Operator Sekolah: Cara Riset Kata Kunci Rahasia Google

Cara Riset Kata Kunci Rahasia Google

Sebelum menuju pembahasan tentang cara riset kata kunci di google, banyak perubahan terjadi pada mesin pencari google semenjak update Google Panda 4.0 pada 21 mei 2014. Perubahan tersebut sangat mempengaruhi posisi konten sebuah blog atau website di halaman penelusuran. Walaupun pengaruhnya membawa dampak negatif dalam artian ( penurunan Posisi blog ) dan positif ( peningkatan posisi blog ), terlebih dahulu saya ucapkan selamat kepada pemilik blog mendapatkan hasil positif, sedangkan untuk pemilik blog yang mengalami penurunan posisi di halaman google tidak perlu khawatir, sebab semua itu merupakan motivasi agar kita lebih baik lagi dalam mengelolah blog.

Teman, untuk menambah pengetahuan tentang ilmu SEO, maka pada artikel ini kita akan belajar cara menemukan ide kata kunci yang baik dan benar dengan menggunakan alat gratis perencana kata kunci yang disediakan oleh Google Adwords yaitu Google Keyword Planner. Selain itu, dengan alat ini kita bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk melihat jumlah pesaing di google. Jika kita mengetahui bahwa kata kunci target memiliki tingkat persaingan yang rendah, maka kita dapat membuat kata kunci itu sebagai pondasi yang bagus untuk membangun blog/website agar mendapat hasil positif dari pencari informasi di internet dan mesin pencari Google.

Setelah membaca paragraf di atas mungkin anda masih bingung apa maksud dan tujuannya. Sebenarnya penjelasan yang saya sampaikan tersebut hanya sekedar kalimat pembinaan supaya anda lebih mudah memahami pembahasan selanjutnya. Untuk lebih jelas mari kita mulai belajar meriset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner. Adapun untuk mempermudah anda silahkan ikuti langkah-langkah di bawah.

  1. Masuk ke alamat :https://adwords.google.com/KeywordPlanner
  2. Pada halaman selanjutnya arahkan kursor anda ke tombol masuk ke Adwords jika diminta login. Masukkan alamat email dan kata sandi anda.
  3. Cara Riset Kata Kunci Di Google adwords
  4. Pada halaman perencanaan kata kunci, klik tulisan Telusuri ide kata kunci
  5. Pada kolom pertama, masukkan kata kunci yang relevan dengan nicheblog anda ( misalnya : blog bisnis online, cara buat blog, artikel tentang blog ). Intinya keyword harus berhubungan dengan konten yang akan anda publikasikan.
  6. Pada kolom laman landas anda, tidak usah diisi, namun jika anda memiliki saingan yang memiliki tema yang sama dengan blog anda, silahkan masukkan url laman tersebut.
  7. Pada kolom Kategori Produk Anda, Pilih kategori yang cocok dengan keyword target. ( misalnya : Bisnis dan Industri )
  8. Pada bagian penargetan, anda bisa memilih lokasi negara yang ditargetkan ( misalnya : Indonesia )
  9. Selanjutnya klik tombol Dapatkan ide
  10. Pada halaman selanjutnya, di bawah laman "tren volume penelusuran" arahkan kursor anda ke bagian Ide kata kunci, pada laman tersebut anda bisa melihat istilah penelusuran kata kunci relevan, penelusuran bulanan rata-rata dan tingkat persaingan.

Setelah mengikuti 9 langkah di atas, sekarang anda bisa menentukan mana kata kunci paling tepat dan relevansi yang bagus untuk membangun blog bisnis anda ke depannya nanti. saya sarankan anda memilih kata kunci yang memiliki tingkat persaingan rendah, karena jika anda memilih keyword dengan tingkat persaingan tinggi akan lebih sulit untuk mengalahkan para pesaing bisnis anda di halaman penelusuran google.

Akhir kata, demikanlah topik singkat ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membacanya. Adapun kritik dan saran akan sangat berguna untuk kemajuan blog ini, bila ingin mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan posting ini, silahkan menghubungi saya.

0 Response to "Cara Riset Kata Kunci Rahasia Google"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.