanya dibutuhkan ketelitian, kreatifitas, dan kemauan untuk belajar. Kesuksesan bisa diraih seseorang apabila selalu mau berfikir maju ke depan dan siap menanggung resiko atas kegagalan yang diterima. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan lingkungan sekitar sebagai peluang usaha sampingan. Terima kasih

0 Response to "Manfaatkan Lingkungan Sebagai Usaha Sampingan "

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.