Operator Sekolah: Cara Menghapus Backlink Lewat Google Webmaster

Cara Menghapus Backlink Lewat Google Webmaster

Anda pasti bingung dengan judul artikel di atas, karena biasanya para blogger sibuk dengan topik mencari backlink bukan menghapus. Selain itu, hal yang aneh lagi adalah bahwa backlink sebenarnya sangatlah diperlukan dalam membangun sebuah situs web khususnya meningkatkan peringkat di berbagai mesin pencari atau lebih dikenal dengan istilah SEO.

Perlu digaris bawahi bahwa backlink memang menunjang sebuah situs naik ke peringkat Mesin Pencari, tapi yang dimaksud disini adalah backlink berkualitas dalam artian yang benar-benar relevan, bermanfaat untuk situs tersebut. Bukan hanya jumlahnya saja yang di nilai oleh mesin pencari, tapi juga kualitas link yang menuju ke situs anda.

Mengapa Perlu Menghapus Backlink

Alasannya sederhana saja dan jawaban ini berdasarkan pengalaman. Menurut saya backlink yang harus di hapus adalah yang tidak memberikan manfaat untuk blog kita dan bisa berdampak negatif bagi blog kita. Misalnya backlink oleh robot ini bisa dianggap SPAM oleh Google. Selain itu situs-situs yang berhubungan dengan pornografi atau melanggar pedoman kebijakan webmaster google. Yang paling penting mengamati link-link yang tidak relevan dengan topik blog anda dan segera lakukan penghapusan ( menolak tautan ).

Cara Menyangkal backlink tidak berkualitas

Untuk mengatasi backlink tidak alami atau blog Spam yang harus kita lakukan adalah menolak tautan tersebut menuju situs kita melalui google webmaster Disavow Tool. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Masuk ke halaman Google webmaster Disavow Tool
  2. Pada halaman utama, klik tombol "menolak tautan"
  3. Cara Menghapus Backlink Lewat Google Webmaster
  4. Di halaman selanjutnya klik tombol "Menyangkal tautan" Cara Menghapus Backlink Lewat Google Webmaster
  5. Langkah terakhir, buatlah file dengan format txt yang berisi url backlink yang akan anda hapus. klik tombol "pilih file" lalu upload file format txt dan klik tombol kirim.
  6. Cara Menghapus Backlink Lewat Google Webmaster

Catatan :
Untuk melihat semua link yang menuju ke situs anda caranya melalui google webmaster tool. Klik "opsi lalu lintas penelusuran" dan pilih "tautan ke situs anda". demikianlah dan terima kasih telah membacanya.

4 Responses to "Cara Menghapus Backlink Lewat Google Webmaster"

  1. Makasih informasinya bank.. Akhirnya dapet juga. -_- websiteku di arahkan ke b***p ni ma pesaing. huhu..

    ReplyDelete
  2. kurang detail gan, bisa di jelaskan secar tuntas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya itu tutorial menghapus backlinknya sudah cukup jelas, tapi terima kasih sarannya nanti saya akan edit ulang

      Delete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.