Operator Sekolah: Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM

Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM

UKM atau kita kenal sebagai usaha kecil dan menengah merupakan salah satu usaha atau bisnis yang banyak sekali saat ini di Indonesia, bisnis yang termasuk jenis kecil dan menengah bermacam-macam bidang usahanya. Mulai dari pedagang hingga pemilik pabrik dengan produksi yang bermacam-macam mulai yang mudah hingga sulit. Menurut peraturan pemerintah yang disebut bisnis ukm atau usaha ukm adalah bisnis yang memiliki pendapatan pertahun 1 milyar rupiah atau dengan karyawan paling banyak 100 orang.

Pada umumnya bisnis ukm masih berskala kecil dan masih berantakan baik dari segi marketing, keuangan, maupun sumber daya manusianya. Namun tentu saja hal tersebut sesuatu yang wajar karena pada umumnya usaha ukm merupakan usaha yang merupakan cikal bakal usaha besar bila berhasil melewati berbagai masalah yang menghadang.

gambar bisnis ukm

Sebenarnya masalah yang dihadapi oleh pengusaha ukm sangatlah banyak bahkan yang lebih memprihatinkan pemerintah jarang mau langsung turun tangan. Padahal usaha ukm ini merupakan salah satu usaha yang paling banyak bertahan ketika krisis moneter terjadi di Indonesia pada tahun 1998, yang membuat Indonesia mengalami masalah ekonomi yang besar dan membuat banyak perusahaan yang tutup, namun tidak dengan perusahaan ukm mereka kuat bertahan bahkan makin berkembang dengan baik, dan menyumbangkan banyak sekali lapangan pekerjan pada saat itu. Tetapi sayang pemerintah masih kurang memberikan perhatian pada usaha ukm ini, karena mereka harus berjuang sendiri terutama untuk masalah pemasaran produk-produk mereka. Mereka harus berjuang memutar otak bagaimana membuat barang-barang mereka laku di pasaran.

Entah mengapa mereka tidak berpikir terlalu jauh, berpikir tingkat lokal atau kota mereka saja sudah pusing, apalagi memikirkan menjual usaha mereka ke tingkat propinsi, nasional, dan luar negeri pasti lebih pusing lagi, maka tidak heran tingkat berkembang usaha mereka benar-benar lambat, padahal di suatu negara dibutuhkan paling tidak 10% usaha ukm yang berhasil untuk menjadi tulang punggung negara tersebut, sehingga negara tersebut akan kuat menghadapi gejolak ekonomi, namun sayang di Indonesia justru perusahaan besar yang banyak sekali mendapatkan fasilitas yang sebenarnya tanpa fasilitas pun mereka bisa berkembang maju dengan pesat, sedangkan usaha ukm yang membutuhkan fasilitas malah sedikit sekali atau bahkan tidak mendapatkan fasilitas sama sekali.

Disetiap ada masalah tetap saja ada sisi baik dari masalah tersebut, karena tidak ada campur tangan pemerintah maka para pelaku ukm kita sangat kuat mereka berusaha dengan berbagai cara untuk berkembang. Syukurlah saat ini sudah ada kemajuan teknologi internet yang sangat membantu para pelaku ukm ini untuk memasarkan produk mereka bukan saja tingkat propinsi tetapi justru bisa hingga tingkat dunia.

Semua itu dapat dilakukan dengan adanya teknologi internet dan ilmu internet marketing. Internet marketing adalah ilmu pemasaran yang menggunakan saran teknologi internet untuk membantunya.

Sebenarnya internet marketing tidak berbeda dengan ilmu pemasaran pada umumnya, yang membedakan hanya pada penggunaanya. Internet marketing kebanyak dipergunakan dengan menggunakan sarana internet, seperti menjual melalui facebook, website, twitter, ataupun black berry. Dengan alat-alat tersebut mereka dapat menjangkau konsumen bukan saja di tingkat lokal kota mereka sendiri tetapi hingga ke tingkat dunia bisa mereka capai, tentu saja asalkan kita mengetahui bagaimana caranya agar internet marketing untuk pemasaran produk ukm bisa menjangkau konsumen hingga tingkat nasional dan mancanegara.

1 Response to "Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM"

  1. Ada banyak sekali type internet marketing, khususnya yang berhubungan dengan pemasaran yang ingin digunakan. Untuk target market yang lebih spesifik, saat ini banyak model periklanan yang bisa dicoba, seperti sosial media, pay per click, artikle review, dan lain sebagainya. Dari beberapa pemodelan iklan seperti itu, Anda bebas untuk memilih, dan review, kira kira mana yang paling bagus memberikan profit untuk usaha Anda.

    ReplyDelete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.