Operator Sekolah: Internet Marketing Di Indonesia

Internet Marketing Di Indonesia

Internet marketing di Indonesia sebenarnya belum lama baru sekitar tahun 2000 kita mulai mengenal internet marketing, dan boomingnya tahun 2003/2004 saat seorang warga negara Indonesia asal Bandung, Anne Ahira bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia internasional melalui internet marketing. Dari situ mulailah internet marketing di kenal di Indonesia mulai banyak orang belajar internet marketing.

Pada awalnya mereka belajar melalui mba Anne Ahira ini dengan benderanya Asian Brain, hal ini sebenarnya tidak aneh karena pada waktu itu baru ada Asian Brain yang memberikan kursus internet marketing. Kemudian sejalannya waktu banyak tumbuh tempat belajar marketing yang lain seperti Joko Susilo, GM Susanto, Stephen Chow, dan masih banyak lagi orang yang mendirikan tempat belajar internet marketing.

gambar iklan internet marketing indonesia

Bahkan saat ini dengan mudah kita mendapatkan informasi tentang internet marketing bahkan secara gratis asalkan kita mau mencarinya di google. Sudah banyak sekali orang yang membahas tentang internet marketing mulai dari yang ringan sampai yang berat dan tentu saja dengan catatan kita rajin untuk mencarinya.

Internet marketing sebenarnya salah satu terobosan di bidang marketing, di luar negeri pengetahuan internet marketing sudah berkembang luas. Hal ini mulai berlangsung sejak internet pertama kali diperkenalkan, sejak pertama kali diperkenalkan para ahli pemasaran mulai melihat sisi positif internet marketing untuk digunakan sebagai salah satu terobosan pemasaran.

Permasalahan dari pemasaran adalah memasarkan suatu produk bukan saja dalam tingkat lokal tetapi nasional hingga mancanegara. Untuk wilayah lokal saja sebelum adanya internet cukup sulit apalagi memasarkan tingkat nasional dan mancanegara. Pada umumnya para pemasar akan bertarung memperebutkan wilayah lokal terlebih dahulu dan bila berhasil menguasai wilayah lokal, barulah mereka akan berekspansi ke wilayah lebih tinggi misal propinsi lalu nasional dan terakhir internasional. Tetapi semua itu membutuhkan waktu dan waktu yang dibutuhkan tidak sedikit untuk mencapai tingkat nasional saja bisa membutuhkan waktu puluhan tahun, apalagi bila modal uang kita sedikit bisa lebih lama lagi.

Namun berkat adanya internet maka untuk mencapai nasional dan internasional menjadi lebih mudah dan biaya yang lebih terjangkau. Yang dibutuhkan hanya komputer dan sambungan internet serta kemampuan internet marketing, disinilah peran internet marketing diperlukan. Dengan kemampuan internet marketing ini maka kemungkinan kita menjual produk kita baik barang atau jasa ke tingkat nasional atau bahkan dunia sekalipun tidaklah sulit, dengan catatan kita sudah menguasai internet marketing dengan baik.

Bila belum tentu saja lebih sulit namun tetap lebih mudah dibandingkan tanpa menggunakan internet marketing. Kemudahan dari internet marketing adalah dari segi biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan cara biasa atau konvensional. Sebagai contoh untuk memasarkan produk kita ke tingkat nasional paling tidak kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk beriklan, mulai dari iklan koran hingga televisi dan itu pasti biaya besar. Belum lagi untuk membuka cabang atau gudang ini tentu saja biaya dan apalagi kalau cerita soal karyawan dan produksi pasti banyak sekali biaya yang keluar.

Namun dengan internet marketing cukup biaya karyawan yang lebih sedikit, serta belajar ilmu marketing dan biaya produksi mempersiapkan lonjakan produksi karena pesanan yang datang begitu deras. Dan saat ini pun internet marketing di Indonesia sudah mulai dipandang oleh dunia sebagai tempat yang memiliki internet marketing yang banyak.

Demikianlah sedikit cerita mengenai Internet marketing di Indonesia. Semoga dengan pembahasan ini kita lebih tahu sedikit tentang perkembangannya. Semoga artikel ini bermanfaat, akhir kata sekian dan terima kasih telah membacanya salam sukses selalu bagi para pembaca sekalian.

0 Response to "Internet Marketing Di Indonesia"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.