Operator Sekolah: Internet Marketing And Marketing Itu Apa ?

Internet Marketing And Marketing Itu Apa ?

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu tulang punggung perusahaan, tugas dari bagian marketing tidak sekedar hanya menjual suatu produk atau membukukan laba perusahaan tetapi tugasnya lebih dari itu. Sebenarnya bagian marketing bukan hanya ditugaskan untuk membukukan laba dengan menjual produk perusahaan tersebut, tetapi justru seorang marketer atau ahli pemasaran harus menjadi duta bagi perusahan itu. Bagian marketing berbeda dengan bagian keuangan, sumber daya manusia, dan produksi, yang hubungan kerjanya terbesar pada orang kantor. Marketing justru hubungan terbesar dengan orang-orang di luar kantor maka tidak heran bila seorang marketer yang jago akan membawa diri karena mereka sadar sebagai duta perusahaan dan membawa nama besar serta citra perusahaan.

gambar internet marketing

Bahkan suatu proyek besar terjadi bukan karena kita menawarkan produk kita, tetapi justru karena pertemanan. Contoh misal kita mengenal si A merupakan marketing perusahaan pembuatan kasur dan kita adalah pemilik sebuah hotel, tentu saja kita akan memesan kasur atua mungkin yang lain melalui si A padahal si A tidak pernah menawarkan produk perusahaan ke kita.

Hal ini dapat terjadi karena kita lebih tahu soal perusahaan tempat si A bekerja, baik kualitas maupun segala hal yang dapat membantu memuluskan kerja sama tersebut. Dan hal ini terjadi juga karena A sadar bahwa bagaimanapun di adalah duta bagi perusahaan tempat dia bekerja sehingga secara tidak langsung dia mengangkat nama perusahaan atau bahasa kerennya branding perusahaan tersebut.

Branding bisa dilakukan dengan berbagai cara dan itu salah satunya, bisa mengadakan suatu acara yang tidak berhubungan tetapi membawa nama perusahaan. Maka dari itu kita tidak bisa memandang seorang marketer hanya sebagai sapi perah untuk meningkatkan laba perusahaan tetapi juga memastikan laba akan tetap masuk ke perusahaan tersebut dan akan lebih baik lagi naik setiap waktu bisa bulan ataupun tahun.

Bahkan tugasnya pun ditambah dengan memastikan bahwa perusahaan tersebut dapat laba bukan dari satu produk dan dari satu teknik penjualan tetapi dari berbagai teknik seperti iklan koran, atau teknik yang lain.

Berat sekali tugas seorang marketer ya, untung saja saat ini tugas tersebut dapat sedikit dikurangi karena adanya teknologi internet yang membuat suatu tugas marketer sedikit mudah dilakukan.

Dengan adanya internet lahirlah teknik atau sumber pemasaran baru yang disebut internet marketing. Internet marketing sebenarnya adalah marketing juga hanya menggunakan internet sebagai ladangnya, karena menggunakan internet maka tentu saja butuh sedikit penyesuaian dari teknik marketingnya.

Salah satu teknik penyesuaiannya adalah menggunakan tulisan dan gambar sebagai media marketingnya, tetapi tetap diingat internet marketing sama juga dengan marketing yang kita kenal saat ini hanya medianya saja berbeda.

Bahkan ada yang bilang internet marketing menjadi sebuah terobosan yang baik untuk seorang marketer, karena dengan adanya internet marketing dan di daya gunakan secara baik maka pemasaran suatau produk sudah tidak mengenal wilayah lagi.

Bisa saja produk tersebut di jual di sebuah desa tetapi produk tersebut dapat dijual atau dibeli oleh orang yang berasal dari luar negeri atau dari dari pulau yang lain yang jaraknya jauh sekali dari desa tersebut.

Itulah kekuatan dari marketing dan internet marketing, jadi internet marketing and marketing adalah satu dan saling mengisi. Kita tidak bisa berbicara internet marketing tanpa memasuki wilayah marketing. demikianlah untuk dapat dipahami, semoga menambah wawasan baru bagi para pembaca, akhir kata sekian dan terima kasih telah membaca artikel sederhana ini.

0 Response to "Internet Marketing And Marketing Itu Apa ?"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.