Operator Sekolah: Peluang Usaha Sampingan Untuk Pemula

Peluang Usaha Sampingan Untuk Pemula

Berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan baik ini saya ingin berbagi beberapa tips penuntun hidup anda menuju sebuah kesuksesan yaitu dengan memanfaatkan peluang usaha sampingan. Tapi sebelum saya membahasnya mari kita refreshing sejenak dengan mendengarkan sepatah dua patah kata motivasi untuk kita bersama. Teman jika mendengar kata "sukses" tentu setiap orang pasti ingin menikmatinya kan, namun agar merasakan sebuah kesuksesan seseorang perlu mencapainya dan juga memiliki pengetahuan di bidang yang akan digelutinya. Lalu sebuah pertanyaan muncul "pengetahuan seperti apa yang harus dimiliki agar saya sukses ?".

Jawabannya sangat sederhana yaitu belajar dari wirausaha yang telah sukses. Lalu akan muncul kembali pertanyaan, bagaimana saya belajar dari wirausaha tersebut sedangkan kami tidak mengenalnya ?. Untuk menjawab pertanyaan ini akan saya tuliskan nama-nama wirausaha yang telah sukses dalam dunia Internet. Mengapa saya menuliskan kata "sukses dalam dunia Internet" ? karena kata-kata tersebut berhubungan dengan topik yang sebentar lagi akan kita bahas.

Gambar Peluang Usaha Sampingan

Adapun nama-nama wirausaha online tersebut adalah sebagai berikut :
1. Mark Zuckerberg ( Wirausaha Online di kamar kos tempat kuliah. Pemilik Situs Sosial Media Facebook dengan kekayaan sebesar $19.000.000 )

2. Sergey Brin dan Larry Page ( Wirausaha Online di Garasi Rumah. pemilik Google dengan kekayaan sebesar $24.400.000.000)

3. Andrew Darwis ( Wirausaha online dari Indonesia pemilik website kaskus.co.id dengan kekayaan satu milyar rupiah).

Sebenarnya masih banyak lagi para pengusaha online sukses yang namanya tidak bisa saya sebutkan satu persatu dikarenakan pembahasan kita bukan mengenai nama-nama orang sukses dalam usaha online.

Jadi saya hanya menyebutkan tiga nama di atas saja. Nah teman, ketiga tokoh diatas merupakan sumber inspirasi yang bagus untuk dijadikan motivasi guna menggapai kesuksesan melalui usaha sampingan online. Dan saya berharap dari ulasan paragraf di atas semakin menambah keyakinan anda bahwa banyak orang sukses karena menggeluti bisnis online dan apakah anda siap memulainya dari sekarang ?. Jika iya silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Mengenal Jenis-Jenis Usaha Sampingan Dan Cara Memulainya

Mengenal jenis-jenis usaha sampingan merupakan cara terbaik melakukan instropeksi diri dalam menganalisis kekurangan dan kelebihan seseorang sebelum memulai usahanya. Selain itu tujuan utamanya adalah menyesuaikan situasi dan kondisi yang terkoordinir dengan baik agar bisa menentukan bidang apa yang paling cocok untuk dibisniskan.

Misalnya anda adalah seorang pelajar, maka cukup sulit membagi waktu antara belajar dengan berwirausaha dan yang terpenting adalah tetap berbisnis namun tidak menggangu kegiatan belajar di Sekolah. Contoh lain, anda sebagai karyawan perusahaan, agar usaha sampingan anda berjalan maka, anda harus mengimbangi kapan bekerja di kantor dan kapan berbisnis sampingan.

Oleh karena itu sebelum memulai usaha sampingan, kenali dulu siapakah anda ?, Jenis bisnis apa yang cocok untuk anda, kapan anda akan memulainya, apakah bisnis tersebut menguntungkan untuk anda atau malah merugikan anda. Semua itu perlu dipertimbangkan agar dikemudian hari tidak terjadi penyesalan.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh jenis-jenis usaha sampingan sebagai pedoman untuk menyesuaikan profesi yang sedang ada jalani sekarang

1. Usaha Sampingan Untuk Pelajar - Banyak sekali bisnis kecil yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar seperti : Jual Pulsa, Jual barang bekas ( misalnya : botol bekas, koran bekas, ingat ya bukan barang tetangga :D ). Nah usaha tersebut bisa kita kelola melalui online atau internet dan kategori yang cocok untuk usaha sampingan online bagi pelajar adalah Jual Pulsa Online.

Disini sarana yang diperlukan adalah fasilitas online seperti laptop/komputer dan modem sebagai koneksi internet, tapi jika anda tidak memiliki itu anda bisa menggunakan jasa warnet.

2. Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa - Bagi kaum mahasiswa yang ingin mendapat penghasilan dari usaha sampingan ada banyak cara yang bisa dilakukan tentunya melalui offline maupun online. Jika cara bisnis offline anda bisa memanfaatkan ilmu sesuai bidang yang anda kuasai misalnya membuka les private bahasa inggris, Jadi Tenaga pengajar di Sebuah Sekolah, atau jual alat tulis di kampus dan lain sebagainya.

