Operator Sekolah: Cara Mencegah Url Blog Mengarah Ke Domain Negara Lain

Cara Mencegah Url Blog Mengarah Ke Domain Negara Lain

Pernahkan anda mengalami pengalihan (redirect) url domain blog anda pada saat membukanya di browser ? jika anda adalah pengguna blog blogger/blogspot dari negara Indonesia sudah pasti url domain blog anda berakhiran blogspot.com kan, namun beberapa hari yang lalu alamat blog saya diarahkan ke negara india menjadi www.artikelblogq.in ? hal ini tentu saja membuat saya bingung dan sedikit aneh dengan perubahan yang terjadi tanpa sebab. Ternyata alamat blog saya tidak mengarah ke negara india saja, namun juga ke negara lainnya seperti blogspot.com,au ( Australia ), blogspot.jp ( Jepang ), blogspot.de ( Italia ) dan lainnya.

Teman, dari penjelasan di atas saya mengambil kesimpulan berdasarkan sebuah artikel yang saya baca, bahwa jika sebuah blog di arahkankan ke domain negara tertentu yang bukan negara dari pemilik blog tersebut, maka jika dibiarkan saja akibatnya blog kita bisa di banned oleh Google. Adapun mengapa alamat blog bisa mengalami pengalihan alamat domain ke negara lain disebabkan oleh beberapa faktor :
1. Memasang platform komentar luar, seperti komentar Disqus dan Facebook
2. Tidak Menentukan target Geografis penayangan blog pada setelan situs google webmaster tools. Anda belum tau caranya ? Baca artikel tentang cara mengoptimalkan blog dengan Google webmaster Tools.
3. Kesalahan penerapan rel=Canonical dapat menyebabkan web luar membuat link yang mengarah ke halaman spesifik negara anda.
Misalnya link eksternal yang berasal dari negara lain yang mengarah ke halaman blog anda atau disebut Backlink Negatif. Nah, dari faktor-faktor di atas, cobalah koreksi kembali halaman blog anda.

Apabila anda tidak menemukan 2 faktor yang saya sebutkan di atas, namun tetap terjadi pengalihan alamat domain ke negara luar jangan khawatir, karena saya punya cara yang bagus agar domain anda selalu mengarah ke Blogspot.com. Untuk lebih jelas ikuti langkah-langkah di bawah.

  1. Download kode Java Script di sini
  2. Masuk ke dasbor blogger anda.
  3. Arahkan kursor anda ke opsi lainnya, lalu pilih menu Template.
  4. Klik Tombol Edit HTML, cari tag </head>
  5. Salin kode yang anda download tadi, lalu letakkan tepat di atas tag </head>. Seperti gambar di bawah ini
  6. Cara Mencegah Url Blog Mengarah Ke Domain Negara Lain
  7. Langkah terakhir klik tombol simpan template agar perubahan berhasil

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas berakhir pula topik kita pada postingan ini. Apabila ada pertanyaan, saran dan kritik yang berhubungan dengan pembahasan ini, silahkan hubungi saya. Terima kasih telah membacanya.

8 Responses to "Cara Mencegah Url Blog Mengarah Ke Domain Negara Lain"

  1. Makasih infonya mas, kalau blog divisit oleh negara lain, pasti alexa rank Indonesianya gendut lagi tuh.

    ReplyDelete
  2. wah , saya belum pernah tuh , tapi saya akan pasang :), untuk jaga-jaga :D
    info yang bermanfaat (y)

    ReplyDelete
  3. makasih gan tutorialnya :D
    sangat bermanfaat untuk para pemula :D

    ReplyDelete
  4. wow ,, tutorialnya keren banget sob :D
    bermanfaat nih untuk para pemula blogger :D
    NICE :D

    ReplyDelete
  5. emang bisa ya gan mengarah ke domain negara lain?
    saya baru tau gan... makasih tutorial pencegahan nya :-)

    ReplyDelete
  6. Wah, Tipsnya boleh dicoba nih. Saya juga pernah seperti itu mas, domainya menjadi blogspot.jp atau blogspot.sg. Tapi itu karena ane lagi menggunakan SSH Jepang & Singapur, hehe.

    Btw, rel=Canonical itu maksudnya apa mas?

    ReplyDelete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.