Operator Sekolah: Ping Ke Google, Bing, Yandex Dan Baidu

Ping Ke Google, Bing, Yandex Dan Baidu

Selamat Siang ?
Pada postingan sebelumnya saya telah membahas sedikit tentang cara ping peta situs atau sitemap blog ke mesin pencari google. Walaupun banyak situs yang menyediakan layanan ping otomatis, tapi ini tidak menjamin bahwa mereka benar-benar mengirim ping sitemap blog anda ke semua mesin pencari tersebut. Jadi, jika anda tidak yakin dengan layanan ping otomatis, maka anda dapat menggunakan layanan ping sitemap cepat secara manual ke beberapa mesin pencari populer.

Mesin pencari populer seperti google, Bing, yandex dan baidu telah memiliki sendiri layanan ping sitemap gratis yang bisa dikirim melalui alat webmaster yang disediakan masing-masing mesin pencari di atas. Walaupun proses indeksnya lama, tapi layanan ping manual lebih optimal, karena halaman blog anda benar-benar dicrawler oleh robot mesin pencari.

Bagaimana Cara Ping Blog Yang Benar ?

Ping sitemap merupakan cara yang dilakukan oleh pemilik situs untuk memberitahu robot mesin pencari bahwa terjadi perubahan atau pembaruan pada blog atau website anda dan supaya segera merayapinya. Jadi, apabila blog anda tidak mengalami perubahan, maka tidak perlu mengirim ping sitemap. Kesalahan sering terjadi akibat kurangnya pengetahuan tentang ilmu SEO, khususnya para blogger pemula yang ingin blognya cepat muncul di penelusuran sehingga menggunakan ping sitemap secara berlebihan. Akibatnya blognya bukan semakin cepat terindeks, tapi akan dianggap Blog Spam oleh Mesin Pencari.

Berikut Cara ping sitemap yang bagus untuk kinerja blog/website anda di mesin pencari

1. Ping Blog Ke Google

Google adalah mesin pencari populer dan menjadi target ping sitemap oleh para pemilik blog atau website di seluruh negara, jadi saya sangat menyarankan anda untuk melakukan ping ke mesin pencari yang satu ini. Adapun cara benar dan mudah untuk mengirim ping sitemap ke mesin pencari google adalah sebagai berikut :

  • Copy Link ini ke browser anda : http://www.google.com/webmasters/tools/ping?sitemap=urlbloganda/sitemap.xml
  • Selanjutnya teks warna merah ganti dengan url blog atau website anda.
  • Langkah Terakhir tekan tombol Enter pada keybord komputer anda.

Baca juga postingan tentang : Cara Agar artikel Cepat Terindeks Google

2. Ping Blog Ke Bing Webmaster

Bing juga salah satu mesin pencari terbesar dan populer di internet. Banyak pemilik situs yang memanfaatkan mesin pencari ini untuk mendapat indeks konten blog mereka dengan mengirim ping sitemap. Cara mengirim ping ke bing bisa dilakukan dengan melalui webmaster bing, tapi blog anda harus terdaftar di bing webmaster jika ingin terindeks. Adapun cara cepat ping blog ke bing adalah sebagai berikut :

  • Copy Link ini ke browser anda : http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?siteMap=urlbloganda/sitemap.xml
  • Ganti teks warna merah dengan url blog atau website anda, lalu tekan tombol enter pada keybord komputer anda

3. Cara Ping ke yandex.ru

yandex.ru merupakan mesin pencari terbesar dan paling populer di negara Rusia, jadi jika konten anda ingin ditayangkan di mesin pencari yandex, maka lakukan ping sitemap blog ke yandex.ru. Adapun cara cepat ping yandex adalah sebagai berikut :

  • Copy Link ini ke browser anda : http://blogs.yandex.ru/pings/?status=success&url=urlbloganda/sitemap.xml
  • Ganti teks warna merah dengan url blog atau website anda, lalu tekan tombol enter pada keybord komputer anda

4. Cara Ping Blog ke Baidu.com

Selain Rusia, China adalah salah satu negara yang memiliki mesin pencari populer yaitu baidu.com. Apabila anda belum tahu cara melakukan ping blog ke baidu.com, maka setelah mengikuti petunjuk dari saya blog anda akan segera dirayapi oleh robot pencari di baidu.com. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Copy Link ini ke browser anda : http://ping.baidu.com/ping.html
  • Pada halaman selanjutnya masukkan alamat blog atau RSS Feed anda.
  • Langkah terakhir klik tombol submit blog

Jadi kesimpulannya adalah setiap anda mempublikasikan konten baru pada blog/website anda atau melakukan perubahan halaman situs, silahkan kirim ping ulang sitemap ke empat mesin pencari di atas. Selain itu gunakan juga fitur webmaster untuk mengirimnya ke indeks agar artikel yang baru anda publikasikan lebih cepat muncul ke halaman penelusuran.

Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari lebih lanjut tentang cara fetch as google dan bingbot.

3 Responses to "Ping Ke Google, Bing, Yandex Dan Baidu"

  1. Makasih gan sangat bermanfaat sekali, artikel agan saya jadikan bahan penulisan dalam artikel saya, tolong di intip ya gan artikelnya nih dia:

    http://www.mugianto.web.id/2016/03/5-tahap-awal-setelah-posting-artikel-yang-blogger-wajib-tahu-dan-lakukan.html

    salam Blogging
    Mugianto

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. oke saya doakan semoga and amenang lomba SEO

      Delete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.