Operator Sekolah: Cara Saya Dapat Sitelink Dari Google

Cara Saya Dapat Sitelink Dari Google

Taut situs atau lebih dikenal sitelink merupakan tautan yang muncul otomatis di halaman penelusuran ketika pengguna internet mengajukan permintaan yang dianggap relevan oleh google. Tujuan mesin pencari google menampilkan sitelink pada hasil penelusuran blog anda adalah menjadikannya sebagai jalan pintas untuk mempercepat pengguna menemukan informasi yang mereka cari dan mempermudah menavigasinya. Meskipun tidak setiap situs mendapatkan hadiah ini dari google, tapi alangkah baiknya jika sebuah blog memilikinya, karena menurut saya hal ini menunjukkan google menyukai situs anda.

Teman, Google hanya memberikan sitelink pada blog yang menurut mereka akan berguna bagi pencari informasi, jadi jika struktur blog anda tidak mendukung algoritma google menemukan tautan yang cocok dengan kata kunci permintaan pengguna, maka taut situs tidak akan ditampilkan. Oleh karena itu banyak sekali bloggers yang bertanya, mengapa blog saya belum juga mendapat sitelink dari google dan jawabannya sudah saya tulis di atas.

Gambar sitelink Blog di google penelusuran
Tanda panah yang mengarah ke gambar di lingkari dengan garis berwarna merah adalah contoh tautsitus (sitelink) sebuah blog yang muncul di halaman pencarian google

Kali ini penulis akan memberikan beberapa cara yang mungkin bisa membantu para blogger untuk mendapatkan hadiah sitelink dari google. Adapun tips-tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Membuat Judul Dan Url Blog Relevan

Judul dan Url blog sangat berperan dalam mempermudah google memberikan sitelinknya kepada blog anda, karena judul yang relevan dengan url ( alamat blog ) akan membantu google menemukan kesesuaian antara link dan kata kunci yang baik untuk memunculkan sitelink. ( misalnya : Jika Judul blog anda adalah info pendidikan terbaru , maka buatlah url blog : http://infopendidikanterbaruku.blogspot.com/ ). Jika penjelasan tersebut belum anda pahami, silahkan baca artikel tentang cara membuat url yang baik.

2. Usahakan Blog Membahas Satu Topik ( niche blog )

Blog yang fokus pada satu Topik saja akan lebih mudah mendapat sitelink dari google, sebab akan mempermudah robot mesin pencari mengelompokkan laman yang dianggap relevan dengan laman lainnya, dan mengindeksnya di mesin pencari. (Sebagai contoh : blog saya ini, hanya membahas tentang belajar blogging dan bisnis online, anda bisa lihat, tidak ada konten yang keluar dari topik tersebut). Jadi bagi anda yang baru memulai ngeblog, saya sarankan tentukan niche anda dari sekarang.

3. Meningkatkan Link Internal

Link Internal merupakan senjata paling ampuh dalam meningkatkan sitelink blog, maksud dari kata "link Internal" adalah link yang terdapat pada bagian dalam halaman situs anda. Jadi perbanyaklah internal link yang mengarah ke laman dalam blog anda, tentu akan sangat mudah membuatnya jika anda fokus pada satu topik saja. Jangan lupa menggunakan Jangkar teks ( Anchor text ) dan Alt teks yang informatif, jelas dan relevan.

Adapun berikut ini adalah tips tambahan untuk mempermudah mendapat sitelink :

  • Ping Peta Situs ke google setiap melakukan perubahan baru pada laman blog anda
  • Mengatasi halaman tidak ditemukan ( Page not found )
  • Membuat laman yang relevan dengan Konten Blog
  • Belajar Dasar Pengoptimalan Mesin Pencari ( SEO )
  • Mengatasi Duplikat Konten

Demikianlah tiga tips yang bisa saya sampaikan pada postingan ini, semoga bermanfaat untuk anda, akhir kata wassalamualaikum. Salam Blogger

2 Responses to "Cara Saya Dapat Sitelink Dari Google"

  1. sama persis langkah kerjanya (duplikat konten diperbaiki dan optimasi ke Google Console http://www.blogkopinet.web.id/2016/07/apa-itu-taut-situs-web-blog.html

    ReplyDelete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.