Operator Sekolah: 4 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

4 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Meningkatkan pengunjung atau visitor sebuah blog merupakan salah satu strategi para blogger dalam membangun bisnis mereka di internet. Memang cara ini tidak mudah, karena diperlukan kesabaran dalam mencari pemirsa yang benar-benar nantinya bisa dijadikan konsumen atau pelanggan tetap. Walaupun sudah banyak topik yang membahas tentang tips-tips ini, tapi semua tergantung dari keputusan anda, ingin belajar dari sumber tersebut atau ingin berusaha sendiri. Saya pribadi lebih memilih mengutamakan kualitas konten, karena dengan konten yang bagus dan original akan membuat pengunjung datang dengan sendirinya ke blog kita, namun hal ini cukup sulit kecuali anda memiliki keahlian dalam teknik Pengoptimalan Mesin Telusur ( SEO ).

Berdasarkan pengalaman saya selama ngeblog memang hal yang paling sulit menurut saya adalah membuat konten yang benar-benar sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pengguna, karena dengan memiliki konten yang banyak peminatnya di internet akan membuat blog anda dibanjiri banyak pengunjung. sebagai contoh anda bisa melihat situs-situs yang menyajikan topik tentang berita yang sedang trend saat ini. Situs mereka tidak pernah sepi, mungkin setiap hari ribuan pengguna yang mengunjunginya.

Saya berharap ulasan di atas sedikit memberi inspirasi positif kepada anda dan melalui artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan pengunjung yang sudah berhasil saya praktikkan di blog saya ini. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan pengunjung Dari Mesin Pencari

Salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog adalah mempelajari Dasar SEO. Dengan ilmu SEO yang anda miliki, maka anda bisa mendatangkan pengunjung dari mesin pencari populer seperti google, bing, yandex, yahoo dan baidu. Artinya pengunjung tersebut memang benar-benar membutuhkan informasi yang berguna bagi mereka. Jika anda mempunyai blog untuk keperluan bisnis, maka SEO adalah cara yang paling tepat untuk memperoleh konsumen tetap.

Untuk mempelajari teknik Dasar SEO saya sudah menyiapkan beberapa artikel pendukung :

  1. Cara Belajar SEO Pemula
  2. Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly
  3. Menghindari Duplikat Konten
2. Meningkatkan Pengunjung Dari Sosial Media

Sosial media juga bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan pengunjung, karena melalui sosial media anda bisa membagikan konten anda kepada seluruh pengguna di sana. Situs sosial media yang biasa saya gunakan untuk meningkatkan pengunjung biasanya Facebook, Google plus, Twitter, Tumblr, Pinterest dan lain-lain.

Cara yang digunakan sangat mudah, anda hanya perlu mencari teman sebanyak-banyaknya dan berbagi pos blog anda, cara lain dengan bergabung dengan Grup-grup facebook, komunitas google plus atau dengan membuat laman fanspage facebook dan laman google plus.
Baca juga artikel tentang Cara menghubungkan Blog ke Facebook

3. Meningkatkan pengunjung blog Dari Blog Walking

Blog walking merupakan strategi yang biasa digunakan oleh para blogger untuk mendapat kunjungan balik dari situs yang dikunjungi dengan cara meninggalkan komentar. Tapi blog yang anda kunjungi harus mempunyai topik yang relevansi dengan blog anda, sehingga menciptakan hubungan yang positif seperti saling memberi saran, kritik yang tentunya berguna untuk kemajuan blog.

Saran saya jangan pernah meninggalkan komentar SPAM atau hanya basa basi saja ( misal : terima kasih, mantap dan sebagainya ). Pergunakanlah komentar dengan bahasa yang sopan, baku juga berhubungan dengan topik yang dibahas.

4. Meningkatkan pengunjung blog Dari Sosial Bookmarking

Sosial bookmarking adalah situs yang menyediakan tempat untuk mengirim url situs dan akan dipublikasikan jika menurut mereka konten sebuah blog atau website tersebut memenuhi kebijakannya. Kesimpulannya anda harus membuat konten yang benar-benar segar, unik dan berbeda dari yang lain ( original ). usahakan pada saat anda submit url blog anda ke sosial bookmarking, bedakan judul dan deskripsi asli konten yang ada di blog anda dengan yang dikirim. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya duplikat konten.

Demikianlah artikel tentang cara meningkatkan pengunjung blog. Apabila ada pertanyaan, masukkan, kritik dan saran, silahkan kirim ke alamat email saya. Terima kasih sudah membaca topik sederhana ini, semoga dapat membantu sahabat blogger.