Operator Sekolah: Cara Mudah Mempercantik Tampilan Blog

Cara Mudah Mempercantik Tampilan Blog

Memiliki tampilan blog menarik, rapi, elegan, loading ringan, dan laman navigasi yang jelas tentu akan membuat para pengunjung semakin betah, tapi sebaliknya jika tampilannya acak-acakan atau tidak teratur ditambah lagi loadingnya berat, maka saya pastikan pengunjung akan pergi dan berpindah ke blog lain. Sebagai contoh anda sedang membutuhkan tutorial tentang "cara mempercepat loading blog", lalu ketika anda ingin mengunjungi blog yang membahas tutorial tersebut proses loadingnya membutuhkan waktu yang lama, nah apa yang anda lakukan dalam kondisi tersebut ? menurut saya anda pasti melakukan hal yang sama kan. Jadi, selain tampilannya menarik loadingnya pun harus ringan.

Baiklah teman, pada artikel ini penulis akan memberikan tips mudah memperindah tampilan blog khusus untuk pengguna blogger/blogspot. Adapun cara agar tampilan blog anda menarik dan sedap dipandang mata yaitu menguasai bahasa CSS, java script dan html, karena dengan mengerti script-script tersebut anda bisa mendesain sendiri sesuai keinginan, tapi jika anda tidak paham bahasa pengkodean, maka tidak perlu khawatir, sebab masih ada cara lain yaitu menggunakan fitur perancang template blogger.

Cara Mempercantik Tampilan Blogspot

Untuk mempermudah anda dalam memperindah tampilan blog supaya lebih cantik dan menarik, berikut adalah cara menggunakan perancang template blogger

  • Masuk ke laman dasbor blogger
  • Selanjutnya pilih menu template, lalu klik tombol Sesuaikan.
  • Pada halaman perancang template blogger, ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan yaitu :

    1. Template : fitur ini digunakan untuk memilih template sesuai pilihan anda. Silahkan pilih template yang tampilannya menarik. ( misal : Jendela gambar, PT keren Sekali, dan lainnya ).

    2. Latar Belakang : Fitur ini digunakan untuk merubah latar belakang ( background ) template, anda bisa memilih gambar latar atau tema warna blog. Agar loading blog anda ringan, saya sarankan tidak perlu menambah gambar latar, cukup dengan memilih warna latar yang cocok dengan template anda.

    3. Sesuaikan Lebar : Menyesuaikan lebar laman blog akan sangat berguna untuk membuat tampilan blog lebih responsive, maksud dari kata "responsive" adalah tampilan yang enak dipandang karena template blog akan cocok ditampilkan pada semua jenis perangkat. Jadi untuk ukuran lebar seluruh blog buatlah maksimal 1130px, sedangkan ukuran lebar bilah pinggir kanan adalah 350px. Selain itu ukuran lebar tersebut sangat cocok jika template blog anda ingin memasang unit iklan Adsense.

    4. Tata Letak : Pada bagian fitur ini anda bisa memilih jenis tata letak yang cocok dengan template blog anda, seperti tata letak isi dan tata letak kaki, fungsi dari fitur ini adalah memilih letak laman konten dan laman widget. Adapun untuk pemilihan tata letak tergantung kebutuhan laman blog anda dan teratur dalam menempatkan konten dan widget.

    5. Tingkat Lanjut : Pada fitur tambahan ini, anda bisa membuat tampilan blog anda lebih menarik lagi dengan cara mendesain warna latar utama, jenis font, warna teks dan ukuran Font yang ada di laman blog anda seperti : teks laman, link, judul blog, deskripsi blog, teks tab, latar tab, judul posting, header tanggal, catatan kaki, gadget, gambar, mobile button color dan menambahkan CSS.

Catatan
Fitur perancang template blogger hanya berfungsi pada template original default blogger/blogspot, jika anda menggunakan template dari penyedia lain, maka untuk mendesain tampilan blog anda harus lewat edit html, namun jika anda malas untuk merubah tampilan blog anda, dan ingin template menarik yang siap pakai, silahkan Download template Blog editan saya.

Demikianlah artikel tentang cara memperindah tampilan blog, terima kasih sudah membacanya, semoga pada postingan berikutnya penulis bisa berbagi topik yang lebih segar.

0 Response to "Cara Mudah Mempercantik Tampilan Blog"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.