Operator Sekolah: Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog

Apakah saat ini anda kebingungan dan sedang mencari tahu cara mempercepat laman blog atau website anda ? jika demikian, maka postingan berikut ini akan membantu anda mengatasi masalah yang anda hadapi sekarang. Memang tugas pemilik blog adalah memuaskan pengunjung dan salah satunya adalah mengoptimalkan kecepatan laman blog agar mereka bisa leluasa menjelajahi setiap laman, Dengan begitu poin yang anda dapatkan adalah membuat pengunjung nyaman ketika mereka mencari konten yang dibutuhkan. Walupun sudah banyak blogger yang membahas topik ini, tapi penulis berharap pembahasan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang blogging.

Teman, ada banyak situs web penyedia tools atau alat untuk mengetahui kecepatan blog anda, salah satunya adalah pagespeed insights merupakan alat yang disediakan oleh webmaster google yang berfungsi mengukur kecepatan laman sebuah blog baik di perangkat desktop maupun Seluler. Selain itu alat ini memberi saran halaman mana yang butuh perbaikan juga menampilkan cara memperbaikinya, sehingga lebih mudah untuk mengatasi masalah yang menyebabkan loading blog lambat.

Jika anda berminat menggunakan alat ini, silahkan menuju halaman PageSpeed Insight, selanjutnya masukkan alamat blog anda, lalu klik tombol Analisis. Jika berhasil akan terlihat seperti gambar di bawah ini,

cara mengetahui kecepatan loading blog
Gambar diatas menunjukkan kecepatan blog saya pada perangkat desktop, jika ingin melihat versi seluler, silahkan klik laman seluler. Setelah mengetahui seberapa baik kecepatan loading blog anda, silahkan lakukan perbaikan untuk mengoptimalkannya.

Adapun untuk mempermudah rekan-rekan blogger yang masih baru, maka disini penulis akan memberikan beberapa tips sederhana agar bisa membuat loading blog anda cepat, silahkan luangkan waktu anda untuk membaca tips berikut ini.

1. Menggunakan Template Blog Yang Ringan

Maksud dari template ringan adalah menghindari penggunaan kode Java script, CSS yang berlebihan, karena kode tersebut dapat menghabiskan banyak data, dan inilah yang memperlambat loading blog. Jika laman blog anda banyak memasang widget, saran saya hapus saja widget yang tidak penting. Selain itu anda bisa memperkecil kode-kode tersebut dengan cara compress Java Script, CSS dan Html. Anda belum tau caranya ? silahkan menuju situs ini : http://www.cssdrive.com/.

Saya juga menyediakan template blog yang ringan dan responsive, anda berminat ? silahkan baca artikel tentang Template Blog SEO Friendly 2014

2. Optimalkan Gambar Pada Artikel Blog

Banyaknya penggunaan gambar pada konten merupakan salah satu penyebab lambatnya loading sebuah blog, oleh sebab itu, berbahagialah bila anda memiliki konten yang tidak menggunakan gambar, tapi jika artikel blog anda berhubungan dengan tutorial, maka gambar memang diperlukan untuk mempermudah pembaca memahaminya.

Jadi, Solusi terbaik adalah melakukan pengoptimalan gambar dengan cara mengurangi ukuran gambar. Caranya sangat mudah, sebelum mengupload gambar, silakan compress terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis seperti img compress free, compressnow.com atau melalui Microsoft Office Picture Manager.

Baca Juga artikel tentang Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Demikianlah dua tips mempercepat loading blog, semoga artikel ini bermanfaat. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih sudah membacanya.

0 Response to "Cara Mempercepat Loading Blog"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.