Jika anda berminat memulai bisnis lewat internet, mungkin anda bisa membuka jasa online misalnya jasa pembuatan blog/website, penulis artikel, Publisher ( Misalnya penayang iklan dari perusahaan Google Adsense, Amazon.com dan lain sebagainya ). Pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel tentang cara mendaftar Google Adsense

3. Usaha Sampingan Untuk Karyawan - Kesibukan seorang karyawan kadang membuat mereka jenuh dengan pekerjaan yang setiap saat datang namun tidak sesuai dengan upah yang diterima. Oleh karena itu banyak sekali karyawan mencari peluang usaha sampingan sebagai tambahan penghasilan guna mencukupi kebutuhan hidupnya.

Berbeda dengan karyawan kantoran yang memiliki jabatan tinggi dengan penghasilan besar. Mereka cenderung fokus dengan pekerjaan tersebut karena memiliki tanggung jawab yang besar pula.
Sebenarnya banyak sekali peluang usaha sampingan yang cocok bagi para karyawan, salah satunya memanfaatkan kesukaan, keahlian dan sebagainya.

Jika anda menyukai hewan ternak anda bisa memulai usaha berternak kambing, sapi, ayam, bebek, ikan lele atau jangkrik. Adapun jika anda memiliki bidang keahlian misalnya Komputer, anda bisa membuka kursus komputer, service komputer, jasa pengetikkan, Print Photo. Anda juga bisa memanfaatkan internet sebagi sarana pemasaran online misalnya membuat toko baju online, toko komputer online, atau toko makanan online.

4. Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga - Selain kaum pria, para wanita juga bisa memiliki pendapatan sendiri setiap bulan melalui usaha sampingan. Terkadang para wirausahawan lebih sukses dibandingkan wirausaha, sebab para wanita lebih tekun dalam menjalani usahanya.

Sedangkan kebanyakan pria menggeluti usaha sampingan hanya sebatas hobi atau iseng saja. nah bagi para ibu rumah tangga yang ingin ikut mencari penghasilan seperti suaminya mungkin tips berikut bisa membantu.

  • Membuka warung nasi + Jualan Pulsa Elektrik - Dengan memanfaatkan keahlian memasak anda bisa membuka warung/kedai sebagai sarana berjualan nasi dan pulsa elektrik sebagai usaha sampingan. selain mudah dan tidak membutuhkan modal besar, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar, terutama jika warung anda sudah punya pelanggan tetap. Untuk menu masakan anda tinggal membeli buku resep makanan atau browser di internet. jadi jika ingin membuat pelanggan anda betah, maka jangan pernah mengurangi cita rasa dan kualitas masakan anda.
  • Menjual Barang Bekas ke Perusahaan Online - Bagi ibu rumah tangga yang memiliki barang yang sudah tidak terpakai lagi bisa menjualnya kepada perusahaan jual beli barang bekas seperti tokobagus.com, berniaga.com. barang bekas hanya akan membuat ruangan rumah penuh jika tidak disingkirkan. Selain itu, barang-barang yang tidak terpakai akan dijadikan sarang oleh hewan dan serangga-serangga penyebar bibit penyakit atau bahkan membahayakan diri anda misalnya ( Kecoa, Ular, laba-laba beracun, tikus). Jadi pemanfaatan yang paling bagus adalah menjualnya. Jika satu buah barang bekas berharga 100.000 rupiah, maka penghasilan tersebut bisa untuk membeli kebutuhan hidup anda Bayangkan bila anda menjual 10 barang bekas. ( Ingat bu ! barang bekas ya bukan barang mewah :D )

5. Usaha Sampingan Di Rumah - Untuk usaha yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja kecuali tempat tinggal anda di sawah ( bercanda :D ). Tapi untuk memulainya diperlukan modal yang cukup besar, karena berbeda dengan ke empat usaha yang saya sebutkan di atas. Lalu apa bisnis rumahan yang paling bagus ? jawabannya membuka jasa warung internet ( warnet ).

Nah, Disini tugas anda adalah sebagai penyedia tempat dan fasilitas warnet. Lalu, Bagaimana saya mengatur waktu ketika bekerja dan menjaga warnet. Jika anda sudah berkeluarga, maka istri anda adalah orang tepat untuk menjadi rekan anda, tapi jika kalian sama-sama sibuk bekerja, maka ajaklah seorang rekan bisnis yang dapat bekerjasama sebagai penjaga warnet.

Mengapa harus di rumah ? karena lebih mudah mengontrol dan melihat perkembangan para konsumen anda. Selain itu jika tingkat peminat pengguna warnet anda meningkat, maka tingkatkan juga fasilitas warnet agar konsumen puas dengan pelayanan anda.

Selain ke lima usaha sampingan di atas, masih banyak usaha lain yang bisa dijadikan sumber penambah penghasilan. Adapun beberapa aspek pendukung yang perlu diketahui oleh seorang wirausaha/wirausahawan online adalah mempelajari strategi Brainstorming, Website, Marketing dan Copywriting.

Nah, untuk penjelasan mengenai strategi tersebut, silahkan anda brwoser di google dan pelajarilah cara penerapannya. Mohon maaf saya tidak bisa membahasnya di sini, karena topik utama kita adalah "Usaha sampingan". Mungkin pada artikel selanjutnya akan saya bahas.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan, terima kasih telah membacanya.

0 Response to "Peluang Usaha Sampingan Untuk Pemula"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.