Operator Sekolah: Ide Peluang Usaha Sampingan Buruh Pabrik

Ide Peluang Usaha Sampingan Buruh Pabrik

Menjadi buruh pabrik tentu bukan cita-cita setiap orang, tetapi terkadang banyak sekali faktor yang harus dihadapi sehingga seseorang menjadi buruh pabrik. Faktor-faktor tersebut bisa berupa pendidikan yang hanya mengenyam paling tinggi SMA bahkan ada yang lebih rendah, sulitnya menembus persaingan kerja sehingga lowongan pekerjaan yang terbuka adalah menjadi buruh pabrik, dan masih banyak faktor lainnya.

Jika anda menjadikan buruh pabrik sebagai sampingan tentu saja akan menghadapi berbagai masalah seperti gaji yang tidak mencukupi dan kemungkinan tidak PHK (pemutusan hubungan kerja) karena kontrak sudah habis. Saat ini di setiap posisi perusahaan bukan hanya buruh pabrik tetapi hingga level direktur, sistem yang digunakan adalah kontrak.

Untuk level menejer ke atas hingga direktur sistem kontrak ini tentu menguntungkan karena mereka memiliki tingkat pendidikan, pengalaman yang dapat dijadikan posisi tawar mereka untuk mendapatkan gaji yang lebih baik, tetapi untuk level buruh pabrik dimana tingkat pendidikan dan pengalaman yang lebih rendah tentu sistem kontrak akan membuat mereka kesulitan, posisi tawar mereka hanya pada kesetian dan bekerja keras dan rajin saja.

gambar buruh pabrik

Dari segi gaji pun pada umumnya buruh pabrik, digaji dengan angka yang sesuai UMR (upah minimum regional) atau lebih tinggi sedikit dari UMR. Mereka tidak bisa menuntut gaji lebih tinggi lagi karena tinggi atau rendahnya gaji ditentukan dari kinerja dan keahlian bukan tuntutan, hal ini tentu saja membuat buruh pabrik susah apalagi bila sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Untuk buruh pabrik yang telah berkeluarga dan memiliki anak gaji sebesar UMR tentu sangat menyulitkan walaupun pasangan suami istri bekerja, sebab bagaimana pun besarnya gaji yang mereka terima tidak akan sebesar kenaikan kebutuhan hidup, maka tidak heran bila para buruh pabrik banyak yang mencari peluang usaha sampingan, yang tentu saja peluang usaha sampingan ini, diharapkan dapat menambah penghasilan pokok mereka tetapi tidak mengganggu pekerjaan pokok mereka.

Buruh pabrik biasanya mencari peluang usaha sampingan dengan modal yang kecil, dapat dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama, dan mudah untuk dikerjakan dan dijalankan. Modal kecil menjadi pertimbangan utama dalam mencari peluang usaha sampingan karena penghasilan buruh pabrik pun kecil.

Dapat dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama, menjadi pertimbangan berikutnya karena buruh pabrik pada umumnya lebih mementingkan keamanan keluarganya, mereka takut bila dipecat dan apalagi usaha sampingan mereka belum menghasilkan ini akan menjadi masalah besar.

Peluang usaha sampingan mudah dikerjakan, karena para buruh pabrik secara pendidikan tidaklah tinggi. Tentu akan kesulitan bila usaha sampingan sangat rinci dan sulit dikerjakan, namun semakin mudah peluang usaha sampingan itu dikerjakan maka semakin semangat buruh pabrik mengerjakannya. Sekian dan terima kasih telah membacanya.

0 Response to "Ide Peluang Usaha Sampingan Buruh Pabrik"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.