Operator Sekolah: Cara SEO Blog, Website Dan Toko Online Terbaru

Cara SEO Blog, Website Dan Toko Online Terbaru

Artikel Cara SEO Blog, Website Dan Toko Online ini hanya sekedar prediksi saya berdasarkan pengalaman yang telah diterapkan dan blog saya berhasil berada di halaman 1 Google sesuai kata kunci yang saya targetkan. Walaupun demikian, saya hanyalah seorang pemula dan masih harus banyak belajar lagi tentang ilmu SEO serta bagaimana agar situs saya nantinya dipercaya oleh mesin pencari google, bing dan lainnya.

Untuk mempelajari SEO bukanlah hal yang sulit. Terutama bagi anda yang telah lama mengelolah blog, website dan situs lainnya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan ini khusus kepada anda yang baru memulainya. Alasannya karena saya yakin cara seo yang saya tuliskan ini bukanlah hal baru bagi mereka para pakar dan ahlinya. Untuk itulah saya mohon saran dan masukkan apabila nanti ada kekurangan dan memerlukan tambahan dari master-master sekalian.

Baiklah langsung kita mulai saja topik ini. Berbicara tentang cara SEO yang saya pakai di blog ini sebenarnya sangatlah mudah namun memerlukan proses yang cukup lama serta kesabaran dalam artian jangan pernah menyerah untuk terus mencobanya sampai anda benar-benar berhasil membuat situs anda berada di page 1 halaman penelusuran.

Adapun langkah-langkah penting SEO Blog, website dan toko online tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan Topik/Niche yang akan dibahas
  2. Judul Situs
  3. Relevansi antara Judul dan Url Situs
  4. Kualitas Konten
  5. Mengoptimalkan Situs Di Webmaster Tools
  6. Media Sosial
  7. Backlink Berkualitas

7 cara SEO di atas bila di pelajari dan di praktikkan dengan benar, bertahap serta berkelanjutan akan membawa situs anda ke halaman pertama penelusuran. Anda bisa melihat screenshot di bawah ini yang menunjukkan salah satu blog saya berada di halaman pertama google.

gambar SEO Blog di nomor 1 google

Selanjutnya saya akan menjelaskan ke 7 cara SEO di atas berdasarkan pengalaman saya pribadi dan juga para pakar SEO yang turut membimbing saya.

1. Menentukan Topik/Niche yang akan dibahas

Ini adalah langkah awal SEO yang harus dilakukan sebelum anda membuat blog, website atau toko online. SEO dalam menentukan topik sebuah situs adalah hal yang penting guna menarget tentang apa yang banyak dicari pengguna Internet di mesin pencari. Jika ingin instant dan cepat berada di halaman 1 google anda bisa menggunakan jasa periklanan berbayar seperti Google Adwords.

Tapi jika ingin menggunakan cara manual, maka cukup memilih niche yang banyak dicari misalnya Kesehatan, Game, Makanan, Peluang Usaha, Bisnis Online dan lainnya. Yang perlu anda ketahui "semakin banyak orang mencari informasi tersebut, maka tingkat persaingan SEO juga semakin tinggi." Cara SEO ini cenderung membutuhkan proses yang lama, jadi harus banyak bersabar dan berdoa.

Untuk menentukan kata kunci yang banyak dicari orang anda bisa menggunakan alat gratis seperti Google Keyword Planner.

2. Judul Situs

Cara yang ke 2 ini tentunya sangat berkaitan dengan SEO situs anda. ini mendukung SEO berdasarkan niche yang anda pilih. Sebagai contoh anda memilih niche tentang Bisnis, maka buatlah judul situs anda dengan kata kunci yang banyak dicari orang dan mampu menarik minat pengguna untuk mengeliknya ( Misalnya : ( "Peluang Usaha Terbaru" ).

Kata kunci "terbaru" akan membuat para pengguna internet penasaran sehingga mereka akan melihatnya untuk memastikan apakah informasi tersebut benar-benar terbaru. Jadi buatlah judul unik, kreatif dan berbeda dari lainnya.

3. Relevansi antara Judul dan Url Situs

Url yang mengandung kata kunci relevansi dengan judul situs anda akan membantu SEO situs anda bagi mesin pencari. Robot mesin pencari akan lebih mudah merayapinya sehingga dapat mempermudah menampilkannya di laman penelusuran. Mengapa saya meminta anda membuat url yang relevansi dengan judul situs ?

