Operator Sekolah: Cara Mengatur Paragraf Di Ms Word dengan Mudah

Cara Mengatur Paragraf Di Ms Word dengan Mudah

Untuk menulis dokumen seperti surat, skripsi, karya tulis dan lain-lain kita perlu belajar mengatur paragraf di microsoft word agar tulisan tersebut terlihat rapi. Setiap jenis dokumen yang berupa teks sebenarnya pengaturan paragrafnya sama saja, namun pada kesempatan ini saya akan memberikan salah satu contoh cara mengatur paragraf dalam penulisan surat.

Teman biasanya fomat yang digunakan untuk mengatur paragraf pada dokumen di word adalah Align text Left ( teks rata kiri ), Center ( Teks di tengah ), Align text Right ( teks ke kanan ), dan justify ( rata kiri kanan ). Sebagai bahan belajar perhatikan tutorial di bawah ini :

  1. Siapkan konsep surat yang akan anda tulis sebagai dokumen di microsoft word. ( misal : surat keterangan )
  2. Selanjutnya mulailah menulis surat tersebut sampai selesai
  3. Setelah selesai menulis surat, pilih bagian paragraf yang akan anda atur, dalam penulisan dokumen seperti surat biasanya digunakan format justify ( rata kiri dan kanan ).
  4. Block atau sorot semua paragraf yang akan anda ubah ke format justify. caranya arahkan kursor mouse anda ke bagian awal paragraf, tekan tombol shift dan tekan tombol "tanda panah ke bawah" pada keybord komputer
  5. gambar Cara Mengatur Paragraf Di Micrososft Word 2007
  6. Arahkan kursor anda ke atas dan pada menu paragraf klik format justify atau anda bisa menekan tombol CTRL+J pada keybord. Hasilnya teks akan terlihat rata kiri kanan dengan margin.
gambar Cara Mengatur Paragraf Di Micrososft Word 2007

Adapun Fungsi line spacing digunakan untuk merubah jarak baris antara teks atas dan bawah pada paragraf sesuai dengan kenginan kita. ( misal : single, 1,5 lines, double, multiple, at least ). Semakin besar lines yang anda ubah maka jarak baris teks akan semakin jauh. Berikut cara mengatur line spacing pada paragraf surat :

  1. Block semua teks paragraf yang akan anda atur.
  2. Pada bagian menu paragraf klik ikon line spacing.
  3. Pilih jarak yang anda inginkan. ( misal: dalam pembuatan surat biasanya menggunakan paragraf 1,5 lines ) dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
gambar Cara Mengatur Paragraf Di Micrososft Word 2007

Bagiamana sangat mudah kan ?.Demikianlah pelajaran singkat tentang microsoft word yang bisa kita bahas melalui artikel ini. Saya berharap pengetahuan anda bertambah setelah membacanya. Akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih, sampai jumpa lagi.

0 Response to "Cara Mengatur Paragraf Di Ms Word dengan Mudah"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.