Operator Sekolah: Cara Mempercepat Hp Android Dengan Mudah

Cara Mempercepat Hp Android Dengan Mudah

Menurut saya cara paling sederhana Mempercepat kinerja Ponsel atau Hp Android anda telah banyak di share oleh para penulis blog di google. Memang Saat ini jenis Smartphone lebih banyak menggunakan sistem operasi Android. Walaupun sistem ini cukup handal dan bersahabat dengan penggunanya, tapi tetap saja ram dan romnya memiliki kapasitas yang terbatas. Selain itu, kelebihan dari android yang memiliki teknologi yang menyediakan playsstore, membuat para penggunanya lebih leluasa mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi gratis lewat appstore seperti game hingga aplikasi pendukung lainnya.

Untuk itulah HP dengan OS Android jadi ponsel pilihan utama. Hampir semua masyarakat menggunakan jenis android dan meninggalkan HP jadul jenis Nokia yang masih menggunakan Sistem Operasi Windows Phone. Perlu anda ketahui bahwa semakin Banyak aplikasi yang diunduh melalui sitem online kemungkinan Inilah yang menjadi penyebab HP android anda lambat. Hp Android memang memiliki jumlah Prosessor, RAM dan memory standar. Oleh karena itu, agar lebih optimal pengguna ponsel harus memilih smartphone Android yang baik dan berkualitas dalam artian memiliki Jumlah pengimpanan yang cukup besar.

gambar android

Lalu dengan cara apa agar Android anda bisa cepat dan lancar ? nah, berikut ini beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mempercepat kinerja hp android anda. Yuk kita pelajari sama-sama, semoga saja tips ini bisa berhasil.

1. Instal Aplikasi Seperlunya Saja

Biasanya pemilik hp android selalu ingin mendowload aplikasi terbaru yang muncul di ponselnya. Contohnya saja antivirus, Saya sarankan jangan menginstalnya lebih dari dua, karena akan menambah beban ram android anda saja. Walupun kita tau bahwa android sama seperti PC rawan dengan virus internet, tetap saja menurut saya semua tergantung si pemakai.
Contoh lainnya Aplikasi Game, ketika melihat game menarik dengan tipe yang disukai, anda langsung download dan menginstalnya, lalu apa yang terjadi ? ram bertambah, sementara game tersebut hanya beberapa hari saja anda mainkan setelah itu bosan. Saya sarankan agar menghapus game yang tidak anda sukai di hp anda. Dua aplikasi terebut hanya sebagian contoh kecil saja. Semoga anda memahami penjelasan tersebut.

2. Tidak Menutup Aplikasi Saat Sedang Digunakan

Biasanya pengguna hp yang sedang menggunakan aplikasi selalu ingin cepat menutupnya. Sehingga terkadang si pengguna lupa menutupnya, tapi telah membuka aplikasi lainnya. Untuk mengatasi masalah ini coba cek, caranya dengan menekan tombol back atau bisa juga menggunakan aplikasi bantuan agar kita tahu aplikasi mana saja yang sedang berjalan. Untuk cara menghentikannya dengan cepat, anda bisa menginstal aplikasi Task Killer di ponsel android anda.

3. Cobalah Menggunakan Memory Eksternal

Tidak semua tipe HP Android memiliki memory internal dengan kapasitas besar, Terutama jenis ponsel kelas menengah kebawah yang rata-rata hanya memiliki RAM 4GB saja. Nah, untuk menyiasatinya anda bisa menaambahkan memory Eksternal agar kapasaitas bertambah. Saran saya Gunakan microSD, karena akan berguna untuk menyimpan file-file yang bisa memberatkan memori seperti foto, video, dan aplikasi game. Tips lainnya adalah akan lebih baik apabila semua file tersebut dialokasikan di memory eksternal dan memory Internal hanya dikhususkan untuk aplikasi bawaan saja. Menurut saya cara ini dapat membantu mempertahankan kecepatan HP Android Anda.

4. Membersihkan Cache Secara Berkala

Jika sering membuka aplikasi android serta melakukan browsing serta aktivitas lainnya artinya ponsel anda akan merekam history tersebut atau disebut Log Cache. Semakin sering aktifitas android anda, maka semakin besar Cache yang tersimpan sehingga kinerja HP Android anda lama kelamaan semakin lemot. Memang Kasus seperti ini masih jarang dimengerti oleh pengguna baru ( Pemula ), oleh sebab membersihkan ( cleanup ) cache akan sangat membantu mengembalikan kecepatan hp android anda. Jika belum tau Caranya anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah :

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Lihat bagian penyimpanan/kapasitas memory
  3. Lihat tulisan kapasitas Cache, lalu Klik dan bersihkan.

Cara otomatis lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti Cache Cleaner, ini justru lebih cepat karena lebih optimal dalam pembersihan. Saran saya Lakukanlah cleanup cache secara rutin.

5. Update Firmware Secara Rutin

Setiap sistem yang dimiliki HP Android tentu saja tidak semuanya sempurna, karena pasti ada sebuah Bug yang menjadi titik kelemahan ponsel android. Sementara itu, Bug itu sebenarnya bisa ditangulangi dengan cara mengupdate Firmware secara rutin. Dengan demikian, kinerja ponsel andapun akan semakin cepat dan tidak akan sering restart.

6. Melakukan Reset HP Android Anda

Jika kelima cara diatas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah me reset HP android anda. Reset bisa dikatakan cara paling jitu, karena akan membuat HP Android anda kembali ke pengaturan awal sama seperti saat masih baru. Kelemahan cara ini adalah semua data yang tersimpan akan hilang. Ada baiknya sebelum melakukan reset ponsel android anda, saya sarankan backup terlebih dahulu data-data penting tersebut seperti foto, kontak, dan sebagainya

Itulah keenam Cara Mempercepat Hp Android anda Dengan Mudah dan menurut saya paling sederhana serta tanpa biaya. Hehehe, semoga apa yang saya sampaikan dalam tulisan ini bisa bermanfaat juga menambah pengetahuan pembaca sekalian. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih telah membacanya.

0 Response to "Cara Mempercepat Hp Android Dengan Mudah"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.