Operator Sekolah: Cara Membuat Url ( tautan ) Blog Yang Baik

Cara Membuat Url ( tautan ) Blog Yang Baik

Pada kesempatan ini kita akan belajar cara membuat Url blog yang baik untuk meningkatkan SEO. Tahukah anda bahwa ini adalah salah satu teknik dasar SEO yang mungkin sering di abaikan oleh para blogger. Padahal menurut saya ini cukup penting dalam membantu mesin pencari mengindeks kata kunci konten yang relevansi dengan url, maka dari itu alangkah baiknya apabila anda meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca posting ini.

Teman, melakukan pengoptimalan konten blog di mesin pencari termasuk tautan situs adalah cara pintar juga berguna dalam meningkatkan struktur halaman blog anda, karena jika anda menyisipkan kata kunci pada tautan yang tidak relevansi atau berhubungan dengan konten anda, maka mesin pencari akan bingung mengindeks halaman tersebut. Contohnya apabila sebuah blog memasang breadcrumbs pada posisi yang salah, maka kata kunci pada tautan tidak akan terindeks oleh robot mesin pencari, tapi jika anda meletakkannya dengan benar, maka tautan akan terindeks pada saat pengguna mengajukan kueri yang cocok dengan kata kunci konten anda.

Perhatikan gambar di bawah ini:

Cara Membuat Url Artikel Blog Yang Baik

Jadi kesimpulan yang kita ambil dari gambar di atas adalah ketika pengguna mengajukan kueri di mesin penelusuran, maka konten yang cocok akan muncul di halaman penelusuran dan menampilkan url yang terletak di bawah tag judul. Sedangkan kata kunci teks tautan yang relevansi dengan kueri penelusuran akan dicetak tebal. Artinya jika url berisi kata-kata yang relevan dengan kebutuhan pengguna akan lebih dominan untuk muncul di halaman pertama google di bandingkan dengan url yang tidak mengandung teks tautan.

Penjelasan tersebut hanya pendapat saya, mungkin mesin pencari seperti "google" tidak mempermasalahkan hal itu dan master SEO yang lain pun bisa saja punya pendapat yang berbeda. Teman, penulis hanya berbagi sedikit pengetahuan dan tidak memaksa anda untuk mengikutinya.

Disini ada beberapa tips membuat url blog yang disukai mesin pencari.

  • Url harus mengandung kata kunci - Buatlah teks tautan yang relevan dengan judul dan deskripsi artikel. Dengan demikian akan lebih mudah di telusuri oleh mesin pencari
  • Struktur direktori sederhana - Gunakan struktur direktori untuk mempermudah pengunjung mengetahui jenis artikel/konten yang ada di blog anda. Buatlah navigasi konten yang jelas agar pengujung tidak bingung
  • Buat satu versi url - ini adalah masalah yang paling merusak reputasi url pada laman internal blog. Pengguna yang mengklik tautan pada saat menggunakan browser seluler akan menyebabkan duplikat konten. Untuk mengatasi kasus ini anda bisa menggunakan tautan rel="canonical" atau melakukan pengalihan 301.

Hindari :

  1. Membuat url panjang, akan lebih baik jika menggunakan tautan permanen khusus jika judul posting blog terlalu panjang.
  2. Membuat url dengan kata-kata pendek dan tidak jelas seperti "http://ptr.blogspot.com/2014/01/judul.html"
  3. Membuat url mengandung kata kunci berlebihan seperti "http://ptr.blogspot.com/2014/01/seo-tips-seo-tips-seo-tips.html"
  4. membuat url menggunakan huruf kapital. ingat ! huruf kecil lebih disukai oleh google

Demikianlah tips singkat yang dapat saya sampaikan, semoga dengan mengikuti saran saya di atas anda menjadi lebih paham dalam belajar dasar SEO pada tautan blog, jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar atau kontak saya.

2 Responses to "Cara Membuat Url ( tautan ) Blog Yang Baik"

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.