Operator Sekolah: Ternyata Facebook Punya Fasilitas Fetch As Url Blog

Ternyata Facebook Punya Fasilitas Fetch As Url Blog

Halo pembaca ? Ternyata bukan hanya mesin pencari google dan bing saja yang memiliki fasilitas Fetch As ke Index server mereka, karena Sosial media Facebook pun juga memiliki fasilitas ini juga. Mungkin informasi ini bukanlah sesuatu yang baru bagi para pakar blogging, namun bagi saya yang masih pemula ini, info mengenai fasilitas index url situs ke server facebook ini sangatlah bermanfaat dan memberikan wawasan baru.

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa peran fetch as di mesin pencari sangatlah membantu sebuah blog dalam mempercepat terindexnya artikel ke halaman penelusuran. Google sendiri menganjurkan para pemilik situs agar mengirim url mereka ke indexnya. Nah untuk bisa menggunakan fetch as server facebook ini, terlebih dahulu anda harus mendaftarkan blog anda ke develovers facebook tools debug.

Adapun jika ingin url blog atau website anda terindeks di server facebook, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan seperti penjelasan saya di bawah ini

1. Membuat app Id Facebook untuk Blog

Ini merupakan langkah awal menghubungkan blog anda ke facebook server yang tidak diketahui oleh banyak orang. Mungkin anda sering melihat seseorang berbagi tautan artikel blog mereka di grup-grup facebook atau melalui status. Tanpa disadari yang dilakukan ini bisa menimbulkan dampak yang kurang baik bagi akun facebook dan blog mereka, karena cara ini seperti sebuah kiriman Ilegal atau SPAM.

Dampak inilah yang menyebabkan server facebook meminta kode captha untuk memverifikasi saat anda berbagi tautan. Contoh lainnya ketika ingin membuka sebuah tautan, dan facebook mengingatkan agar anda berhati-hati dengan tautan tersebut, karena dianggap SPAM. Untuk mengatasi hal ini Anda harus berbagi tautan situs anda dengan cara yang benar agar terhindar dari pelanggaran kebijakan server facebook.

Agar tidak bingung dengan penjelasan saya di atas. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang cara Membuat app Id Facebook untuk Blog.

2. Memasang Meta Tag Open Graph Facebook Di Situs Anda

Sama seperti mesin pencari lainnya. Sebelum blog anda terhubung ke server mereka. Media sosial facebook perlu memastikan bahwa situs tersebut benar-benar milik anda. Oleh karena itu, anda perlu memverifikasinya dengan meletakkan tag meta Open Graph ini ke halaman yang benar. Adapun jika belum tau caranya silahkan pelajari lebih lanjut tentang cara memasang kode meta tag open graph facebook.

3. Menggunakan Plugin Sosial Facebook

Cara terbaik mempromosikan blog anda ke media sosial facebook adalah dengan menggunkan plugin sosial seperti tombol like, Komentar, dan halaman fanspage facebook. Metode ini juga disarankan oleh tim google dalam sebuah panduan pengoptimalan mesin pencari ( SEO ) yang menjelaskan tentang praktik terbaik dalam meningkatkan pengunjung blog.

Adapun untuk mempermudah anda mempelajari tentang penggunaan plugin sosial. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang cara memasang tombol like dan komentar Facebook di blog dengan HTML5.

4. Tips Fetch As Server Facebook

Jika mengalami masalah pada plugin komentar facebook anda seperti berikut ini : "warning : http://www.artikelblogq.com/2014/11/cara-memasang-tombol-like-facebook.html cannot be crawl by facebook servers" saat mempublikasikan posting baru di blog anda. Artinya url tersebut tidak dapat diindek oleh server facebook dan untuk mengatasinya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah :

Gambar cara mengatasi warning url plugin komentar blog di server facebook
  1. Klik url seperti yang ditandai dengan garis berwarna merah
  2. Pada halaman selanjutnya klik tombol "fetch new scrape Information"
Gambar cara mengatasi warning url plugin komentar blog di server facebook

Jika berhasil, maka warning yang muncul dibawah komentar facebook blog anda akan hilang dan itu berarti url telah terindexs diserver facebook. Teman, Setelah memahami penjelasan diatas dan menerapkannya ke blog anda, maka tanpa disadari anda telah berhasil mendapatkan satu backlink berkualitas dari media sosial berpagerank tinggi. Sekian dan sampai jumpa lagi di tips berikutnya.

0 Response to "Ternyata Facebook Punya Fasilitas Fetch As Url Blog"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.