Operator Sekolah: Cara Mengirim Sitemap Blog Domain Baru

Cara Mengirim Sitemap Blog Domain Baru

Pengalaman ngeblog memang sangat berharga, selain menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang dunia blogging, juga bisa dijadikan sebagai materi, acuan, inspirasi dalam membuat artikel/posting blog. Seperti topik yang akan saya bahas sekarang juga merupakan masalah yang saya hadapi setelah mengganti blog saya dari subdomain blogspot ke Top Level Domain ( TLD ) yang baru saya beli dari perusahaan idwebhost. Dalam kasus ini saya selalu mengalami kegagalan pada saat mengirim sitemap ke google webmaster tools. Walaupun telah googling google ke segala arah, namun belum menemukan satu solusi pun yang bisa membantu saya mengatasi masalah ini.

Setelah segala usaha saya lakukan akhirnya dengan bantuan google webmaster tools saya berhasil mengirim peta situs ( blog saya ). Mungkin sebagian dari anda akan bertanya mengapa harus mengirim ulang ( resubmit ) sitemap blog domain baru ? Jadi jawabannya sangat sederhana, karena pergantian server pada domain baru menyebabkan halaman blog yang mengalami pengalihan ( redirect ) harus di crawling ulang oleh spiderbot agar kembali terindeks normal di mesin pencari. Bagaimana apakah cukup jelas ? jika belum, maka anda perlu membaca postingan saya tentang pengoptimalan SEO dengan Google Webmaster Tools.

Setelah membaca paragraf di atas, saya berharap bertambah lagi pengetahuan kita tentang blogging, baiklah untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja menuju inti dari topik postingan saya ini. Adapun bagi sahabat blogger yang mengalami kasus yang sama dengan saya, tidak perlu khawatir karena saya akan memberitahu cara mengatasi kegagalan pada saat mengirim sitemap blog domain baru. Pertama kita harus melakukan pengalihan khusus sitemap blog melalui setelan blogger. Untuk mempermudah anda ikutilah langkah-langkah di bawah !

  1. Pada dasbor blogger, arahkan kursor anda ke menu setelan lalu pilih preferense penelusuran.
  2. Selanjutnya pada halaman kesalahan dan pengalihan klik tulisan edit di bagian pengalihan khusus
  3. Cara Mengirim Sitemap Blog Domain Baru
  4. Langkah Selanjutnya klik tombol Pengalihan Baru.
  5. Pada kolom :
    1. Dari, masukkan : /sitemap.xml
    2. Kepada, masukkan : /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  6. Selanjutnya centang kolom permanen, lalu klik tombol simpan
  7. Langkah terakhir, masuk ke halaman google webmaster tools, kemudian kirim kembali sitemap blog anda seperti biasa. Jika belum tau caranya, silahkan baca postingan saya tentang cara submit dan verifikasi blog ke google. Pada artikel tersebut saya tuliskan panduan cara mengirim sitemap blog.

Demikianlah postingan singkat ini semoga bermanfaat. Akhir kata terima kasih telah membacanya, jika cara tersebut belum bisa membantu anda saya mohon maaf, namun jika ingin bertanya mengenai topik ini, silahkan hubungi saya.

0 Response to "Cara Mengirim Sitemap Blog Domain Baru"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.