Alasannya karena blog ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya setelah melakukan kesalahan Cara SEO pada url dan judul. Jadi jika anda membuat judul "Peluang Usaha Terbaru", maka url pun minimal harus mengandung kata-kata tersebut. ( misal : "Peluangusahaterbaruku.com" ) seperti gambar yang ada di paragraf ke 4 antara judul dan url memiliki relevansi yang efektif.

4. Kualitas Konten

Berbicara tentang konten, maka kualitaslah yang bisa membantu SEO situs anda berhasil. Banyak orang tidak memperhatikan konten mereka sehingga menyebabkan mesin pencari mengabaikannya. Contohnya blog saya ini, terlalu banyak topik yang saya bahas telah dibahas sebelumnya oleh blog lain.

Jadi cara SEO konten yang benar yakni dengan membuat sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi orang banyak, sehingga akan direspon dengan baik oleh mesin pencari dan situs tersebut memang layak ditempatkan ke halaman 1 penelusuran. Yang terpenting adalah tidak menjiplak hasil karya orang lain. Jika anda penulis artikel atau menjual produk di toko online anda, saya sarankan tulislah sesuai dengan kreatifitas serta fakta yang ada sehingga akan memberi warna berbeda ketika pengguna membacanya.

5. Mengoptimalkan Situs Di Webmaster Tools

Setelah menerapkan 4 cara SEO diatas barulah meminta bantuan ke Mesin pencari yakni Webmaster tools. Karena Search engine yang paling banyak digunakan orang saat ini adalah Google dan bing, maka saya hanya akan memberikan beberapa tips mengoptimalkan situs anda lewat webmaster tools kedua mesin pencari yaitu sebagai berikut :

6. Media Sosial

Jika kelima cara SEO diatas telah anda praktikkan dan belum membawa perubahan ke situs anda, maka Media sosial lah yang dapat membantu anda. Dan media sosial yang sangat saya sarankan untuk membantu SEO situs anda adalah Facebook. Namun anda harus mempelajari bagaimana cara mempromosikannya dengan benar agar berhasil mendatangkan pegunjung yang tertarget dalam artian mereka benar-benar membutuhkan informasi tersebut.

Jika anda melakukannya dengan benar, ratusan pengunjung akan berdatangan ke situs anda sehingga mesin pencari akan menganggap bahwa situs anda sangat dibutuhkan oleh pengguna internet dan Saya yakin lambat laun situs anda akan berada di halaman 1.

Adapun cara SEO yang benar dengan bantuan media sosial facebook adalah berbagi ke tempat yang tepat. Sebagai contoh anda akan menjual produk di toko online anda, nah carilah grup-grup facebook yang relevan dengan situs anda dan jangan sembarangan share situs anda ke halaman yang tidak sesuai, karena akan sangat merugikan situs anda bahkan url anda akan dianggap SPAM olehnya.

Untuk itulah cara terbaik membantu SEO situs anda dengan Facebook yang bisa anda praktikkan adalah sebagai berikut.

7. Backlink Berkualitas

Cara SEO terakhir adalah mencari backlink berkualitas. Dimana ini akan mendukung situs anda untuk lebih kuat bertahan di SERP. Ingat backlink berkualitas bukan hanya situs yang memiliki pagerank tinggi, tapi menurut saya lebih ke relevansi dengan niche situs anda. Oleh karena itu backlink natural lebih disukai mesin pencari.

Contoh backlink berkualitas adalah google, facebook, yandex, yahoo, bing, edu, Gov dan situs besar lainnya. Mencari backlink relevansi dengan situs anda tentu sangat mudah. Bisa melalui blogwalking atau bekerjasama dengan teman-teman blogger lainnya ( tukar link ). Cara instant lainnya adalah menggunakan tool pencari backlink. Saran saya utamakan saja ke 6 cara seo diatas, karena backlink akan datang dengan sendirinya.

Akhir Kata

Itulah Cara SEO Blog, Website Dan Toko Online Terbaru 2015 menurut pendapat pemula. Jika ada kekurangan mohon di maafkan, karena saya juga masih tahap belajar. Kritik serta saran akan sangat berguna bagi blog ini. Sekian Dan terima kasih.

2 Responses to "Cara SEO Blog, Website Dan Toko Online Terbaru"

  1. makasih om informasinya.

    saya buat blog om, tentang kesehatan. kayak mana om bagus tidak topiknya.

    mohon di bantu lagi belajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kok, apapun niche blog asal kita tekun dan rutin mengelolahnya suatu saat pasti membuahkan hasil :)

      Delete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.