Operator Sekolah: Cara Mengetahui Artikel yang Di Copas

Cara Mengetahui Artikel yang Di Copas

Tindakan Copy paste postingan yang sering dilakukan seseorang demi mempopulerkan blognya merupakan salah satu pelanggaran hak cipta yang harus diberantas dari google. Selain sangat meresahkan para pembuat/penulis ide-ide kreatif, saya menganggap mereka tidak menghargai hasil karya orang lain. Walaupun pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang cara melaporkan blog copas ke DMCA google, tapi alangkah baiknya bila kita mempelajari juga cara mengetahui apakah ada artikel di blog kita dicopas orang. Tujuannya adalah supaya lebih mudah mengatasi si tukang copas ini.

Sedangkan dampak dari artikel blog kita di copas orang lain adalah menyebabkan pengaruh negatif pada kinerja blog di mesin pencari misalnya jumlah Visitor/pengunjung dan peringkat blog di halaman penelusuran google akan mengalami penurunan. Jadi untuk mengatasi permasalahan ini terlebih dahulu anda harus mengetahui siapa saja dan artikel mana yang di copas.

Saya disini berbicara tentang fakta yang berdasarkan pengalaman saya sendiri, karena beberapa artikel saya yang biasanya muncul di halaman pertama google, tiba-tiba mengalami penurunan draktis karena berada di halaman ke sepuluh. Akhirnya setelah mencari petunjuk kesana sini, saya coba memastikan apa benar penyebabnya adalah si tukang copas dan ternyata ada empat posting saya yang di copas tanpa menampilkan sumber. Jadi, bagi anda ingin mengetahui siapa yang mengcopas posting blog anda, ikutilah panduan berikut ini !

1. Silahkan buka posting yang ingin di cek ( misal : saya mengambil contoh posting blog saya yang berjudul cara agar blog terindex google)

2. Selanjutnya salinlah beberapa kalimat pada paragraf pertama. ( misal : "Para blogger tentu ingin sekali postingan blognya cepat muncul di halaman penelusuran google, maka dari itu banyak sekali cara-cara yang mereka lakukan agar tujuannya berhasil".)

3. Pastekan semua kalimat seperti contoh di atas pada kolom penelusuran mesin pencari google dengan memberi tanda kutip di awal dan akhir kalimat menjadi seperti ini : "Para blogger tentu ingin sekali postingan blognya cepat muncul di halaman penelusuran google, maka dari itu banyak sekali cara-cara yang mereka lakukan agar tujuannya berhasil".

4. Tekan tombol ENTER pada keybord komputer anda.

5. Sekarang akan muncul di penelusuran beberapa halaman yang hampir mirip atau sama persis dengan tulisan anda.

6. Untuk memastikan bahwa blog tersebut yang mengcopas buka halaman tersebut

7. Tindakan selanjutnya cek secara keseluruhan apakah memang mirip. Jika terbukti benar, copy url blog tersebut dan segera laporkan ke Google DMCA atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Saya juga menyarankan anda untuk menonton video berikut ini untuk mempermudah anda melakukan praktik terbaik.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengetahui Artikel yang Di Copas, semoga bermanfaat untuk anda. akhir kata penulis mengucapkan terima kasih sudah membacanya, jika ada keluhan dan saran jangan ragu untuk menyampaikannya melalui komentar atau mengirim email.

1 Response to "Cara Mengetahui Artikel yang Di Copas"

  1. Bermanfaat sekali artikelnya mas.. Blog saya masih baru jadi buat jaga2 aja. Thanks

    ReplyDelete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.